program hamil kembar

Kehamilan adalah hal yang membahagiakan, apalagi jika bisa hamil anak kembar. Program hamil kembar pun dipilih pasangan yang mendambakan anak kembar.  Hal ini karena hamil kembar sangat kecil peluangnya apalagi kembar dengan kelamin yang sama atau kembar identik. Peluang yang sangat kecil membuat adanya program hamil kembar. Seperti apa program tersebut, mari simak ulasan singkatnya di sini. 

Mengenal Hamil Kembar

program hamil kembar

Hamil kembar memerlukan program atau treatment kesuburan. Jika tidak melakukan program khusus tentu hal tersebut bisa dikatakan tidak mungkin. Apalagi jika tidak ada keturunan kembar dalam silsilah keluarga. Biasanya hamil kembar yang sering terjadi adalah fraternal twins atau kembar tidak identik. 

Meski melalui sebuah program hamil khusus untuk bisa mewujudkan hamil kembar identik sangat sulit. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan agar seseorang bisa merasakan hamil kembar apalagi kembar identik. 

Faktor Pendukung Hamil Kembar

Agar bisa memperbesar peluang hamil anak kembar bisa melakukan beberapa tips di bawah ini. Ada faktor pendukung yang perlu diperhatikan sehingga peluang melahirkan anak kembar lebih besar lagi, ini dia ulasannya:

1. Riwayat Keluarga Kembar

Apakah di dalam silsilah keluarga besar ada keluarga yang memiliki gen keturunan kembar? Jika iya maka peluang memiliki anak kembar jauh lebih besar daripada yang tidak memiliki gen tersebut. Ini berlaku baik dari pihak suami atau istri. 

Jika di keluarga suami ada gen kembar peluangnya sudah lebih besar daripada yang tidak ada gen kembar sama sekali. Apalagi jika dari dua belah pihak sama-sama memiliki gen kembar, maka kesempatan untuk memiliki bayi kembar lebih besar lagi.

2. Usia

program hamil kembar

Bagi wanita, semakin banyak usia maka semakin sering terjadi pelepasan lebih dari satu sel telur selama ovulasi. Ini tentu menambah peluang seseorang untuk bisa merasakan hamil kembar. Namun ada yang perlu diingat, semakin besar usia wanita semakin banyak resiko yang terjadi di masa kehamilannya. Jadi perlu pertimbangan lagi ya.

3. Berat Badan yang Bertambah

Bagi wanita dengan tubuh kurus lebih baik menaikkan berat badan agar lebih ideal. Badan yang terlalu kurus akan sangat kecil kesempatannya memiliki anak kembar. Hal ini dikarenakan bertambahnya berat badan menambah juga kesuburan area reproduksi. Ada penelitian yang menyatakan kalau wanita dengan berat badan yang lebih berpotensi hamil kembar. 

4. Konsumsi Asam Folat

program hamil kembar

Semakin banyak mengkonsumsi makanan sumber asam folat maka semakin tinggi kesempatan seseorang untuk hamil kembar. Asam folat bisa meningkatkan kesuburan dan potensi hamil kembar lebih tinggi. 

5. Metode IVF

Ini merupakan salah satu cara untuk bisa memiliki bayi kembar yang dipilih para pasangan yang sudah lama mendambakan kehadiran buah hati. IVF ini adalah cara mengambil telur yang belum dibuahi serta sperma lalu membuahi sel telur di luar rahim. 

Dokter nantinya akan membuahi lebih dari satu sel telur yang kemudian ditanamkan pada rahim si ibu. Dibiarkan berinkubasi sebelum dimasukkan lagi dalam rahim si ibu sebagai embrio. Metode IVF ini adalah cara memiliki bayi kembar yang lebih besar kesempatannya. 

Itu dia informasi mengenai program hamil kembar yang bisa dicoba bersama pasangan. Baiknya jaga kesehatan sejak awal agar bisa lebih siap melakukan program hamil. Gaya hidup sehat dan pola makan yang benar sangat menentukan keberhasilan dari program hamil yang akan Anda jalankan. Jangan lupa juga untuk selalu berkonsultasi pada dokter kandungan ya!