singkong untuk ibu hamil

Singkong untuk ibu hamil memiliki manfaat yang tinggi dan mengandung banyak asupan nutrisi. Telah banyak industri makanan yang mengolah singkong dengan teknologi-teknologi modern yang menghasilkan berbagai macam olahan makanan, mulai dari keripik singkong, singkong keju, getuk singkong frozen, dan masih banyak olahan lainnya. Lalu, apa saja manfaat dari singkong yang bisa berguna untuk ibu hamil?

Manfaat Singkong untuk Ibu Hamil

Banyak manfaat baik singkong untuk para ibu hamil karena kekayaan akan asam folat di dalamnya. Inilah berbagai manfaat singkong tersebut: 

1. Membantu Pertumbuhan Janin

singkong untuk ibu hamil

Kandungan fosfor yang terkandung dalam singkong mampu mendorong pertumbuhan yang terjadi pada janin, yakni membantu pembentukan DNA, memperkuat fungsi otot dan syaraf, serta dapat memperkuat metabolisme juga pembentukan sel.

2. Kaya akan Asam Folat

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat dapat berpengaruh baik pada pertumbuhan janin. Senyawa yang ada dalam asam folat akan membantu janin dalam pembentukan saraf pusat sehingga mencegah terjadinya kecacatan pada saraf dan otak. Tidak hanya itu, kebaikan asam folat juga memacu proses pembentukan sel – sel. Jadi, asam folat ini merupakan nutrisi yang wajib dikonsumsi bagi sang ibu selama masa kehamilan sedang berlangsung.

3. Sumber Antioksidan yang Baik

Antioksidan merupakan senyawa yang memiliki peran dalam memperbaiki sel – sel yang rusak, melindungi tubuh dari efek radikal bebas, serta dapat mencegah penyakit jantung, serta mengurangi resiko kanker. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam singkong ini diperoleh dari vitamin A, C, dan beta karoten yang ada di dalamnya. 

4. Menambah Energi

singkong untuk ibu hamil

Dari berbagai macam umbi-umbian seperti kentang maupun ubi, singkong memiliki tingkat kalori yang paling tinggi, dimana setiap 100 gram singkong mengandung 112 kalori. Kalori yang masuk ke dalam tubuh manusia akan diubah melalui proses metabolisme yang nantinya akan menghasilkan energi. Energi yang didapatkan bisa digunakan untuk menunjang aktivitas sehari – hari dan mendukung kinerja berbagai macam fungsi organ tubuh.

5. Mencegah Kelahiran Bayi Prematur

Kandungan berupa zat besi dapat diperoleh ibu hamil dengan mengkonsumsi singkong. Zat besi merupakan salah satu aspek gizi yang penting dimana tugasnya adalah memaksimalkan fungsi organ. Ketika dalam kondisi hamil, seorang ibu harus memiliki fungsi organ yang baik agar memiliki kesehatan yang terjamin. 

Kekurangan zat besi dapat menimbulkan berkurangnya kadar sel darah merah yang ada dalam tubuh dan berakibat pada anemia. Minimnya kadar zat besi yang terkandung dalam tubuh sang ibu akan beresiko pada kelahiran bayi prematur dimana memiliki berat yang rendah dan tingginya resiko kematian.

6. Menjaga Kesehatan Mata Ibu Hamil

Kondisi kesehatan mata dipengaruhi oleh nutrisi yang dimakan serta pola hidup yang dilakukan. Mengkonsumsi umbi – umbian jenis singkong akan membantu menjaga kesehatan mata karena singkong kaya akan vitamin A. 

7. Memperkuat Tulang pada Janin dan Ibu Hamil

singkong untuk ibu hamilMasa mengandung adalah fase yang baik untuk pembentukan organ pada janin. Dengan  mengkonsumsi singkong yang kaya akan kalsium, akan mempengaruhi pertumbuhan dan kekuatan tulang pada janin. Kalsium yang dikonsumsi tubuh juga memiliki fungsi untuk membentuk enzim dan hormon dimana enzim dan hormon ini sangat berpengaruh pada fungsi dan kinerja tubuh.

8. Sumber Karbohidrat

Salah satu makanan yang mengandung sumber karbohidrat adalah singkong. Karbohidrat mengambil peran yang penting dalam pemenuhan nutrisi karena sebagai sumber energi utama dalam tubuh dimana energi tersebut digunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari – hari mulai dari aktivitas ringan hingga berat.

8 manfaat singkong untuk ibu hamil tersebut wajib diketahui dalam rangka menunjang asupan nutrisi selama mengandung. Sayangi bayi Anda dengan memberikan perhatian terbaik khususnya dengan menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang.