manfaat vitamin A untuk ibu hamil

Manfaat vitamin A untuk ibu hamil sangat penting demi perkembangan janin sehingga menjadi bayi yang sehat. Salah satu vitamin yang harus dipenuhi kebutuhannya yaitu vitamin A karena salah satu manfaat vitamin A dapat membantu menjaga sistem imun janin dan ibu hamil. Seperti kata dokter, sumber vitamin dibagi menjadi 2 yaitu Preformed Vitamin A dan Provitamin A Carotenoids. Keduanya merupakan jenis vitamin A mentah sebelum diolah oleh tubuh. Preformed Vitamin A banyak ditemukan pada produk daging dan produk hewani lainnya, misalnya saja sumber vitamin jenis ini terdapat pada telur, susu, dan hati.

Sedangkan Provitamin A Carotenoids pada umumnya ditemukan dalam produk yang berasal dari tumbuhan seperti buah-buahan, terutama buah-buahan yang memiliki warna mencolok seperti orange, kuning dan hijau. Kedua jenis vitamin tersebut sangat penting bagi perkembangan janin dan juga pada kesehatan ibu hamil.

Manfaat Vitamin A dan Kaitannya dengan Kehamilan

Vitamin A sangat terkenal untuk kesehatan mata dan imunitas janin, selain itu vitamin jenis ini juga larut dalam lemak sehingga terdapat pada sumber-sumber hewani. Jenis vitamin A ini mentah serta harus melalui proses dan pengolahan oleh enzim sehingga menjadi vitamin A yang dapat digunakan oleh tubuh. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan beberapa masalah penting dalam kehamilan seperti mengakibatkan pertumbuhan janin melambat, kelahiran prematur, kerusakan mata dan gangguan pada kulit calon bayi.

Kebutuhan vitamin A pada ibu hamil beragam tergantung pada beberapa faktor. Salah satunya adalah umur. Pada ibu hamil yang berusia 19 tahun atau lebih membutuhkan sekitar 770 mikrogram RAE vitamin A atau sekitar 2,565 IU per hari. Untuk ibu hamil dengan usia yang lebih muda membutuhkan jumlah vitamin A yang lebih sedikit, ibu hamil usia 18 tahun membutuhkan 750 mg (2500 IU).

Sedangkan pada ibu menyusui kebutuhan akan vitamin A pun berbeda. Pada usia 19 tahun membutuhkan 1300 mikrogram RAE atau sekitar 4300 IU, jauh lebih banyak daripada sewaktu sedang masa mengandung. Sedangkan pada ibu menyusui dengan umur kurang dari 18 tahun memerlukan vitamin A sebanyak 1200 mikrogram RAE atau 4000 IU. 

Acuan tersebut bukanlah batas minimal namun hanya acuan rata-rata sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila jumlah yang Anda konsumsi dibawah angka tersebut. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan manfaat vitamin A dibawah ini.

1. Perkembangan Janin

manfaat vitamin A untuk ibu hamil

Vitamin A sangat penting bagi perkembangan calon bayi. Hal ini termasuk perkembangan sistem peredaran darah, ginjal, sistem pernafasan, tulang, mata, sistem saraf pusat serta sistem otak. Selain itu vitamin A juga membantu menyokong perkembangan gigi, mata, dan kulit.

2. Melindungi Janin

manfaat vitamin A untuk ibu hamil

Vitamin A juga dikenal sebagai zat yang bermanfaat dalam memberikan ketahanan terhadap infeksi dalam kandungan. Termasuk infeksi lainnya yang mungkin terjadi pada saat kehamilan. Selain itu, juga membantu pembentukan sistem imunitas pada janin, selain itu metabolisme lemak saat sedang berada dalam kandungan. 

3. Pasca Melahirkan

manfaat vitamin A untuk ibu hamil

Vitamin A bagi ibu hamil dan pasca melahirkan menjadi bagian yang sangat penting. Sebab, bagi ibu yang sudah melahirkan vitamin A dapat berfungsi untuk membantu perbaikan jaringan setelah melahirkan. Selain itu vitamin A juga berfungsi untuk memperbaiki sistem penglihatan yang biasanya terganggu selama proses kehamilan.

Meskipun manfaat vitamin A untuk ibu hamil sangat baik jangan dikonsumsi berlebihan. Untuk ibu yang sedang dalam masa kehamilan namun pada dosis besar dan berlebih vitamin A dapat menjadi racun bagi janin dan dapat meningkatkan resiko cacat lahir pada bayi.