obat batuk alami untuk ibu hamil

Pada masa kehamilan menjaga kesehatan diri sangatlah penting bagi ibu hamil. Jika terserang batuk maka perlu obat batuk alami untuk ibu hamil. Wanita yang sedang mengandung tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat sembarangan. Ada dampak yang perlu dipertimbangkan sebelum mengkonsumsi obat. Lebih aman jika memilih obat tradisional untuk mengatasi batuk atau flu. 

Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil 

Inilah beberapa bahan yang bisa menjadi obat batuk alami bagi para bumil:

1. Bawang Putih

obat batuk alami untuk ibu hamil

Bahan memasak yang satu ini memang terkenal memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh. Ada antioksidan yang tinggi serta sifat antiinflamasi yang ada pada bawang putih ini. Cara mengatasi batuk dengan bawang putih bagi ibu hamil adalah dengan memakan bawang putih ini secara langsung setiap selesai makan. Bisa juga dengan cara menambahkan madu saat memakannya.

2. Cuka Apel

Selanjutnya ada cuka apel, ini juga bagus untuk mengatasi batuk secara alami. Tubuh akan berada dalam kondisi basa ketika mengkonsumsi cuka apel ini. Tubuh yang dalam keadaan basa bisa lebih cepat sembuh dari penyakit terutama batuk. 

Hal ini karena bakteri atau virus tidak bisa bertahan lama di dalam lingkungan yang sifatnya basa. Cara mengkonsumsinya adalah dengan mencampur cuka apel pada secangkir madu atau teh hangat. Bisa juga dengan cara menggunakan air putih diberi beberapa tetes cuka apel lalu dipakai berkumur.

3. Lemon

obat batuk alami untuk ibu hamilLemon memang bagus sekali dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan ada kandungan vitamin C yang banyak pada buah kuning ini. Sudah dikenal sebagai obat batuk alami yang super ampuh selain bawang putih. Kaya akan potasium dan juga bersifat antioksidan mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan ginjal. 

Cara mengkonsumsinya sangat mudah, bisa mencampurnya dengan teh hangat atau air madu. Campuran lemon dengan madu adalah minuman hangat paling mujarab untuk mengatasi flu dan batuk serta meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Jahe

Ada juga jahe yang juga masuk dalam obat batuk alami untuk ibu hamil. Jahe ini bisa memberikan kehangatan dalam tubuh. Cocok untuk mengatasi batuk kering yang dikarenakan alergi atau infeksi virus. Konsumsi air jahe hangat setiap hari selama masih batuk atau flu. Ini bisa menjadi obat tradisional yang ampuh. Bagi siapa saja aman terutama pada ibu hamil.

5. Berkumur Air Garam

obat batuk alami untuk ibu hamil

Cobalah untuk berkumur air garam selama batuk. Cara ini bisa mengatasi infeksi saluran pernapasan. Jika rutin berkumur menggunakan air hangat yang diberi sedikit garam maka kelebihan dahak di tenggorokan akan terbuang sehingga tidak terasa nyeri. Bakteri dan jamur sampai alergen dalam tenggorokan bisa hilang jika rutin melakukan kumur air garam ini.

6. Daun Mint

Rasa daun mint memang bisa menyejukkan tenggorokan. Ternyata tak hanya itu batuk bisa diatasi dengan daun mint ini. Selain memberikan rasa yang sejuk daun mint juga bisa mengusir virus penyebab batuk. Agar daun mint saat dikonsumsi rasanya tidak terlalu kuat baiknya campurkan pada teh hangat agar terasa lebih nikmat.

Obat batuk alami untuk ibu hamil ada beragam, meski tidak secepat obat medis di apotik namun efek sampingnya hampir tidak ada. Dapat dikatakan kalau obat alami lebih aman daripada obat di apotik. Meski begitu, karena sedang hamil tetap dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai obat alami ini supaya penggunaannya tetap aman untuk janin. 

Nah, itu dia beberapa obat batuk alami untuk ibu hamil yang bisa dicoba. Semua bahan alami di atas tidak ada efek sampingnya saat dikonsumsi setiap hari. Batuk akan segera hilang dan tidak akan mudah terserang batuk lagi.