causes of female infertility

Tidak ada pasangan yang mengharapkan kondisi infertilitas atau kemandulan yang membuat istri susah hamil. Bukan hanya memahami penyebab kemandulan wanita semata, tetapi laki-laki juga punya peluang alami masalah yang sama. Oleh sebab itu, penting sekali untuk melakukan pemeriksaan bersama ke dokter kandungan terpercaya. 

Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan kehadiran si kecil dalam kehidupan rumah tangga. Apalagi jika pernikahan yang dilakoni sudah bertahun-tahun, maka kehadiran anak bisa memberikan kebahagiaan yang sempurna. Yuk, kita simak bersama-sama penyebab kemandulan wanita yang perlu diketahui sejak dini.

Mengenal Faktor Penyebab Kemandulan Pada Wanita 

Mungkin Anda masih belum paham apa saja faktor penyebab kemandulan pada wanita agar bisa mencegah terjadinya risiko infertilitas sejak dini. Berikut beberapa penyebab seorang wanita mengalami mandul atau infertilitas:

1.Penggunaan obat-obatan tertentu

Kemandulan merupakan hal yang menakutkan bagi wanita, tetapi Anda bisa mengetahui salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan obat-obatan tertentu. 

Obat-obatan yang bisa memicu kemandulan antara lain obat neuroleptik yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah gangguan jiwa, obat kemoterapi bagi wanita yang tengah menjalani program pengobatan kanker, obat anti inflamasi non-steroid (NSAID), dan pemakaian obat terlarang seperti ganja, kokain, dan lain-lain. 

Konsumsi obat-obatan tertentu dalam waktu lama bisa mempengaruhi kesuburan seseorang, utamanya wanita. Kemandulan yang terjadi pada lelaki juga bisa disebabkan oleh pemakaian obat terlarang seperti narkoba, bahkan berisiko terkena penyakit menular seksual atau penyakit lain akibat penggunaan jarum suntik yang bergantian.

Baca juga: Berikut Penyebab dan Gejala Infertilitas, Waspadalah Sejak Dini

2. Alami periode menstruasi tidak lancar

Bila seseorang mengalami periode menstruasi tidak lancar karena menderita PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome. Sebenarnya, hal ini disebabkan oleh perkembangan hormon dalam tubuh wanita tidak normal karena hormon testosteron yang lebih tinggi. Akibatnya wanita acap gagal berovulasi sehingga mempengaruhi peluang kehamilan yang rendah. 

Cara terbaik mengatasi masalah wanita yang menderita PCOS adalah mulai mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, makan makanan yang kaya nutrisi, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan rajin berolahraga. 

3. Terdapat faktor pemicu gagal ovulasi 

Ovulasi sangat penting dalam menentukan tingkat kesuburan seorang wanita. Masa ovulasi biasanya 14-16 hari setelah hari pertama menstruasi tiba sehingga Anda yang melakukan hubungan seks pada masa itu, punya peluang hamil yang tinggi. 

Namun, ada beberapa ciri wanita yang susah hamil disebabkan oleh kegagalan ovulasi ini. Penyebab kegagalan ovulasi karena wanita mengalami gangguan tiroid, kegagalan ovarium prematur dan mengalami sindrom ovarium polikistik atau ovarium alami kesulitan memproduksi sel telur.

4. Terjadi sumbatan pada tuba falopi 

Ada kasus wanita susah hamil meskipun punya tingkat kesuburan yang cukup baik disebabkan oleh sumbatan pada tuba falopi. Artinya saluran yang menghubungkan ovarium dengan rahim mengalami penyumbatan sehingga sel sperma tidak bisa menjangkau sel telur. Tentu saja wanita yang mengalami penyumbatan pada tuba falopi harus melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa ditangani lebih baik.

Biasanya wanita yang alami penyumbatan tuba falopi perlu mendapatkan penanganan yang bisa membuka sambutan tersebut, salah satunya adalah fisioterapi diatermi. 

Diatermi yang menonjolkan panas 38-45 derajat celcius bisa membantu mengatasi permasalahan pada wanita dengan kasus ini. Meskipun tidak ada jaminan Anda bisa segera hamil setelah beberapa kali melakukan fisioterapi, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba program hamil yang tepat, bukan?

5. Kasus endometriosis

Pertumbuhan jaringan pada rahim menonjol ke luar yang acap terjadi di tuba falopi, indung telur dan jaringan melapisi panggul. Bila endometriosis muncul di indung telur atau rahim biasa disebut dengan endometrioma. Kista pada rahim ini biasa menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada masa menstruasi. 

