woman running

Salah satu kodrat alami wanita adalah hamil atau mengandung. Untuk bisa menuntaskan kodrat tersebut, maka sangat penting untuk menjaga kesuburan wanita. Dengan cara ini, sel telur akan lebih mudah dibuahi sehingga peluang untuk hamil dan memiliki keturunan juga akan semakin besar. Akan tetapi sebaliknya, jika kesuburan rendah, maka wanita akan menjadi sulit untuk hamil.

Kehamilan bisa terjadi karena adanya dua unsur penting yaitu sel sperma dan sel telur. Suami yang memiliki sel sperma berkualitas juga tidak akan bisa membuahi jika kualitas sel telur tidak bagus. Maka dari itulah, penting bagi pria dan wanita untuk menjaga kesuburan sejak dini demi bisa lebih cepat hamil saat sudah menikah.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kesuburan wanita agar memiliki potensi kehamilan yang lebih besar. Untuk lebih jelas bagaimana caranya, simak ulasan di bawah ini :

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Secara Alami

Untuk meningkatkan peluang kehamilan, baik wanita maupun pria harus memastikan memiliki kesuburan yang baik. Di bawah ini beberapa cara yang bisa anda coba untuk meningkatkan kesuburan pada wanita secara alami yang lebih aman :

1.   Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Salah satu cara alami untuk meningkatkan kesuburan wanita adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Antioksidan bagus untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh yang bisa merusak sel sperma dan sel telur. Jenis antioksidan yang bisa meningkatkan kesuburan adalah folat dan seng.

Anda bisa menemukan sumber antioksidan ini dari berbagai makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan juga biji-bijian. Untuk meningkatkan kesuburan, anda bisa mengkonsumsi jenis makanan tersebut secara rutin bahkan mulai sebelum menikah.

Baca juga: Mengenal Proses Fertilisasi dan Syarat Terjadinya

2.   Menjaga Sarapan

Tidak semua orang terbiasa untuk makan pagi atau sarapan. Namun siapa sangka, selain penting untuk menjaga energi tubuh, sarapan ternyata juga bisa membantu masalah kesuburan pada wanita. Beberapa penelitian menemukan bawah wanita yang sarapan dengan porsi besar, bisa mengurangi efek hormonal sindrom ovarium polikistik yang menjadi penyebab utama gangguan kesuburan. Jadi sarapan ternyata juga bisa menjadi cara mengetahui kesuburan wanita bukan?

3.   Hindari Lemak Trans

Cara lainnya untuk meningkatkan kesuburan pada wanita adalah dengan menghindari lemak trans. Lemak trans biasanya dihubungkan dengan risiko ganguan  ovulasi karena memberikan efek negative pada sensitifitas insulin. Lemak trans ini bisa anda temukan di dalam margarine, gorengan, produk olahan, dan makanan yang dipanggang.

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi lemak trans secara berlebih bisa meningkatkan risiko gangguan ovulasi sebesar 31 persen. Sedangkan mengkonsumsi lemaktrans sebagai pengganti karbohidrat bahkan bisa meningkatkan risiko gangguan ovulasi hingga 73 persen.

4.   Kurangi Karbohidrat

Jika dari cara tes kesuburan wanita ditemukan tingkat yang cukup rendah, ada baiknya anda mulai untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dari sekarang. Diet rendah karbohidrat cukup ampuh untuk membantu mempertahankan berat badan dan mengurangi kadar insulin dalam darah. Hal ini juga mendorong penurunan lemak serta membant keteraturan siklus menstruasi.

Beberapa penilitian menemukan bahwa asupan karbohidrat yang tinggi bisa meningkatkan risiko gangguan kesuburan. Wanita yang mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat berisiko 78 persen lebih tinggi untuk mengalami gangguan ovulasi.

5.   Konsumsi Karbohidrat Komplek

Sebagai pengganti untuk pengurangan karbohidrat, anda bisa mulai untuk mengkonsumsi karbohidrat komplek sebagai cara meningkatkan kesuburan wanita. Hal ini karena karbohidrat komplek lebih baik jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan hormon insulin.

Hormon insulin yang kadarnya tinggi secara terus menerus bisa mengganggu produksi hormone reproduksi wanita. Hal ini akhirnya akan menggangu pematangan sel telur dan proses ovulasi sehingga membuat kesuburan menjadi rendah.

6.   Konsumsi Lebih Banyak Serat

Untuk meningkatkan kesuburan pada wanita, anda juga bisa mencoba dengan cara konsumsi lebih banyak serat. Hal ini khususnya setelah anda mengetahu masa subur wanita setelah haid berapa hari. Pada kondisi tersebut, sel telur dalam kondisi sudah matang dan siap untuk dibuahi. Dengan konsumsi lebih banyak serat, maka membantu membuang hormone berlebih sehingga membuat proses pembuahan bisa lebih mudah terjadi. Penelitian juga menemukan bahwa konsumsi serat lebih banyak dari sereal, bisa menurunkan risiko gangguan ovulasi hingga 44 persen.

Baca juga: Ketahuilah 6 Manfaat Pinang Muda untuk Kesuburan Wanita

7.   Lebih Aktif Bergerak dan Jaga Berat Badan Ideal

Cara meningkatkan kesuburan pada wanita yang selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup yang lebih aktif. Sebuah penelitian menemukan bahwa  olahraga satu jam per minggu bisa menurunkan risiko gangguan kesuburan hingga 5 persen. Bagi wanita bertubuh gemuk, melakukan olahraga secara rutin tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan akan tetapi juga bisa meningkatkan kesuburan. Namun pastikan lakukan olahraga dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan karena jika berlebih justru kesuburan adalah bisa menurun.

8.   Jauhi Rokok

Bagi wanita yang ingin memiliki tingkat kesuburan yang bagus, maka sangat disarankan untuk menghindari rokok. Zat kimia yang ada pada rokok dan asapnya bisa memberikan pengaruh buruk terhadap DNA di dalam sel telur. Hal ini nantinya juga akan berpengaruh terhadap produksi hormone, mengurangi kemampuan sel telur untuk mencapai rahim hingga mengacaukan lingkungan di dalam rahim.

9.   Lakukan Kebiasaan Seks yang Sehat

Gangguan kesuburan sangat berisiko terjadi pada wanita yang memiliki kebiasaan seksual yang tidak baik seperti kerap berganti pasangan. Selain meningkatkan risiko ganguan kesuburan, kondisi tersebut juga sangat berisiko untuk menularkan penyakit seksual berbahaya sehingga harus dihindari.

Cara alami untuk meningkatkan kesuburan pada wanita adalah dengan menghindari risiko penularan IMS. Hal ini bisa anda lakukan dengan setelah cek aplikasi masa subur, maka pastikan hanya lakukan hubungan intim dengan satu pasangan saja. Dengan cara ini, selain bisa menghindari risiko penyakit seksual, kesempatan untuk terjadinya kehamilan juga akan semakin besar.

10.  Hindari Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol ternyata memiliki risiko bisa membuat kehamilan menjadi lebih lama terjadi. Jadi jika ingin meningkatkan kesuburan khususnya pada wanita, ada baiknya hindari konsumsi alkohol baik saat masa subur maupun masa tidak subur wanita berapa hari tersebut.

Beberapa penelitian menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi alkohol sebanya tujuh gelas atau lebih dalam seminggu atau bahwa tiga gelas dalam sekali waktu, berisiko tinggi mengalami gangguan haid dan masalah kesuburan. Jadi pastikan hindari alkohol sama sekali jika ingin meningkatkan kesuburan dan cepat hamil.

Bagi seorang wanita, sangat penting untuk menjaga kesuburan demi memastikan bisa cepat hamil setelah menikah nanti. Cara di atas bisa anda lakukan setelah menikah akan tetapi lebih baik jika cara meningkatkan kesuburan wanita sebelum menikah sudah mulai dibiasakan dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan cara seperti ini, setelah menikah maka anda akan siap untuk bereproduksi.

Itulah ulasan penting seputar kesuburan wanita yang perlu anda ketahui. Wanita yang subur dan memiliki kualitas sel telur bagus maka akan melahirkan keturunan yang berkualitas pula. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesuburan wanita bahkan sejak sebelum menikah bisa hamil dengan lebih mudah.