perut kembung saat hamil
  • Berbagai kondisi bisa kita alami ketika mengandung, salah satunya perut kembung saat hamil. Kondisi ini memang akan cukup sering terjadi, terlebih seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Pada dasarnya, perut kembung adalah keadaan saat perut terasa penuh, lebih besar, dan kencang daripada biasanya.

Meski terdengar biasa, kondisi ini tentu dapat membuat kita merasa tak nyaman bahkan hingga mempengaruhi nafsu makan. Oleh karenanya, ketahui  berbagai cara mengatasi perut kembung yang akan kit aulas pada kesempatan kali ini.

Penyebab Perut Kembung Saat Hamil

perut kembung saat hamil

Sebelum membahas bagaimana mengatasinya, kita ketahui terlebih dahulu faktor apa saja yang menjadi penyebab perut kembung saat hamil, diantaranya:

  • Karena rata-rata dalam perut ibu hamil terkandung lebih banyak gas
  • Karena janin yang makin lama semakin membesar
  • Meningkatnya hormon progesteron saat hamil
  • Adanya gas berlebih yang masuk ke dalam pencernaan

Ingin Atasi Perut Kembung Saat Hamil? Begini Caranya!

Meski kondisi ini cukup banyak terjadi pada ibu hamil, perut kembung seperti yang telah dibahas sebelumnya dapat membuat kita merasa tak nyaman bahkan berkurangnya nafsu makan, untuk mengatasinya ibu hamil dapat melakukan hal-hal berikut ini:

1. Hindari Makanan yang Banyak Mengandung Fruktosa

Makanan dengan kandungan banyak gula fruktosa, seperti halnya daun bawang, biji-bijian utuh, apel, pir, dan makanan olahan dapat berpotensi menyebabkan terjadinya perut kembung pada sebagian orang.

2. Hindari Makanan Berlemak

perut kembung saat hamil

Selain itu, kita juga disarankan untuk menghindari konsumsi asupan yang mengandung terlalu banyak lemak karena dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga perut bisa menjadi kembung.

3. Makan Dalam Porsi Sedikit

Tips berikutnya adalah ibu hamil dapat makan dengan porsi sedikit-sedikit untuk menghindari kondisi perut yang terlalu penuh. Karena makan terlalu banyak ataupun langsung makan dalam porsi yang banyak setelah perut kosong, bisa menyebabkan kondisi perut kembung saat hamil karena makanan butuh waktu lama untuk dicerna.

4. Hindari Minuman Berkarbonasi dan Pemanis Buatan

Ketika sedang hamil, kita juga disarankan untuk menghindari minuman berkarbonasi ataupun yang mengandung pemanis buatan dan lebih baik lebih konsumsi susu bebas laktosa, atau susu kedelai yang kaya akan kalsium.

5. Rutin Olahraga

perut kembung saat hamil

Melakukan olahraga saat hamil dapat berdampak baik bagi kesehatan ibu serta janin yang dikandung. Olahraganya tentu yang ringan dan dapat dilakukan bumil, seperti jalan santai atau yoga. Bisa juga olahraga ringan lain yang dapat membuat tubuh lebih rileks dan pencernaan lebih lancar agar perut kembung dapat dicegah.

6. Berhenti Merokok

Mulai sekarang hindarilah merokok karena tak baik untuk kondisi ibu hamil serta janin yang dikandung. Selain dapat menimbulkan beragam risiko penyakit, rokok juga berpotensi meningkatkan keasaman lambung. Hal serupa juga terdapat pada minuman beralkohol yang sebaiknya kita tinggalkan.

7. Hindari Makanan yang Mengandung Banyak Gas

Untuk mencegah terjadinya perut kembung yang terakhir, kita juga bisa menghindari berbagai makanan yang memicu timbulnya gas, seperti misalnya saja brokoli, kembang kol, ataupun kubis.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi perut kembung saat hamil selengkapnya yang harus dipahami oleh setiap ibu hamil. Jika kondisi tidak membaik atau cenderung lebih buruk, maka tak perlu menunggu untuk berkonsultasi pada dokter. Jika Anda ingin bertanya asupan baik yang dapat dikonsumsi ketika hamil ataupun saat melakukan program hamil, Anda dapat berkonsultasi pada dokter dan tenaga medis yang professional juga terpercaya seperti pada morulaivf.co.id.