tanda janin sedang lapar

Tanda janin sedang lapar wajib diketahui para ibu yang memasuki usia kehamilan di trimester ketiga, pastinya sudah bisa merasakan gerakan janin dengan jelas di dalam kandungan. Dalam rangka memenuhi asupan gizi janin agar berkembang dengan baik di dalam kandungan, bunda harus mengetahui dengan baik tanda-tanda yang diberikan janin ketika mereka sedang merasa lapar dan membutuhkan asupan makanan dari ibunya.

Macam-Macam Tanda Janin Saat Sedang Lapar

Setiap janin akan memberikan tanda yang berbeda-beda kepada ibunya ketika mereka sedang merasa lapar. Oleh sebab itu, bunda harus peka dengan tanda-tanda tersebut agar tidak terlambat dalam memberikan asupan gizi kepada mereka. Apa sajakah tanda-tanda tersebut? Simak informasinya sebagai berikut.

1. Tendangan Janin Akan Berkurang

tanda janin sedang lapar

Tanda yang pertama yakni gerakan atau tendangan mereka di dalam kandungan akan semakin berkurang. Biasanya, janin yang sudah memasuki usia kehamilan 6-9 bulan akan sangat aktif bergerak dalam perut bunda. Akan tetapi, jika saja gerakan mereka lemah dan tidak seaktif biasanya, bisa jadi janin sedang stress dan memerlukan nutrisi dari bunda.

Bunda wajib menghitung frekuensi gerakan janin dalam sepuluh menit. Jika dalam satu hari frekuensi gerakan janin semakin berkurang, bunda perlu waspada dan sangat disarankan untuk makan dan memenuhi nutrisi makanan bayi. Jika mungkin hal ini terus berlanjut dalam 2 hari atau lebih, bunda sangat direkomendasikan untuk memeriksakannya ke dokter kandungan.

2. Detak Jantung Janin Semakin Melemah

tanda janin sedang lapar

Selain gerakan mereka yang berkurang, saat janin lapar di dalam kandungan detak jantung yang dihasilkan juga akan semakin melemah. Bunda dapat merasakan hal ini atau untuk lebih jelasnya dalam mengetahui kekuatan detak jantung tersebut, bunda bisa melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan. Hal ini sangat penting apakah janin hanya sedang lapar ataukah mereka mempunyai kelainan jantung.

Jika detak jantung tersebut masih dalam tahapan normal, maka bunda hanya perlu menambah nutrisi agar bayi sehat dan kuat sehingga siap untuk dilahirkan. Namun, jika ada masalah kelainan dalam detak jantungnya, dokter harus melakukan observasi dan dan penanganan lebih lanjut agar janin bisa lahir dengan sehat dan selamat.

3. Ibu Hamil Merasakan Kram

tanda janin sedang lapar

Sebagai ibu yang sedang mengandung, bunda harus sangat berhati-hati dalam segala keadaan dan salah satunya ketika perut sedang mengalami kram. Kram saat hamil tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele karena ini sangat berbahaya dan bisa menimbulkan janin terlahir lebih cepat sebelum waktunya. Padahal, janin tersebut belum siap dilahirkan dan hal ini sangat berbahaya baik bagi mereka maupun bagi ibu yang mengandungnya.

Namun, kram saat hamil juga bisa menjadi tanda bahwa janin sedang merasa lapar. Saat kram, bunda harus menambah nutrisi dan melakukan berbagai latihan. Namun, jika kram ini masih terus berlanjut, sebaiknya bunda memeriksakannya ke dokter kandungan agar penyebab dari kram yang dialami jelas dan bisa diatasi dengan secepat mungkin. Oleh sebab itu, jangan abaikan tanda dan gejala apapun yang terjadi saat kehamilan.

Sekarang bunda sudah paham mengenai macam-macam tanda janin sedang lapar, bukan? Selalu penuhi kebutuhan nutrisi mereka agar bisa terlahir dengan lancar dan sempurna. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan agar bunda mempunyai persiapan yang matang dan kekuatan yang lebih saat persalinan nanti.