Tanda-Tanda Kehamilan

Untuk wanita yang sudah menikah, mempunyai momongan tentu menjadi hal yang dinantikan. Namun tidak jarang yang kurang paham dengan tanda-tanda kehamilan apalagi untuk wanita yang baru pertama kali hamil. Tanda kehamilan memang terkadang seperti orang masuk angin atau ada masalah dengan pencernaan. Sehingga, harus benar-benar teliti untuk bisa memahami berbagai tanda kehamilan tersebut. 

Tanda-Tanda Kehamilan Pada Wanita

tanda-tanda kehamilan

Inilah beberapa tanda yang bisa menjadi sinyal bahwa seorang wanita tengah hamil: 

1. Adanya Perubahan Pada Payudara

Hal pertama yang bisa dijadikan pertanda seorang wanita sedang hamil atau tidak adalah perubahan pada area payudara. Wanita hamil akan mengalami perubahan hormone dalam tubuhnya. Hal ini juga membuat payudara menjadi sedikit berubah.  

Pada masa awal kehamilan perubahan hormon bisa membuat payudara terasa lebih padat, sensitive, dan kencang. Puting payudara juga terlihat ada perubahan seperti jadi lebih menonjol dan warnanya jadi lebih gelap. Pembuluh darah di area payudara juga lebih terlihat jelas pada bagian permukaan kulit.

2. Sering Buang Air Kecil

Tanda-tanda kehamilan selanjutnya adalah saat wanita jadi lebih sering buang air kecil. Ini masuk pada awal kehamilan dan biasanya terjadi pada malam hari. Sedikit-sedikit tubuh jadi sering ingin buang air kecil karena ada perubahan hormonal yang menyebabkan jumlah cairan tubuh bertambah. Selain itu buang air kecil lebih sering dirasakan juga dikarenakan kantong kemih yang tertekan oleh rahim yang mulai membesar.

3. Mudah Lelah

Tubuh terasa cepat lelah juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan di fase awal. Hal ini akan terus dirasakan sampai trimester pertama berakhir. Tubuh yang cepat lelah dikarenakan ada peningkatan hormone progesterone dalam tubuh. Detak jantung di awal kehamilan juga jadi lebih meningkat diiringi dengan jumlah darah, itulah yang menyebabkan tubuh jadi terasa lelah.

Agar bisa mengatasinya maka perlu mengkonsumsi makanan kaya nutrisi dan istirahat harus cukup. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat karena bisa membahayakan janin dalam kandungan.

4. Mual dan Muntah

Tanda-tanda kehamilan yang umum ini biasanya mulai muncul jika usia kandungan sudah masuk 6 minggu atau bisa juga datang lebih awal dari itu. Nanti mual dan muntah akan hilang setelah usia kandungan sudah masuk 12 sampai 16 minggu. Untuk menghindari ini bisa dengan cara menjaga perut agar tidak kosong dengan cara makan berkali-kali dalam porsi sedikit. 

5. Sensitif Pada Bau

Orang yang sedang hamil juga banyak yang mengalami ini. Penciuman wanita hamil lebih sensitif dari biasanya. Saat mencium aroma tertentu biasanya akan merasa mual atau pusing. Bau yang tidak bisa dicium bisa beragam, ada yang sensitif pada bau parfum, aroma masakan tertentu, bau asap rokok juga bisa membuat orang hamil merasa tidak nyaman.

6. Nafsu Makan Menurun

Hormon yang berubah drastis di dalam tubuh wanita hamil bisa membuat nafsu makan berkurang bahkan hilang. Ini tidak bisa dibiarkan karena masa kehamilan justru mengharuskan ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Cobalah untuk mencari cara memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh misalnya dengan makan roti gandum, biskuit, buah, atau bisa juga mengkonsumsi susu khusus untuk ibu hamil secara rutin.

7. Sembelit

Pencernaan pada ibu hamil terjadi lebih lambat dari biasanya. Hal ini yang menyebabkan sembelit pada kebanyakan ibu hamil. Pencernaan yang melambat ini sendiri juga efek dari adanya perubahan hormon dalam tubuh. 

8. Mood Swing

Perubahan mood atau mood swing juga bisa menjadi tanda kehamilan selanjutnya. Orang hamil biasanya juga akan merasa mudah cepat marah dan sedih tanpa alasan. Perubahan mood yang tiba-tiba terjadi adalah salah satu efek dari perubahan hormone yang drastis dalam tubuh. sama halnya orang yang sedang pra menstruasi.

9. Bercak Darah dari Vagina

Tanda yang terakhir adalah adanya bercak darah dari vagina. Saat terjadi pembuahan pada sel telur biasanya juga muncul bercak darah warna merah seperti darah haid namun sangat sedikit dan hanya satu hari saja. 

Itu dia beberapa tanda kehamilan yang perlu diketahui. Pastikan untuk menjaga kehamilan terutama pada awal kehamilan. Konsumsi makanan kaya nutrisi agar bisa mencukupi kebutuhan janin dalam kandungan dan jangan lupa segera periksakan kehamilan ke dokter apabila beberapa tanda di atas sudah mulai dirasakan ya!