reproduksi wanita

Organ reproduksi  adalah salah satu organ yang penting untuk diperhatikan dan dirawat dengan baik. Terutama bagi wanita, kesehatan organ reproduksi berguna untuk proses kehamilan hingga melahirkan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa tidak sedikit wanita yang belum memahami betul mengenai organ reproduksi wanita. Padahal mengenal dan memahami cara merawatnya adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua wanita. Untuk lebih memahaminya, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Reproduksi Pada Wanita

Organ reproduksi erat kaitannya dengan proses reproduksi, dalam hal ini untuk mempersiapkan kehamilan hingga melahirkan. Organ reproduksi ini memiliki fungsinya masing-masing dan dimiliki oleh wanita sejak lahir, namun kemampuan reproduksinya baru akan dimulai setelah masa pubertas. Inilah berbagai bagian reproduksi pada wanita:

1. Organ Reproduksi Pada Wanita Bagian Luar

a. Labia

Labia adalah dua pasang lipatan kulit yang terletak di kedua sisi bukaan vagina. Lipatan yang berada di bagian luar dan akan ditutupi rambut kemaluan setelah memasuki masa pubertas disebut labia mayora, sementara lipatan yang tidak berambut disebut labia minora.

b. Mons Pubis

Berbentuk tonjolan lemak di atas labia yang ditutupi dengan rambut setelah masa pubertas, mengeluarkan zat feromon yang diduga berperan dalam proses terjadinya ketertarikan seksual.

c. Lubang Vagina

Bagian ini adalah pintu masuk ke vagina.

d. Lubang Uretra

Bagian ini merupakan lubang tempat keluarnya urine dari kandung kemih.

e. Klitoris

Klitoris berbentuk tonjolan kecil di bagian atas labia minora. Tonjolan ini sangat sensitif dan sumber utama kenikmatan seksual wanita.

f. Kelenjar Bartholin/Kelenjar Vestibular

Organ ini memiliki fungsi untuk menghasilkan lendir kental untuk melumasi vagina ketika berhubungan seksual. Letaknya di kedua sisi bukaan vagina.

2. Organ Reproduksi Pada Wanita Bagian Dalam

a. Vagina

Vagina merupakan salah satu organ yang berperan penting dalam proses persalinan, karena organ ini menjadi jalan keluar untuk melahirkan dan tempat masuknya penis selama berhubungan seksual.

b. Serviks/Leher Rahim

Serviks adalah pintu masuk antara vagina dan rahim yang berbentuk lorong sempit. Meskipun bentuknya sempit, dinding serviks sangat fleksibel sehingga dapat meregang dan membuka jalan lahir saat persalinan.

c. Rahim/Uterus

Rahim berbentuk seperti buah pir yang menjadi tempat bagi janin yang sedang berkembang.

d. Ovarium (Indung Telur)

Organ ini memiliki fungsi untuk menghasilkan sel telur dan memproduksi hormon seks utama (estrogen dan progesteron) yang dilepaskan ke dalam aliran darah.

e. Saluran Telur/Tuba Falopi

Sesuai dengan penamaannya, saluran ini adalah jalan bagi sel telur dari ovarium ke rahim dan tempat terjadinya pembuahan telur oleh sperma.

Cara Merawat Reproduksi Pada Wanita

Organ reproduksi pada wanita perlu dijaga kesehatannya agar tidak terjadi masalah pada saat melakukan program hamil. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat organ reproduksi pada wanita.

1. Menjaga Kebersihan Organ Intim

reproduksi wanita

Cara membersihkan organ intim dengan benar adalah dengan cara membasuhnya dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Agar tidak terjadi iritasi dan membunuh bakteri normal di vagina, sebaiknya tidak menggunakan sabun khusus kewanitaan yang mengandung alkohol, pewangi, atau antiseptik.

2. Mengonsumsi Makanan yang Bergizi

Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membuat tubuh berenergi dan nutrisi yang dikonsumsi juga dapat menunjang kesehatan organ reproduksi.

3. Kelola Stres dengan Baik

reproduksi wanita

Beban pikiran seringkali membuat stres, depresi, gangguan kecemasan, hingga gangguan kesuburan. Oleh karena itulah, penting untuk mengelola stres dengan baik agar organ reproduksi terjaga dengan baik.

4. Menjaga Berat Badan

Penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, karena berat badan yang berlebih dapat mengganggu ovulasi dan produksi hormon yang mengatur kesuburan wanita.

5. Hentikan Kebiasan Buruk

reproduksi wanita

Kebiasaan buruk yang tak sehat akan berdampak pada kesehatan tubuh, termasuk berpengaruh juga pada organ reproduksi. Maka dari itu, hentikan kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, sering begadang, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai reproduksi wanita. Mulai dari mengenal pengertiannya, organ-organnya, hingga bagaimana cara untuk merawatnya. Semoga informasi ini bermanfaat.