nutrisi ibu hamil

Nutrisi ibu hamil adalah faktor yang penting untuk kesehatan si ibu dan janin yang ada dalam kandungan. Jika ibu hamil sampai mengalami kurang asupan nutrisi maka nanti akan terjadi masalah pada masa kehamilan dan juga tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Misalnya saja bayi lahir dengan berat badan yang kurang, tumbuh kembang yang terhambat, sampai cacat bawaan.

Jadi bagi wanita yang sudah dinyatakan positif hamil, sejak awal harus sudah menjaga kesehatan dan memilih asupan makanan yang bernutrisi tinggi untuk dikonsumsi setiap harinya. Makanan yang dimakan ibu hamil nantinya akan dikonsumsi atau diserap oleh janin yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu lah nutrisi untuk ibu hamil perlu diperhatikan baik-baik. 

Nutrisi Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Asupan makanan yang kaya nutrisi memang sangat dibutuhkan ibu hamil, karena dari nutrisi itulah bayi yang ada di dalam kandungan bisa tumbuh dan berkembang. Apa saja nutrisi itu? Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Karbohidrat

nutrisi ibu hamil
Roti bisa menjadi sumber karbohidrat untuk ibu hamil

Nutrisi yang penting untuk ibu hamil adalah karbohidrat. Ini merupakan nutrisi yang nantinya akan diubah menjadi energi untuk si ibu hamil sendiri dan juga dibutuhkan untuk pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Tidak disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan diet apalagi diet karbohidrat. 

Sebab, kekurangan asupan karbohidrat pada ibu hamil bisa mendatangkan resiko bayi lahir cacat. Karbohidrat ini bisa berupa makanan yang terbuat dari tepung seperti pasta dan roti, atau bisa juga buah-buahan seperti kelengkeng. 

2. Protein

Untuk ibu hamil, kebutuhan protein setiap hari mencapai 40 sampai 70 gram. Agar bisa memenuhi kebutuhan protein tersebut sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daging, telur, tahu, makanan laut, kacang-kacangan, dan susu. Nutrisi ibu hamil berupa protein bisa tercukupi jika sudah mengkonsumsi empat porsi protein setiap hari. Dua gelas susu setiap hari atau 200 gram daging tanpa lemak contohnya.

3. Zat Besi

nutrisi ibu hamil
Daging merah tanpa lemak adalah sumber zat besi yang baik

Zat besi juga penting bagi ibu hamil dan janinnya. Zat besi ini memiliki peran penting untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh yang memiliki peran membawa oksigen ke seluruh tubuh melalui sel darah merah. Saat hamil, kebutuhan zat besi meningkat hingga dua kali lipat, apalagi jika usia kehamilan sudah masuk pada trimester kedua atau ketiga. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian bisa mengkonsumsi daging merah tanpa lemak, sayur hijau, atau kacang merah.

4. Asam Folat

Nutrisi ibu hamil selanjutnya adalah asam folat. Biasanya saat kandungan sudah masuk usia 12 minggu ibu hamil akan diberi suplemen asam folat sedikitnya 400 mg setiap harinya. Ini untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf, jadi asam folat sangat penting sekali untuk ibu hamil. Sumber alami asam folat ada pada brokoli, bayam, alpukat, dan pepaya.

5. Serat dan Vitamin

Untuk serat dan vitamin bagi ibu hamil harus terpenuhi dengan baik untuk membantu sistem pencernaan selama masa kehamilan serta mencegah ibu hamil mengalami sembelit. Bahan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral adalah buah pir, apel, mangga, juga jeruk. Konsumsi jenis buah-buahan tersebut setiap hari agar serat dan vitamin harian tercukupi dengan baik.

6. Lemak Baik 

nutrisi ibu hamil
Buah alpukat yang menjadi sumber lemak baik

Lemak juga penting bagi ibu hamil dan janin. Namun, lemak yang harus dipenuhi adalah asupan lemak baik. Lemak yang baik ini penting untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Bisa didapatkan dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah seperti alpukat. Itu adalah makanan yang tinggi akan lemak baik yang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

7. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang juga tidak kalah penting dengan lainnya. Kalsium ini bisa didapatkan dari susu sapi atau susu kedelai. Tak hanya dari susu saja, makanan seperti yoghurt rendah lemak, atau ikan sarden bisa dikonsumsi juga selama masa kehamilan untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu dan janin.

Itulah berbagai nutrisi ibu hamil yang penting untuk dipenuhi. Perlu dicatat, kalau nutrisi ibu hamil itu memiliki takaran yang berbeda tergantung dari usia, berat badan, serta aktivitas ibu hamil itu sendiri. Jadi sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk porsi makanan yang perlu dikonsumsi setiap hari serta nutrisinya agar kesehatan ibu hamil bisa dijaga dengan lebih optimal!