miomektomi adalah

Miomektomi adalah proses bedah yang penting untuk mengangkat tumor jinak atau fibroid dari rahim. Rahim merupakan salah satu organ reproduksi wanita yang keberadaannya sangat penting. Tanpa adanya rahim seorang wanita tidak akan bisa memiliki keturunan. Akan tetapi, ada banyak gangguan kesehatan yang menyerang organ reproduksi tersebut, seperti miom, kista fibroid rahim dan masih banyak lagi. 

Gangguan kesehatan tersebut harus segera diatasi supaya tidak mengakibatkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terutama gangguan kesehatan seperti fibroid rahim. Fibroid rahim atau tumor jinak bisa diatasi dengan cara melakukan pembedahan. Proses bedah yang dilakukan dikenal dengan nama miomektomi. Apa itu miomektomi? Informasi lebih jelasnya simak pembahasannya dibawah ini.

Apa Itu Miomektomi?

Miomektomi merupakan proses bedah yang juga biasa dikenal dengan fibroidektomi. Tindakan bedah ini dilakukan untuk menghilangkan mengangkat tumor jinak atau fibroid dari rahim. Melakukan miomektomi bisa mengatasi gejala-gejala yang muncul akibat munculnya tumor jinak di rahim. Gejala-gejala yang sering dirasakan oleh penderitanya, seperti:

  • Perdarahan menstruasi yang terlalu berat, berkepanjangan dan tidak teratur
  • Nyeri panggul
  • Sering buang air kecil

Setelah melakukan tindakan miomektomi, fibroid rahim masih bisa tumbuh lagi di kemudian hari, terutama jika penderitanya masih berusia muda. Maka dari itu, setelah tindakan miomektomi harus sering melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter.

Melakukan tindakan bedah miomektomi banyak dipilih oleh penderita tumor jinak atau fibroid rahim untuk mengangkatnya. Alasannya karena setelah tindakan bedah ini masih memiliki peluang untuk memiliki keturunan. Miomektomi dilakukan hanya untuk mengangkat sel dan jaringan tumor pada rahim saja, bukan untuk mengangkat rahim seluruhnya.

Jenis-Jenis Miomektomi

1. Miomektomi Perut

miomektomi adalah

Jenis miomektomi yang pertama adalah miomektomi perut. Miomektomi ini adalah operasi pengangkatan tumor jinak atau fibroid dengan cara membuka perut bagian bawah. Dimana saat tindakan bedah dilakukan dokter akan melakukan pembedahan secara horizontal dengan panjang 7,7-10 cm tepat di atas tulang pubis. Pembedahan tersebut juga bisa dilakukan dengan sayatan vertikal tepat di bawah pusar ke bawah.

Jenis miomektomi satu ini dianggap sebagai tindakan pembedahan yang tepat untuk wanita dengan tumor jinak atau fibroid rahim yang sudah berukuran cukup besar. selain itu, juga terdapat jaringan fibroid yang banyak ataupun fibroid yang tumbuh di lokasi yang cukup dalam di dalam rahim.

2. Miomektomi Histeroscopic

miomektomi adalah

Miomektomi histeroscopic merupakan tindakan operasi yang dilakukan untuk proses pengangkatan fibroid melalui vagina dan juga leher rahim. Dimana nantinya dokter bedah akan memasukkan alat tipis dan bercahaya ke dalam tubuh. Alat tersebut dimasukkan melalui vagina atau leher rahim.

Selain alat tersebut, dokter juga akan memasukkan cairan ke dalam rahim yang berguna untuk memperbesar bagian fibroid supaya terlihat lebih jelas. Untuk menghancurkan jaringan fibroid, dokter akan menggunakan loop kawat. Setelah itu, akan diberikan cairan lagi untuk membilas area tersebut.

3. Miomektomi Laparoscopic

miomektomi adalah

Miomektomi laparoscopic merupakan tindakan bedah yang dilakukan untuk mengangkat tumor rahim yang masih kecil atau baru terdapat beberapa jaringan fibroid yang tumbuh. Tindakan bedah ini dilakukan hanya dengan membuat beberapa sayatan kecil saja. sayatan tersebut berukuran 1-1,7 cm di perut bagian bawah. Setelah itu perut akan diisi dengan gas karbondioksida supaya dokter bisa dengan jelas melihat kondisi fibroid yang ada di dalam rahim.

Kemudian dokter akan memasukkan alat laparoscopic ke dalam sayatan kecil yang sebelumnya sudah dibuat. Laparoscopic ini merupakan sebuah alat yang sangat tipis dan dilengkapi dengan lambu kecil dan juga kamera. Menggunakan alat tersebut bertujuan untuk menghancurkan jaringan fibroid hingga bentuknya menjadi sangat kecil.

Demikianlah informasi tentang miomektomi. Kesimpulannya, miomektomi adalah proses bedah yang wajib dilakukan untuk menganggat tumor jinak atau fibroid yang ada pada rahim. Jika Anda melakukan tindakan miomektomi bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai tindakan medis ini.