tanda kehamilan trimester 1

Pada saat awal kehamilan, biasanya akan memunculkan tanda-tanda tersendiri pada tubuh wanita. Tanda kehamilan trimester 1 ini sangat penting untuk dikenali karena dapat menunjukkan apakah wanita tersebut sedang hamil atau tidak. Namun, tanda tersebut juga tidak menentukan 100 persen perempuan hamil karena yang bisa menentukan hamil atau tidaknya seorang wanita adalah tes alat kehamilan. Akan tetapi, jika memang sudah telat menstruasi dan mengalami salah satu tanda yang disebutkan, bisa jadi wanita tersebut mengalami kehamilan dan wajib periksa ke dokter.

Macam-Macam Tanda Kehamilan pada Trimester 1

Saat trimester 1 atau 3 bulan pertama kehamilan, biasanya tubuh wanita akan mengalami tanda-tanda tertentu yang tidak terjadi saat sebelum hamil. Hal ini sangat wajar terjadi karena pengaruh hormon dan juga pengaruh perilaku calon janin yang ada di dalam kandungan.

1. Pusing

tanda kehamilan trimester 1Hal pertama kali yang akan dirasakan oleh wanita hamil di masa-masa trimester 1 adalah rasa pusing. Hal ini merupakan pengaruh dari kondisi badan yang kurang baik serta adanya adaptasi dari hormon tubuh yang cenderung mengalami perubahan. Pusing tersebut biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa meminum obat-obatan kimia.

2. Mual

Rasa mual dari perut bagian atas juga akan dialami wanita pada saat awal masa kehamilan. Hal ini disebabkan karena janin yang ada di dalam perut mereka sudah mulai berkembang dan mual tersebut adalah respons dari perut yang sedang beradaptasi dengan perkambangan janin.

3. Muntah

Tidak hanya mual saja, tanda kehamilan pada trimester 1 yang juga akan dialami wanita yakni muntah. Hal ini biasanya terjadi ketika mereka sedang melahap makanan dan tubuh sedang menolak makanan tersebut untuk masuk sehingga mau tidak mau wanita harus memuntahkannya.

4. Berat Badan Naik

tanda kehamilan trimester 1

Tanda kehamilan yang satu ini hampir dialami oleh semua wanita. Sejak awal kehamilan, berat badan mereka akan naik secara perlahan-lahan. Ini terjadi karena mengikuti berat badan janin yang sedang bertumbuh dan juga mengikuti anggota tubuh lain yang juga ikut semakin membesar.

5. Pendarahan

Tiga bulan pertama saat hamil akan sangat rawan terjadi pendarahan bagi wanita yang mana pendarahan tersebut keluar dari rahim. Hal ini terjadi karena janin yang sedang dikandung belum kuat dan sangat mungkin terjadi keguguran melalui pendarahan tersebut. Biasanya, jika wanita terlalu capek atau sedang stress, pendarahan tersebut akan keluar. Kejadian ini harus sangat diwaspadai karena jika pendarahan terlalu sering, bisa menyebabkan keguguran.

6. Perubahan Payudara

Payudara wanita akan membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Payudara yang membesar tersebut bertujuan untuk mempersiapkan produksi air susu ibu yang mana saat bayi sudah lahir nanti, air susu tersebut sudah bisa keluar dan diminum oleh bayi. Oleh sebab itu, jangan panik ketika payudara Anda tiba-tiba membesar dan mengeras.

7. Sering Buang Air Kecil

tanda kehamilan trimester 1

Ibu hamil pada trimester 1 juga akan merasakan buang air kecil yang terlalu sering. Hasrat ingin selalu buang air kecil ini akan mereka rasakan pada perut bagian bawah. Tidak perlu khawatir, karena gangguan ini sangat normal karena hormon ibu hamil yang mempengaruhinya.

Nah, itulah beberapa tanda kehamilan trimester 1 yang harus dikenali oleh wanita pada saat hamil. Berbagai tanda tersebut tidak berbahaya selama sang ibu bisa menerapkan pola hidup sehat dengan baik agar kehamilan berjalan lancar dan terjaga. Tanda ini biasanya akan berakhir dengan sendirinya ketika kehamilan telah memasuki usia 4 bulan.