penyebab susah hamil meskipun haid lancar

Penyebab susah hamil padahal haid lancar bisa saja menjadi penghalang bagi Anda yang memiliki impian untuk memiliki anak setelah menikah. Pada umumnya, kehamilan sendiri berkaitan dengan siklus menstruasi yang lancar dan kesuburan.

Siklus menstruasi bisa dikatakan lancar apabila berlangsung antara 28–36 hari, sedangkan menstruasi itu sendiri umumnya terjadi selama 3–7 hari. Kesuburan itu sendiri memiliki peran yang juga penting baik itu dari sisi pria maupun wanita.

Apabila haid sudah lancar dan kesuburan dianggap sesuai, tapi kenapa masih susah untuk hamil? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Penyebab Susah Hamil Padahal Haid Lancar

Ada beberapa penyebab susah hamil padahal haid lancar, antara lain:

1. Terpaku Akan Waktu

Penyebab susah hamil padahal menstruasi lancar pertama adalah karena Anda terlalu terpaku akan waktu. Belum hamil dalam waktu tertentu belum tentu menandakan bahwa Anda memiliki kesuburan.

Untuk 80% pasangan baru, bisa berhasil mencapai kehamilan setelah mencoba setidaknya dalam kurun waktu 6 bulan. Sedangkan 90% pasangan baru berhasil mencapai kehamilan setelah 12 bulan mencoba. 

Baca juga: Berhubungan Pada Masa Nifas Apakah Bisa Hamil? Ini Penjelasannya!

2. Anovulasi

Apa itu anovulasi? Ini adalah istilah ketika wanita tidak mengalami ovulasi atau proses pelepasan sel telur yang telah matang dari rahim lalu menuju ke tuba falopi yang siap untuk dibuahi.

Anovulasi ini bisa saja menjadi penyebab Anda tidak kunjung hamil padahal haid lancar karena banyak wanita yang tidak menyadarinya dan menganggap sebagai menstruasi pada umumnya.

Siklus menstruasi yang normal akan memproduksi hormon progesteron yang dirangsang oleh pelepasan sel telur. Hormon ini berfungsi untuk menjadikan menstruasi yang teratur. 

Tetapi, saat anovulasi terjadi, produksi hormon progesteron tidak berproduksi dengan baik sehingga menyebabkan pendarahan hebat yang dianggap sebagai haid pada umumnya. 

3. Saluran Tuba yang Tersumbat

Saluran tuba yang tersumbat menyebabkan kesusahan hamil padahal haid lancar yang mungkin Anda alami. Saluran ini apabila tersumbat akan menyebabkan rasa sakit pada pinggul dan nyeri perut dan mirip ketika masa menstruasi sedang berlangsung.

Selain itu, jika saluran ini tersumbat, terkadang menyebabkan pendarahan yang hebat atau munculnya bercak saat haid sedang terjadi.

4. Tidak Memahami Siklus Menstruasi Sepenuhnya

Setiap wanita memiliki siklus menstruasinya sendiri meskipun pada umumnya siklus ini adalah 28 hari. Pemilihan waktu saat berhubungan intim bisa menjadi penentu kehamilan terutama di masa subur.

Salah satu penyebab tidak hamil padahal berhubungan di masa subur  adalah karena Anda hanya fokus di masa itu saja. Pada masa subur, memang sangat dianjurkan untuk mencapai kehamilan, tetapi berhubungan sebelum masa subur juga memberikan peluang untuk hamil. 

Baca juga: Penyebab Haid yang Berkepanjangan dan Cara Menghentikannya

5. Obesitas

Obesitas dianggap sebagai penyebab susah hamil padahal siklus haid selanjutnya lancar. Anda yang mengalami masalah ini, memiliki kemungkinan besar untuk mengalami anovulasi. 

Jadi, meskipun menstruasi terasa lancar, tetapi di saat Anda mengalami obesitas, bisa menjadi pengaruh dalam masalah kesuburan.

6. Gangguan Kesuburan pada Pria

Seperti sudah disinggung di atas, pria juga bisa menjadi penyebab Anda tidak kunjung hamil meskipun haid lancar. Infertilitas atau masalah kesuburan pada pria yang umum dialami adalah gangguan pada hormon dan kelainan pada organ reproduksi.

Pasangan Anda mungkin saja memiliki beberapa gangguan seperti di bawah ini.

  • Gangguan tiroid, pria yang kelebihan atau kekurangan hormon ini bisa mengalami masalah pada kesuburannya
  • Hiperprolaktinemia, adalah kondisi ketika kadar hormon prolaktin di dalam darah meningkat melebihi batas normal
  • Kelainan genetik, kelainan ini menyebabkan organ reproduksi pria tidak bisa bekerja dengan normal dan mengurangi hormon testosteron 
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, efek samping dari obat yang dikonsumsi bisa jadi penyebab gangguan kesuburan, seperti kortikosteroid, terapi pengganti hormon, antipsikotik, dan obat-obatan terlarang.

Baca juga: Gangguan Kesuburan pada Pria dan Wanita, Apa Saja Penyebabnya?

7. Tidak Rutin Berhubungan Intim

Berhubungan intim yang tidak rutin meskipun pasangan Anda mengeluarkan sperma di dalam menjadi salah menjadi salah satu penyebab Anda susah hamil meskipun haid lancar. 2-3 kali melakukan seks dalam seminggu dianggap sebagai jumlah yang pas agar bisa meningkatkan peluang untuk hamil.

Jadi, bisa saja penyebab Anda susah hamil padahal haid lancar dan kenapa sudah buang sperma di dalam tetapi tidak hamil berasal dari penyakit yang dialami, melainkan kurangnya porsi berhubungan dengan pasangan. 

Cara Mengatasi Sulit Hamil

Anda dan pasangan juga harus mengetahui bahwa ada beberapa cara untuk mengatasi kehamilan yang sulit datang seperti berikut.

  • Mengenali masa subur dan ovulasi
  • Teratur berhubungan intim di waktu yang tepat
  • Menerapkan pola hidup sehat
  • Menjaga berat badan ideal
  • Tidak sedang dalam program KB
  • Menjaga agar tidak stress berlebih

Baca juga: 6 Pilihan Olahraga Yang Baik Dilakukan Untuk Program Hamil Anda

Mengapa Tidak KB tetapi Susah Hamil?

Selain itu, jangan khawatir untuk Anda yang sudah tidak pada program KB tetapi masih susah hamil. Ini karena setelah berhenti KB, tubuh Anda butuh penyesuaian kembali karena KB bertujuan untuk menjarangkan kehamilan dengan cara mengekang hormon sehingga membuat sel telur tidak berovulasi.

Jadi, kesimpulannya adalah tidak hanya gangguan yang bisa saja Anda alami, tetapi frekuensi dalam berhubungan,  serta KB juga bisa menjadi halangan Anda untuk mencapai kehamilan.

Itulah beberapa penyebab sulit hamil padahal haid lancar dan solusinya. Selain memeriksakan ke dokter kandungan, tidak ada salahnya Anda untuk berdoa dan meminta kepada yang maha kuasa.