Bila tidak ditangani sejak dini, maka seseorang yang memiliki kasus endometriosis bisa mengalami kemandulan. Bahkan ciri-ciri mandul pada wanita yang alami nyeri parah saat menstruasi bisa dideteksi saat remaja, lho! Biasanya remaja wanita sudah mengeluh nyeri, sakit bahkan pingsan saat periode menstruasi tiba. 

Baca juga: Mengalami PCOS Tetapi Haid Anda Teratur? Ulik Di Sini

6. Alami masalah kesehatan reproduksi wanita 

Bisa saja penyebab mandul pada wanita karena ia mengalami masalah kesehatan organ reproduksi baik penyakit menular seksual, tidak menjaga kebersihan organ intim, infeksi organ intim, dan kasus lain. 

Wanita yang memiliki tingkat kesuburan yang bagus pun bisa menjadi mandul bila terkena penyakit seksual menular baik dari pergaulan bebas, penggunaan jarum suntik narkoba, penularan dari suami yang tidak bertanggungjawab, dan lain-lain. 

7. Mengalami gangguan lendir serviks 

Gangguan lendir serviks yang dialami wanita bisa mengakibatkan pergerakan sel sperma kurang optimal. Sel sperma yang gagal masuk ke tuba falopi bisa berimbas pada kegagalan pembuahan. Tidak heran bila kehamilan yang ditunggu tidak kunjung datang sebab Anda mengalami masalah ini. 

Beberapa faktor penyebab kemandulan pada wanita di atas harus menjadi bahan pertimbangan Anda mulai sekarang. Rajin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter bisa mencegah terjadinya infertilitas. Selain itu, ada baiknya Anda mulai menerapkan gaya hidup sehat agar memiliki kondisi organ reproduksi dan rahim yang baik. 

Selain wanita, laki-laki memiliki peran penting dalam mendukung kehamilan yang lebih cepat. Pastikan laki-laki juga menerapkan gaya hidup sehat agar kondisi sel sperma dalam keadaan berkualitas yang siap membuahi sel telur. 

Penyebab kemandulan yang sering terjadi pada pria karena kerusakan sel sperma akibat gaya hidup tidak baik, misalnya konsumsi alkohol, merokok, seks bebas, narkoba, begadang terus menerus, stress, dan lain-lain. Penyebab kemandulan pada wanita dan pria harus diselesaikan bersama agar bisa mendapatkan momongan segera.

Kiat Mendapatkan Momongan Lebih Cepat Setelah Menikah 

Berusaha merupakan cara terbaik dalam menanti kehadiran seorang anak. Wanita mandul dalam perspektif menurut Islam merupakan sebuah ujian yang harus diterima dengan lapang dada. 

Namun, Anda harus selalu optimis bahwa tidak ada yang mustahil menurut Allah SWT. Selain berdoa sungguh-sungguh, maka lakukan ikhtiar agar Anda bisa mendapatkan kepercayaan memiliki buah hati tercinta. 

Berikut beberapa kiat mendapatkan momongan lebih cepat seperti rajin olahraga, istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat, mengelola stress, dan rajin melakukan pemeriksaan ke dokter. Stress memicu ketidakseimbangan hormon sehingga wanita menjadi lebih mudah marah, sedih dan bisa mengalami kondisi fisik yang menurun. Padahal perlu kesehatan fisik dan mental yang bagus sebelum Anda menjalani program hamil bersama pasangan. 

Selain tips di atas, pastikan Anda juga mengurangi konsumsi makanan harian yang menyebabkan mandul seperti produk kafein, daging merah dan telur mentah, gorengan dan makanan cepat saji yang wajib dibatasi, makanan manis, dan hindari rokok serta alkohol. 

Bila Anda sudah menerapkan gaya hidup sehat, maka bersiap menerima kehadiran janin yang merupakan anugerah terbesar dari Sang Maha Pencipta. 

Rajin melakukan hubungan suami istri yang halal dalam ikatan pernikahan pada masa ovulasi akan meningkatkan peluang kehamilan. Yuk, rencanakan kehamilan Anda bersama pasangan tercinta sesuai dengan arahan dokter kandungan terpercaya! Jangan lupa untuk memperbanyak doa agar hajat yang Anda inginkan segera dikabulkan Allah SWT serta dijauhkan dari penyebab kemandulan wanita.