olahraga untuk program hamil

Olahraga untuk program hamil wajib dilakukan dengan baik dan benar agar cepat memiliki momongan. Olahraga adalah salah satu kebutuhan tubuh untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, olahraga sendiri bisa juga untuk meningkatkan peluang hamil pada wanita.

Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa membantu tubuh selalu bugar dan bisa juga meningkatkan kesuburan. Pada wanita, proses ovulasi dan menstruasi pun bisa teratur dan optimal jika rutin melakukan olahraga setiap harinya. Bagi ibu hamil pun olahraga juga penting, karena bumil membutuhkan persiapan tubuh untuk melalui proses persalinan.

Olahraga yang Cocok Untuk Program Hamil

Melakukan olahraga secara rutin tidak akan merugikan justru akan memberikan banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Menurunkan berat badan agar jadi ideal serta meningkatkan kesuburan bisa dengan cara rutin berolahraga. Berikut ini adalah jenis olahraga untuk orang yang ingin sukses dalam program hamil.

1. Jogging

olahraga untuk program hamil

Jogging ini merupakan olahraga yang sederhana dan murah meriah. Ini bisa dilakukan kapan saja di taman atau mungkin lapangan. Meski sederhana olahraga untuk ibu hamil ini sangat berperan penting dalam meningkatkan peluang hamil. Lakukan minimal 30 menit dalam sehari. Tak hanya kesuburan saja yang meningkat, nanti daya tahan tubuh pun ikut meningkat, bisa mencegah penyakit jantung dan diabetes, serta bisa meredakan stres.

2. Bersepeda

Olahraga lain yang cocok dilakukan untuk meningkatkan peluang hamil adalah berolahraga. Gerakan mengayuh sepeda ini bisa meningkatkan otot perut, panggul, punggung, dan juga pangkal paha. Jika rutin melakukan olahraga ini maka tubuh akan lebih siap menjalani kehamilan serta menopang berat badan yang pasti bertambah di masa kehamilan.

3. Berenang

olahraga untuk program hamil

Olahraga untuk ibu hamil berikutnya adalah berenang. Ini merupakan olahraga yang sangat menyenangkan. Jika dilakukan secara rutin, bisa meningkatkan kesuburan, menjaga berat badan, juga untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga ini terasa mudah dilakukan karena dilakukan di dalam air yang segar. Jika sedang menjalani program hamil, lakukan minimal dua kali dalam seminggu untuk meningkatkan peluang hamil.

4. Yoga

Jenis olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang memerlukan ketenangan. Siapa sangka ternyata yoga jika dilakukan secara rutin bisa meningkatkan kesuburan pada wanita. Umumnya orang melakukan yoga dengan tujuan meredakan stress, namun ternyata ada manfaat lain dari olahraga tersebut.

Yoga ini sendiri gerakannya adalah gabungan dari latihan meditasi dengan pose tubuh sehingga tercapai keseimbangan, kekuatan, serta kesehatan tubuh secara menyeluruh. Beragam pose pada yoga tersebut dikatakan bisa melancarkan proses pembuahan. Tak hanya itu aliran darah pada area panggul pun jadi lancar, otot panggul jadi rileks, serta hormone kesuburan bisa diproduksi secara optimal oleh tubuh.

5. Senam Kegel

olahraga untuk program hamil

Gerakan pada senam kegel ini merupakan olahraga yang bisa mengencangkan otot-oto panggul, kandung kemih, dan juga vagina. Senam ini cocok dilakukan ibu hamil menjelang persalinan dan setelah proses melahirkan. Baiknya lakukan secara rutin 3x seminggu. Kesuburan wanita bisa meningkat jika rutin melakukan senam kegel ini.

Nah, itu dia beberapa olahraga untuk program hamil yang bisa dicoba. Semua jenis olahraga yang sudah diulas di atas gerakannya tidak terlalu berat jadi cocok sekali dilakukan untuk meningkatkan peluang hamil atau untuk mempersiapkan diri menyambut persalinan. Imbangi dengan mengkonsumsi kaya nutrisi dan istirahat yang cukup agar bisa cepat hamil.