manfaat vitamin d3 untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan kandungan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya, termasuk vitamin D3. Banyak manfaat vitamin D3 untuk ibu hamil. Vitamin D terdiri dari vitamin D2 dan vitamin D3. Secara garis besar, vitamin D baik vitamin D2 dan vitamin D3 bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, disebutkan bahwa vitamin D3 merupakan bentuk paling alami dari vitamin D. Lalu apa sajakah perbedaan vitamin D2 dan vitamin D3? Dan apa saja manfaat vitamin D3 untuk kesehatan ibu hamil? Simak penjelasannya dibawah ini.

Perbedaan Vitamin D3 dan Vitamin D2

Vitamin D adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Bentuk aktif dari vitamin D terdiri dari dua yaitu vitamin D2 (ergokalsiferol) dan vitamin D3 (kolekalsiferol). Perbedaan vitamin D2 dan vitamin D3, terletak dari sumber ditemukannya. Vitamin D3 bersumber dari jenis tumbuh-tumbuhan tertentu, seperti jamur. Sementara, vitamin D3 terbentuk secara alami ketika kulit terkena sinar matahari langsung. Namun, selain itu vitamin D3 juga bisa diperoleh pada makanan yang berasal dari hewan.

Di antara seperti ikan laut (salmon, tuna, dan tongkol), minyak ikan dan minyak hati ikan kod, telur, susu dan olahannya (keju dan yoghurt), hati sapi, dan sereal atau jus buah yang mengandung vitamin D3. Selain itu, vitamin D3 bisa diperoleh dari suplemen yang mengandung vitamin D3.

Manfaat Vitamin D3 untuk Kesehatan Ibu Hamil

Vitamin D3 memiliki manfaat yang sangat  banyak untuk kesehatan tubuh, terutama bagi kesehatan tubuh ibu hamil yang sedang membutuhkan banyak asupan nutrisi. Manfaat yang utama dari vitamin D3 adalah membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat. 

Untuk memperoleh asupan vitamin D3, ibu hamil bisa dengan mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin D3, bahkan dari paparan sinar matahari sekalipun bisa memperoleh asupan vitamin D3. Untuk lebih lengkapnya, inilah manfaatnya untuk kesehatan ibu hamil dibawah ini.

1. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi Bayi

manfaat vitamin d3 untuk ibu hamil

Vitamin D3 bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi dalam kandungan. Hal ini karena vitamin D3 berperan untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, kedua mineral ini diperlukan oleh janin untuk membentuk jaringan tulang dan gigi.

2. Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Sebagian ibu hamil berisiko mengalami diabetes gestasional, yaitu kondisi ketika kadar gula darah di dalam tubuh ibu hamil meningkat terlalu tinggi. Penyakit ini adalah salah satu komplikasi kehamilan yang bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan pada ibu hamil dan janin. Untuk menurunkan risiko terjadinya diabetes gestasional, bisa dengan mencukupi asupan vitamin D3 dengan cara rutin berjemur, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D3, atau mengonsumsi suplemen vitamin D3 sesuai rekomendasi dokter.

3. Mengurangi Risiko Preeklamsia

manfaat vitamin d3 untuk ibu hamil

Preeklamsia adalah kondisi ketika tekanan darah tinggi, pembengkakan di tubuh akibat penumpukan cairan dan peningkatan kadar protein dan urin. Berdasarkan penelitian yang ada, ibu hamil yang kekurangan vitamin D ternyata lebih berisiko mengalami preeklamsia. Oleh karena itu, untuk menghindari penyakit ini ibu hamil disarankan untuk memenuhi asupan vitamin D, baik dengan cara berjemur atau mengonsumsi makanan atau suplemen vitamin D.

4. Mencegah Bayi Terlahir dengan Berat Badan Rendah

Manfaat dari vitamin D3 lainnya adalah mencegah bayi terlahir dengan berat badan rendah. Kondisi bayi terlahir dengan berat badan rendah lebih rendah mengalami berbagai masalah kesehatan seperti hipotermia dan gangguan penarpasan.

5. Meningkatkan Sistem Imun

manfaat vitamin d3 untuk ibu hamil

Ibu hamil rentan mengalami kelelahan, karena perubahan fisik dan hormon yang dialami selama hamil. Maka agar kondisi selalu prima, ibu hamil bisa dengan mencukupi asupan vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Itulah pembahasan mengenai manfaat vitamin D3 untuk ibu hamil. Meskipun asupan nutrisi ini memang bermanfaat untuk tubuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai makanan atau suplemen vitamin D3 apa yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.