stretch-mark-adalah

Stretch mark adalah salah satu permasalahan yang kini banyak dialami oleh wanita khususnya mereka yang sudah menjadi ibu. Walaupun tidak terlalu membahayakan, tetapi hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu penampilan wanita. Oleh sebab itu, agar penampilan tetap menarik di depan dan percaya diri, menghilangkan stretch mark yang muncul dan melakukan pencegahannya sangatlah penting.

Apa Itu Stretch Mark?

Stretch mark merupakan guratan yang sering muncul di kulit. Hal ini banyak sering dialami oleh orang yang kekurangan kandungan kolagen dalam kulit mereka. Tanda-tanda munculnya stretch mark yaitu dengan adanya garis-garis halus berwarna yang akan muncul pada permukaan kulit. Garis-garis tersebut akan sangat mengganggu karena warnanya berbeda dari warna pigmen kulit asli manusia.

Stretch mark juga bisa dikatakan sebagai tanda peregangan kulit. Biasanya, hal ini muncul pada bagian-bagian tubuh tertentu layaknya perut, dada, pinggang, bokong, dan paha. Sebenarnya kulit mempunyai daya elastisitas tersendiri sehingga tidak akan memiliki pengaruh saat kulit meregang. Namun, jika peregangan terjadi terlalu cepat dan elastis serta protein kurang, maka akan menimbulkan stretch mark tersebut.

Cara Mencegah Stretch Mark

Wanita harus tahu bahwasannya stretch mark bisa dicegah dengan cara mandiri dan hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Jangan menunggu muncul stretch mark terlebih dahulu lalu mengobatinya, tetapi lebih baik cegahlah kehadirannya sebelum hal tersebut muncul dan membuat penampilan tubuh tidak karuan.

1. Rutin Menggunakan Pelembab

stretch-mark-adalah

Cara pertama yang paling mudah dan sangat ampuh dalam mencegah stretch mark adalah dengan rutin menggunakan pelembab pada kulit tubuh. Dengan pelembab tersebut, kulit akan terpenuhi nutrisinya dan tidak akan mengalami kekeringan lagi sehingga akan jarang gatal dan memunculkan stretch mark. Pakailah pelembab secara rutin khususnya pada bagian-bagian yang memiliki tumpukan lemak berlebih seperti halnya perut, bokong, dan juga paha.

2. Tidak Terlalu Sering Menggaruk Kulit

Terlalu sering menggaruk kulit pada kondisi kulit yang kering dan kurang vitamin sesungguhnya juga akan memunculkan stretch mark. Oleh sebab itu, hal ini sebisa mungkin harus dihindari oleh manusia. 

Stretch mark tersebut muncul akibat garukan kulit yang tajam dan keras sehingga akan merusak lapisan kulit secara berangsur-angsur. Jika memang terasa gatal. Sebaiknya jangan langsung digaruk, tetapi berilah pelembab terlebih dahulu agar kondisi kulit semakin membaik dan tidak akan terkelupas ketika digaruk.

3. Mengonsumsi Buah dan Sayur

stretch-mark-adalah

Vitamin dan mineral yang terdapat dalam kandungan buah dan sayur akan sangat penting dalam menunjang kesehatan kulit manusia. Dalam makanan tersebut kaya akan vitamin C yang sangat baik dalam membantu pembentukan elastin dalam kulit sehingga kulit menjadi sehat, lembab, dan sangat kecil kemungkinannya untuk memunculkan stretch mark.

4. Mengatur Berat Badan Seimbang

stretch-mark-adalah

Cara pencegahan stretch mark yang terakhir adalah melakukan pengaturan berat badan agar tetap ideal. Seperti diketahui, ibu hamil biasanya akan lebih besar terkena risiko stretch mark karena berat badan mereka naik secara drastis. Jika berat badan naik, maka timbunan lemak pada bagian khusus seperti perut juga akan ikut naik dan membengkak. Hal ini tentunya akan memicu kemunculan stretch mark pada kulit.

Stretch mark adalah suatu hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Wanita harus melakukan pencegahannya sedini mungkin agar stretch mark tidak muncul dan akan mengganggu penampilan. Semoga informasi di dalam artikel ini bermanfaat dan semoga cara-cara pencegahan stretch mark tersebut dapat dijadikan sebagai referensi.