senam aerobic untuk program hamil

Apakah ada senam aerobic untuk program hamil yang bisa dilakukan sebagai usaha untuk mendapatkan keturunan. Bagi semua pasangan yang masih dalam usia subur memiliki momongan tentu saja menjadi sesuatu yang sangat diidamkan. Salah satu bentuk usaha yang bagus untuk mempercepat terjadinya kehamilan adalah olahraga senam aerobic.

Banyak manfaat yang bisa diambil dengan rutin melakukan senam aerobic dan membantu meningkatkan kesuburan wanita. Dengan meningkatnya kesuburan wanita maka kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan lebih besar. Senam aerobic bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk organ reproduksi.

Jenis-jenis Senam Aerobic

senam aerobic untuk program hamil

Selama ini kebanyakan masyarakat mungkin hanya mengenal senam aerobic adalah senam yang menggunakan irama atau musik dalam gerakannya. Padahal sebenarnya ada beberapa jenis senam aerobic. Menurut jenis musik yang mengiringinya dan alat-alat yang digunakan senam aerobic dibagi menjadi beberapa jenis berikut ini.

1. High Impact Aerobic

Senam ini dilakukan dengan memakai aliran gerakan yang keras sesuai namanya high impact.

2. Low Impact Aerobic

Jenis senam aerobic yang merupakan kebalikan dari high impact dimana gerakannya ringan.

3. Discorobic

Senam memadukan gerakan yang berat dan ringan.

4. Rockrobic

Merupakan senam aerobic yang memadukan gerakan aliran ringan dengan gerakan rock and roll.

5. Aerobic Sport

Yaitu senam aerobic dimana gerakannya merupakan perpaduan gerakan ringan dan ringan serta gerakan kelenturan.

6. Aerobic Dance

Sesuai namanya dance maka gerakan senam aerobic ini dipadukan dengan gerakan tarian. 

7. Aerobic dengan Alat

Senam aerobic yang dalam gerakannya menggunakan peralatan misalnya pita, kursi, tongkat, bangku, bola dan lainnya.

Senam Aerobic untuk Program Hamil

Senam aerobic adalah senam yang gerakannya dilakukan dengan mengikuti irama yang ada. Manfaat senam aerobic selain menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh juga sangat bagus untuk menambah kesuburan wanita. Bagaimanakah hubungan antara senam aerobic dan kesuburan?

1. Senam 30 Menit

senam aerobic untuk program hamil

Faktor yang menyebabkan seorang wanita sulit mendapatkan kehamilan salah satunya karena infertilitas. Menurut penelitian dengan melakukan senam secara teratur fungsi reproduksi akan meningkat. Studi  dari Obstetrics and Gynecology didapatkan kesimpulan bahwa wanita yang rutin melakukan senam minimal selama 30 menit kemungkinan terjadinya gangguan pada ovulasi bisa dikurangi. Hanya saja sebaiknya jangan memilih senam aerobic dengan gerakan yang keras (high impact).

2. 150 Menit per Minggu

Penelitian lainnya memberikan data bahwa wanita yang melakukan senam aerobic selama 150 menit dalam seminggu kesuburannya akan meningkat. Anda  bisa memilih jenis senam aerobic yang meningkatkan massa otot dan juga membakar lemak tubuh.

Abaikan pendapat yang mengatakan bahwa wanita dengan tubuh kekar itu tidak subur secara reproduksi. Justru sebaliknya wanita yang tubuhnya ideal dan tidak memiliki banyak lemak dalam tubuhnya lebih mudah untuk mendapatkan kehamilan.

3. Sesuaikan dengan Berat Badan

senam aerobic untuk program hamil

Jika berat badan Anda ideal atau normal bisa mempertahankan senam selama satu jam per hari. Begitupun jika siklus haid masih tidak teratur dalam waktu beberapa bulan sebaiknya kurangi intensitas senam yang dilakukan. 

4. Senam Aerobic Membantu Mengurangi Stres

Stres yang dirasakan oleh wanita membuat tingkat kesuburannya menjadi berkurang. Senam aerobic secara rutin membantu pikiran menjadi lebih tenang dan rileks sehingga stres bisa dikurangi. Dengan begitu maka tingkat kesuburan Anda bisa menjadi normal kembali.

Mengapa senam aerobic untuk program hamil disarankan untuk Anda yang sedang mendambakan momongan? Karena selain bisa bermanfaat menjaga kesehatan dan kebugaran, senam aerobic membantu meningkatkan ovulasi pada wanita sehingga mempermudah kehamilan.