mioma geburt

Mioma geburt adalah jenis mioma pada organ reproduksi wanita yang kemunculannya ditandai dengan perut kembung dan juga ukurannya yang terus membesar. Kesehatan itu mahal, maka dari itu harus dijaga dengan baik terutama organ reproduksi wanita. Organ reproduksi harus dijaga dengan baik supaya terhindar dari berbagai penyakit. Ada banyak penyakit yang menyerang organ reproduksi, salah satunya yaitu mioma.

Apa Itu Miom atau Mioma?

Sebelum membahas jenis mioma ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu mioma. Mioma atau miom juga dikenal dengan nama lain yaitu fibroid, leiomioma dan juga fibromioma. Mioma itu sendiri merupakan suatu kondisi ketika ada pertumbuhan sel tumor di dalam ataupun di sekitar rahim (uterus). 

Dengan kata lain sel tumor tersebut bisa muncul di rahim, permukaan rahim dan juga dinding rahim. Sel tumor tersebut tidak ganas dan pastinya tidak menimbulkan kanker. Mioma tersebut berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara tidak normal (abnormal). Pertumbuhan yang tidak normal tersebut kemudian membentuk tumor jinak. Adapun ukuran miom berkisar 1 milimeter hingga 20 sentimeter.

Gejala Mioma

mioma geburt

Beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh penderita mioma diantaranya adalah:

  • Sembelit
  • Perut kembung
  • Perut membesar dan terasa sakit
  • Merasakan nyeri atau tekanan pada bagian panggul
  • Siklus menstruasi berantakan
  • Sering buang air kecil
  • Nyeri pada bagian kaki

Jenis-Jenis Mioma

mioma geburt

Ada beberapa jenis mioma yang harus Anda pahami. Berikut ini adalah diantaranya:

1. Mioma Intramural

Mioma intramural merupakan salah satu jenis mioma yang tumbuh di antara jaringan otot rahim. Lokasi tersebut menjadi tempat yang paling umum terbentuknya miom. Jika jenis miom ini diderita maka ukuran rahim akan memperbesar.

2. Mioma Subserous

Miom subserous adalah miom yang tumbuh pada bagian luar dinding rahim ke rongga panggul. Jenis mio ini bisa tumbuh dan juga menyebar d bagian luar rahim.

3. Mioma Pedunculated

Jenis mioma selanjutnya yaitu mioma pedunculated. Jenis mioma satu ini tumbuh pada batang kecil di dalam ataupun di luar rahim.

4. Mioma Submukosa

Mioma submukosa adalah mioma yang tumbuh di lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim. Apabila miom tumbuh besar bisa mempengaruhi siklus haid dan akan mengakibatkan pendarahan serta komplikasi serius lainnya, seperti kemandulan dan keguguran.

Mengenal Miom Geburt

mioma geburt

Mioma submukosa ini memiliki tiga klasifikasi yaitu mioma submukosa dengan pedunkula (bertangkai), mioma submukosa tanpa pedunkula >50% ekspansi ke intramural serta mioma submukosa tanpa pedunkula yang <50% ekspansi ke intramural. Mioma ini menjadi salah satu bentuk mioma submukosa dengan pedunkula atau bertangkai. Mioma submukosa ini tidak berbahaya tetapi cukup mengganggu dan sering menimbulkan anemia.

Miom geburt adalah mioma submukosum yang dapat tumbuh bertangkai menjadi polip yang kemudian dilahirkan melalui serviks. Tingkat kejadian wanita menderita penyakit ini adalah 20-40%. Mioma ini sering terjadi pada wanita berusia 30-50 tahun. Munculnya mioma jenis geburt ditandai dengan beberapa gejala, antara lain perdarahaan pervaginaan dengan darah yang dikeluarkan sangat banyak dan bergumpal serta nyeri pinggang, terutama ketika duduk.

Demikianlah informasi tentang mioma geburt. Pada dasarnya mioma geburt adalah salah satu jenis mioma yang ukurannya bisa terus membesar. Meski penyakit ini tidak berbahaya tetapi juga tidak boleh diremehkan karena bisa mengakibatkan anemia. Jika Anda menderita gangguan ini dan ingin mengatasinya, bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai mioma jenis geburt.