persiapan melahirkan

Persiapan melahirkan adalah hal yang perlu dilakukan oleh Anda, terutama jika kelahiran yang akan terjadi merupakan pertama kalinya bagi Anda. Dengan mencatat keperluan untuk melahirkan, Anda lebih tenang menghadapi proses persalinan. Berikut ini berbagai persiapan sebelum melahirkan yang perlu Anda persiapkan.

Persiapan Melahirkan yang Penting 

1. Mencari Informasi Tentang Persalinan

persiapan melahirkan

Informasi yang perlu Anda cari pertama kali adalah tentang tanda-tanda melahirkan. Dengan memperbanyak informasi tersebut, Anda akan lebih siap mental dan fisik saat melahirkan. Selain itu, Anda perlu mencari informasi tentang teknik melahirkan sesuai dengan kondisi Anda. Semua informasi tersebut lebih baik Anda tanyakan langsung ke dokter kandungan atau bidan yang menangani Anda. Meskipun bisa secara daring.

Lain hal jika informasi yang tak kalah penting seperti biaya persalinan. Biaya persalinan merupakan hal yang bisa Anda cari secara daring mulai dari biaya melahirkan di rumah sakit atau bidan, biaya peralatan bayi, biaya perawatan ibu, dan lain-lain. Daftar biaya yang Anda list dapat mempermudah manajemen pengeluaran keuangan saat ibu melahirkan.

2. Mempersiapkan Diri Untuk Menghadapi Nyeri Melahirkan

Nyeri persalinan merupakan hal yang perlu Anda perhatikan saat melahirkan. Setiap wanita yang akan melahirkan pasti akan merasakan nyeri. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mempersiapkan metode untuk meredakan nyeri. Baik secara alami seperti pijat maupun memakai obat-obatan.

3. Mempersiapkan Kebutuhan Melahirkan

persiapan melahirkan

Persiapan selanjutnya adalah kebutuhan melahirkan. Kebutuhan ini meliputi barang-barang yang diperlukan saat melahirkan seperti baju ganti sang ibu dan barang-barang setelah melahirkan seperti baju ganti ibu dan perlengkapan bayi. Anda perlu mempersiapkan ini sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL) agar tidak tergesa-gesa saat tiba-tiba kontraksi jelang lahir atau tanda-tanda melahirkan lainnya.

4. Memilih Dokter dan Tempat Bersalin

Memilih tempat bersalin adalah hal selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan. Pertimbangan akan hal ini berdasarkan dengan dokter atau bidan yang Anda pilih. Jika Anda sudah menentukan dokter, maka Anda perlu menentukan tempat dokter atau bidan tersebut melakukan praktik, bisa di rumah sakit atau klinik pribadinya. Seyogyanya, pilihlah dokter atau bidan yang membantu proses kehamilan Anda sejak awal. Jangan lupa pula pertimbangkan fasilitas, biaya, serta lokasi tempat bersalin sehingga membuat Anda nyaman.

5. Memahami Kondisi yang Tidak Terduga

persiapan melahirkan

Kondisi yang tidak terduga adalah hal yang perlu diwaspadai menjelang persalinan. Anda harus mempersiapkan hal-hal tersebut agar tidak terserang panic attack saat melahirkan. Beberapa kondisi yang tidak terduga antara lain sebagai berikut.

a. Persalinan lama

Tidak semua ibu hamil bersalin dengan waktu yang cepat. Ketika ada kasus persalinan lama walaupun sudah lewat lebih dari dua minggu, biasanya dokter akan melakukan intervensi untuk mempercepat proses persalinan dengan memberi obat oksitosin.

b. Persalinan Membutuhkan Alat Bantu

Persalinan dengan menggunakan alat bantu dilakukan dokter ketika proses melahirkan terhambat alias bayi tak kunjung keluar padahal sudah lama mengejan. Alat bantu yang dipakai berupa vakum atau forceps yang berfungsi untuk membantu menarik bayi keluar.

c. Kemungkinan Melahirkan Caesar

Risiko melahirkan caesar tetap ada kendati ibu hamil menginginkan melahirkan secara normal. Kemungkinan melahirkan caesar terjadi ketika persalinan terlalu lama, ukuran janin terlalu besar, hingga penyakit atau infeksi yang tidak memungkinkan bagi ibu hamil untuk melahirkan normal.

Demikianlah persiapan melahirkan yang harus Anda ketahui sebelum melahirkan. Diskusikanlah dengan pasangan Anda untuk merencanakan semua persiapan tersebut agar lebih ringan. Dengan begitu, persalinan Anda lebih nyaman.