program bayi kembar

Jika dulu melakukan program bayi kembar dengan cara alami, kini telah ada program bayi tabung yang terbukti berhasil mewujudkan kelahiran bayi kembar. Program untuk bayi kembar yang telah terbukti berhasil oleh medis IVF. Seiring perkembangan teknologi yang mumpuni, keinginan seseorang semakin mungkin diwujudkan dengan teknologi yang telah berkembang. Sebagai contoh adalah sepasang suami istri yang menginginkan bayi kembar.

Kehamilan kembar dapat terjadi sebab dua sel telur atau dua zigot yang berbeda dibuahi oleh dua sel sperma yang terpisah. Pada kasus ini lebih umum kembar yang dihasilkan tidak identik dan bisa berbeda jenis kelamin. Namun, jika satu zigot membelah menjadi dua embrio maka yang terjadi adalah kembar identik dengan jenis kelamin sama. Simak ulasan lebih detail di bawah ini.

Program untuk Bayi Kembar Dengan Cara Medis

program bayi kembar

1. Bayi Tabung

Program bayi tabung untuk menghasilkan anak kembar seperti pada umumnya, yakni dengan menginkubasi penggabungan sel telur dan sperma di laboratorium. Embrio yang dihasilkan dari proses tersebut ditanam di rahim wanita. Untuk bayi kembar, embrio yang ditanam lebih dari satu sehingga ada peluang untuk hamil kembar sekitar 1:5 bergantung pada embrio yang ditanam di rahim calon ibu. Bayi kembar hasil dari proses bayi tabung dapat dipastikan melalui pemeriksaan ultrasonografi saat janin berusia 11 – 14 minggu. Jika terdeteksi kembar, maka selanjutnya dokter akan memeriksa plasenta janin. Janin yang berbagi plasenta yang sama menandakan kembar identik, sementara jika plasenta berbeda maka hasilnya bisa identik bisa tidak.

2. Inseminasi Intrauterin Dan Obat Subur

Proses inseminasi intrauterin untuk bayi kembar biasa diiringi dengan konsumsi obat penyubur. Cara inseminasi ini adalah dengan menyuntikkan sperma ke rahim calon ibu hamil. Namun, proses ini sangat tipis kemungkinan untuk melahirkan bayi kembar kecuali dengan mengonsumsi obat penyubur agar sel telur keluar lebih dari satu secara bersamaan.

3. Obat Penyubur

Mengonsumsi obat penyubur meningkatkan kemungkinan hamil bayi kembar sebab dapat meningkatkan produksi sel telur lebih dari satu secara bersamaan. Obat penyubur yang biasa diresepkan dokter dalam hal ini adalah clomiphene dan gonadotropin. Obat ini hanya boleh dikonsumsi dengan resep dokter.

Untuk merangsang kesuburan, Anda akan diresepkan obat clomiphene untuk diminum. Sementara gonadotropin diberikan oleh dokter secara injeksi yang terdiri dari hormon stimulasi atau lutein untuk meningkatkan kesuburan. Injeksi gonadotropin terbukti memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi 30% dibanding  minum clomiphene

Program untuk Bayi Kembar Dengan Cara Alami

program bayi kembar

Cara alami untuk menghasilkan bayi kembar yakni dengan mengatur posisi saat hubungan seksual. Berikut ini posisi yang direkomendasikan untuk mendapatkan bayi kembar secara alami yang bisa diterapkan.

1. Doggy Style

Pada posisi ini leher rahim wanita berada sangat dekat dengan sel sperma yang keluar mencari sel telur sehingga memungkinkan untuk hamil bayi kembar.

2. Standing Position

Posisi ini dipercaya meningkatkan kemungkinan hamil kembar sebab mampu memberikan penetrasi yang dalam sehingga sel sperma lebih mudah masuk untuk mencari sel telur yang akan dibuahi.

3. Misionaris

Pada posisi ini memungkinkan sperma lebih cepat menemukan sel telur sehingga pembuahan juga cepat berhasil.

4. Side By Side

Pada posisi menyamping ini, kedua pasangan akan mencapai penetrasi lebih dalam sehingga memungkinkan terjadinya pembuahan dengan cepat dan meningkatkan peluang hamil kembar.

Faktor Pendukung Kehamilan Bayi Kembar

program bayi kembarDari cara yang telah disebutkan di atas memang tidak menjamin 100% mendapatkan bayi kembar. Tentu hal tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut.

  • Usia
  • Riwayat memiliki anak kembar
  • Riwayat keluarga
  • Bentuk tubuh
  • Angka kehamilan

Itulah penjelasan lengkap mengenai beberapa cara program bayi kembar yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat!