mioma intramural adalah

Mioma intramural adalah jenis mioma uteri yang biasa muncul di dinding otot rahim. Perlu diketahui jika ada banyak masalah kesehatan pada wanita, terutama yang menyerang bagian rahim. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami adalah mioma uteri. Mioma uteri itu sendiri adalah suatu kondisi saat muncul miom atau daging non-kanker di uterus.  Kondisi ini disebabkan oleh hormon, riwayat kesehatan keluarga, kehamilan dan sebagainya. Daging non-kanker tersebut tidak ada kaitannya dengan kanker pada rahim dan tidak membahayakan. Meski begitu bukan berarti tidak memeriksakannya kepada dokter.

Mioma memiliki bentuk, ukuran dan juga letak yang bervariasi. Mioma uteri itu sendiri bisa muncul di rahim, permukaan rahim, dinding rahim ataupun menempel di rahim. Ukuran mioma ada yang kecil dan besar.

Jenis-Jenis Mioma Uteri

1. Mioma Intramural

Mioma intramural merupakan jenis miom yang paling umum terjadi. Mioma ini adalah peristiwa yang biasa muncul di dinding otot rahim. Jenis mioma uteri ini bisa tumbuh lebih besar serta mengakibatkan meregangnya rahim.

2. Mioma Subserosal

Berbeda dengan jenis mioma uteri sebelumnya, mioma subserosal terbentuk di bagian luar. Mioma ini bisa tumbuh cukup besar sehingga akan membuat rahim terlihat lebih besar di satu sisinya.

3. Mioma Pedunculated

Mioma subserosal bisa berkembang menjadi mioam peduncuated. Ciri-ciri dari mioma ini yaitu memiliki tangga dan bisa berkembang menjadi cukup besar.

4. Mioma Submukosa

Jenis mioma uteri yang terakhir adalah mioma submokasi. Mioma sat ini berkembang di jaringan otot tengah ataupun mendorong menonjol dalam rongga rahim. Biasanya mioma submukosa ditemukan di otot bawah lapisan dinding rahim. Akan tetapi, jenis mioma uteri ini jarang ditemui.

Penyebab Mioma Intramural

Meski belum diketahui secara pasti apa penyebab masalah kesehatan satu ini, tetapi ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya. Meskipun mioma uteri memiliki empat jenis, tetapi penyebabnya sama saja. Berikut ini beberapa faktor penyebabnya:

1. Riwayat Kesehatan Keluarga

mioma intramural adalah

Faktor penyebab mioma intramural yang pertama yaitu riwayat kesehatan keluarga. Dimana perubahan genetik pada seseorang bisa memicu terjadinya mioma uteri. Misalnya, ketika nenek, ibu atau saudara perempuan memiliki riwayat mioma uteri maka mioma juga bisa tumbuh pada rahim Anda.

2. Hormon

mioma intramural adalah

Seperti yang diketahui bahwasanya ovarium memproduksi hormon estrogen dan juga hormon progesteron. Dimana kedua hormon tersebut bisa menyebabkan lapisan rahim beregenerasi ataupun menebal setiap bulannya ketika sedang menstruasi. Selain itu, juga bisa merangsang pertumbuhan miom.

3. Kehamilan

mioma intramural adalah

Mioma bisa berkembang dan tumbuh dengan cepat ketika wanita sedang hamil. Hal ini dikarenakan kehamilan bisa meningkatkan produksi hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Akan tetapi, umumnya miom sudah berkembang sebelum masa kehamilan.

Selain ketiga faktor penyebab diatas, wanita yang berusia lebih dari 30 tahun dan mengalami haid pertama pada usia terlalu dini, kekurangan vitamin D, belum pernah memiliki anak, mengonsumsi daging merah yang terlalu banyak dan obesitas bisa meningkatkan risiko terkena mioma uteri.

Gejala Mioma Instramural

Meskipun tidak semua wanita memiliki gejala jika sedang menderita mioma, namun sebagian lainnya merasakan beberapa gejala. Gejala yang dirasakan biasanya tergantung dengan letak, jumlah dan juga ukuran mioma yang dimiliki. Berikut ini beberapa gejala tersebut:

    • Nyeri pada pinggul ataupun punggung bagian bawah
    • Peningkatan kram saat menstruasi
    • Pembengkakan perut bagian bawah
    • Anemia
    • Begah dan sakit di perut bagian bawah
    • Rasa sakit saat berhubungan intim
    • Peningkatan buang air kecil
    • Keguguran
    • Sembelit
    • Menstruasi kepanjangan

Demikianlah informasi tentang mioma intramural. Mioma intramural adalah masalah kesehatan yang harus diatasi sejak dini. Apabila Anda merasakan salah satu atau lebih gejala dari mioma uteri  tersebut sebaiknya segera periksakan ke dokter. Jika Anda menderita masalah kesehatan ini dan ingin mengatasinya, bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan berkonsultasi mengenai mioma intramural.