Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Manfaat yoga untuk ibu hamil memang tidak perlu diragukan lagi. Apalagi ketika ibu hamil sudah memasuki trimester ketiga kehamilan, yang memang persiapan matang perlu dilakukan saat memasuki fase itu. Melakukan bisa membantu ibu hamil untuk mempersiapkan persalinan dengan lebih baik. 

Jenis yoga yang dirancang khusus untuk ibu hamil adalah prenatal yoga. Sesuai rancangannya, prenatal yoga dilakukan dengan menekankan gerakan pernapasan, peregangan, dan penguatan untuk persiapan persalinan. Sehingga tidak sulit sebagaimana yoga orang normal. Manfaat dari prenatal yoga secara umum adalah untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

Apa Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil?

Adapun secara rinci, inilah 5 manfaat yoga untuk ibu hamil secara lengkap.

manfaat yoga untuk ibu hamil

1. Meminimalisir Risiko Kelahiran Prematur dan Keguguran

Senam yoga yang dilakukan ibu hamil dapat mencegah munculnya stres. Stres yang berlebih meningkatkan risiko melahirkan bayi prematur bahkan keguguran. Oleh sebab itu, yoga disarankan bagi Anda yang sedang hamil untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik sehingga mengurangi stres.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih rendah setelah melakukan yoga. Hal ini baik bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi. Anda yang tidak sempat berjalan kaki di pagi hari, bisa melakukan yoga dalam ruangan.

3. Menstabilkan Suasana Hati

Menurut International Journal of Gynecology & Obstetrics, prenatal yoga mengkombinasikan meditasi, relaksasi, olahraga, dan pernapasan yang bermanfaat menurunkan tingkat depresi pada ibu hamil. Menjelang persalinan Anda menjadi lebih tenang jika terbiasa melakukan yoga.

4. Mempersiapkan Kemampuan Bersalin

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang terbiasa melakukan yoga merasa tidak terlalu sakit saat melahirkan maupun setelahnya. Hal ini disebabkan oleh gerakan peregangan dan penguatan pada yoga mampu menguatkan otot-otot untuk mendorong bayi keluar. Selain itu latihan pernapasan ketika yoga membantu menenangkan ibu hamil saat melahirkan.

5. Menstabilkan Berat Badan

Kenaikan berat badan yang berlebih pada ibu hamil tidak baik terutama menjelang persalinan. Persalinan akan lebih sulit ketika berat badan naik. Namun, Anda dapat mencegah hal itu dengan melakukan yoga agar berat badan tetap stabil. Berat badan ini pun menjadi hal yang penting, Anda dapat membaca mengenai pengaruh obesitas terhadap kesuburan yang sudah pernah diposting sebelumnya.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, manfaat melakukan yoga bagi ibu hamil adalah lebih cepat saat proses melahirkan. Anda dapat mengontrol berbagai gangguan yang kerap terjadi saat hamil seperti kualitas tidur yang kurang baik, mual, sakit kepala, dan nyeri punggung bagian bawah. 

4 Elemen Penting Gerakan Yoga Ibu Hamil

manfaat yoga untuk ibu hamil

Ada empat elemen penting dalam gerakan yoga ibu hamil yang sangat bermanfaat. 4 (empat) elemen ini melatih seluruh anggota tubuh ibu hamil. Simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

1. Teknik Pernapasan

Melatih pernapasan adalah hal utama pada yoga ibu hamil ini. Pasalnya, pernapasan menjadi lebih lancar sehingga aliran darah juga lancar. Hal ini baik untuk perkembangan janin sebab asupan oksigen terpenuhi. Selain itu, Anda menjadi lebih rileks saat hamil maupun melahirkan nanti.

2. Postur

Postur yang digunakan pada yoga ibu hamil membantu untuk melatih otot dasar panggul, punggung, dan paha. Anda akan mampu mengatasi sakit punggung, pinggang, bahkan nyeri hamil jika melakukan postur yang dianjurkan dalam prenatal yoga.

3. Peregangan

Elemen penting selanjutnya dalam gerakan prenatal yoga adalah peregangan. Anda akan diminta melakukan peregangan lembut dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh. Gerakan yang dilakukan pun juga beragam mulai dari leher hingga lengan.

4. Relaksasi

Relaksasi merupakan elemen penting dalam prenatal yoga yang tidak membutuhkan gerakan lebih banyak seperti elemen yang lainnya. Rasa tenang dan rileks sangat terasa saat melakukan relaksasi. 

Itulah 5 berbagai manfaat yoga secara lengkap yang dapat Anda pertimbangkan bagi ibu hamil. Selain manfaat, hal lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan yoga adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Secara umum, ibu hamil dianjurkan melakukan yoga mulai trimester kedua sebab pada usia tersebut gejala morning sickness sudah perlahan menghilang. Anda dianjurkan juga untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan yoga. 

Hal itu disebabkan oleh kesehatan ibu hamil dan janinnya yang berbeda-beda setiap orang. Jika Anda pemula dalam hal ini, ikutlah yoga di sanggar olahraga dengan instruktur berpengalaman terlebih dahulu. Jangan melakukan sendiri di rumah untuk menghindari kekeliruan gerakan yang dapat berakibat fatal bagi Anda dan janin. Dengan konsultasi yang tepat dengan dokter, manfaat yoga untuk ibu hamil bisa didapatkan dengan optimal.