sistem reproduksi wanita

Pengertian sistem reproduksi wanita yang dilansir dari Encyclopedia Britannica (2015) adalah sistem organ pada tubuh manusia yang berfungsi untuk memproduksi atau menghasilkan keturunan. Wanita dan pria memiliki sistem reproduksi yang berbeda. Oleh sebab itu sistem kerja dan fungsinya juga berbeda. Untuk menghasilkan keturunan, wanita dan pria harus bekerja sama saat proses reproduksi yang akan menjadikan sel telur dan sel sperma bersatu. 

Saat itulah proses pembuahan terjadi. Janin terbentuk dalam rahim selama antara 36–40 minggu untuk melahirkan bayi. Sistem reproduksi pada wanita bekerja dengan sekelompok organ yang terlibat. Setiap organ reproduksi mempunyai fungsi tersendiri untuk mempersiapkan kehamilan hingga bayi dilahirkan. Organ reproduksi wanita ada di tubuh wanita sejak lahir, namun sistem reproduksi baru berfungsi setelah wanita pubertas. 

Proses reproduksi wanita meliputi siklus menstruasi, konsepsi, kehamilan, dan melahirkan. Berdasarkan letak organ reproduksi wanita terbagi menjadi dua, yakni organ bagian luar tubuh dan di luar tubuh. Artikel kali ini akan membahas tentang sistem reproduksi pada wanita. Untuk mengetahui lebih dalam tentang sistem reproduksi pada wanita, simak ulasan di bawah ini, ya!

Organ Reproduksi Wanita Bagian Dalam

Organ reproduksi wanita bagian dalam terletak dalam rongga panggul (pelvis). Organ-organ tersebut adalah sebagai berikut.

1. Vagina

sistem reproduksi wanita

Vagina adalah jalan keluar bayi saat seorang wanita melahirkan secara normal. Leher rahim (serviks) dengan bagian luar tubuh juga terhubung melalui organ ini. Selain itu, vagina juga merupakan tempat masuknya penis ketika wanita dan pria berhubungan seksual. Letak organ ini di antara bagian bawah rahim dan tubuh bagian luar wanita.

2. Leher Rahim (Serviks)

Leher rahim berupa lorong sempit sebagai pintu masuk antara vagina dan rahim. Dinding leher rahim bersifat fleksibel yang dapat meregang atau membuka jalan saat bayi lahir. Oleh sebab itu persalinan normal mampu dilakukan wanita.

3. Rahim (Uterus)

sistem reproduksi wanita

Rahim merupakan organ yang berfungsi sebagai rumah bagi janin yang sedang bertumbuh dan berkembang. Bentuk dari rahim seperti buah pir. Letak rahim ada di bagian tengah rongga panggul dan di belakang kandung kemih depan rektum.

4. Indung Telur (Ovarium)

Indung telur terletak di kedua sisi rahim berupa kelenjar kecil berbentuk oval. Fungsi organ ini adalah untuk memproduksi sel telur dan hormon seks utama berupa estrogen progesterone yang dilepaskan ke dalam aliran darah wanita.

5. Saluran telur (Tuba Fallopi)

Saluran telur (Tuba Fallopi) adalah saluran sempit sekitar 10-13 cm dengan diameter 1 cm yang melekat pada bagian atas rahim mengarah ke ovarium agar terhubung antara keduanya. Fungsi organ ini adalah sebagai jalan bagi telur dari ovarium ke rahim saat ovulasi. Selain itu, sel telur dan sperma juga bertemu di saluran ini saat proses pembuahan.

Organ Reproduksi Wanita Bagian Luar

Organ reproduksi wanita bagian luar dikelompokkan di dalam vulva yang terletak di luar vagina. Organ-organ tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bibir Vagina (Labia)

Bibir vagina atau labia terdiri dari dua bagian yaitu labia mayora dan labia minora. Labia mayora merupakan bibir vagina besar yang terletak di bagian luar. Berbentuk seperti pembungkus besar, organ ini berfungsi untuk melindungi organ reproduksi wanita bagian luar lainnya. Selain itu, terdapat kelenjar minyak dan keringat pada labia mayora. Setelah pubertas akan tumbuh rambut yang menutupi organ ini.

Labia minora atau bibir vagina kecil berukuran lebih kecil daripada labia mayora. Organ ini berfungsi sebagai pelindung vagina dan uretra (saluran pembawa urine keluar tubuh). Labia minora tidak tertutupi rambut seperti labia mayora.

2. Mons Pubis

Lemak yang menonjol di atas labia yang tertutup oleh rambut saat masa pubertas merupakan mons pubis. Organ ini diduga berperan dalam proses rangsangan seksual karena mengeluarkan zat feromon.

3. Lubang Vagina

Lubang vagina pintu masuk ke vagina.

4. Lubang Uretra

Tempat keluarnya urine dari kandung kemih adalah lubang uretra.

5. Klitoris

sistem reproduksi wanita

Klitoris terletak di bagian atas labia minora berupa tonjolan kecil. Organ ini sangat sensitif karena merupakan sumber utama kenikmatan seksual yang terjadi pada wanita.

6. Kelenjar Bartholin (Kelenjar Vestibular)

Letak kelenjar ini ada di kedua sisi bukaan vagina. Organ ini mempunyai fungsi untuk melumasi vagina saat berhubungan seksual dengan lendir kental yang dihasilkan.

Organ reproduksi wanita merupakan bagian penting dalam sistem reproduksi wanita untuk menghasilkan keturunan. Oleh sebab itu, merawat organ-organ tersebut merupakan sebuah keharusan. Tujuannya untuk mencegah diri sendiri dans pasangan dari penyakit berbahaya serta menghasilkan keturunan yang sehat.