tanda-tanda kista

Banyak tanda-tanda kista yang wajib diketahui sejak dini. Kista itu sendiri merupakan suatu kantong yang di dalamnya berisi cairan dan terletak di ovarium ataupun pada permukaannya. Seperti yang diketahui bahwasanya wanita memiliki dua ovarium yang ada di kiri dan kanan rahim. Banyak wanita yang mengidap gangguan ini sehingga sangat takut dan khawatir karena takut tidak bisa hamil. Perlu ditekannya bahwasanya tidak semua kista itu berbahaya.

5 Tanda-Tanda Kista

Inilah beberapa hal yang bisa menjadi tanda-tanda kista:

1. Sering Buang Air Kecil

tanda-tanda kista

Tanda-tanda atau gejala kista yang biasa dialami ialah sering buang air kecil. Sering buang air kecil ini disebabkan karena ukuran kista sudah sangat besar sehingga mengganggu proses pengosongan kandung kemih. Selain itu, ukurannya yang besar mengakibatkan tekanan berlebihan pada kandung kemih. Ketika Anda mengidap kista juga akan merasakan sensasi seperti ingin buang air kecil terus menerus meski kandung kemih dalam kondisi belum penuh.

2. Nyeri Panggul

Tidak semua kista yang muncul memiliki ukuran besar. Ada juga kista yang berukuran kecil dan bisa mengecil dengan sendirinya tanpa harus dilakukan pengobatan. Jika kista sudah membesar maka Anda akan merasakan nyeri panggung ataupun perut kembung. Biasanya tanda-tanda kista ini dirasakan di perut bagian bawah.

Nyeri juga akan dirasakan pada bagian perut, seperti kram ketika mendekati waktu menstruasi. Rasa nyeri yang dirasakan bisa menjalar hingga di bagian bawah panggung dan juga paha. Nyeri yang dirasakan tidak bisa diabaikan karena jika frekuensi dan tingkat nyerinya sudah parah sebaiknya segera periksakan ke dokter.

3. Gangguan Pada Sistem Pencernaan

tanda-tanda kista

Ukuran kista yang sudah cukup besar seringkali akan mengganggu sistem pencernaan. Akibatnya Anda akan merasakan nyeri ketika buang air besar. Nyeri tersebut disebabkan oleh tekanan pada usus. Gangguan sistem pencernaan yang mungkin saja dialami adalah diare atau sembelit. Selain itu, Anda juga bisa merasakan sensasi kembung, perut terasa begah ataupun bengkak.

4. Siklus Haid Tidak Teratur

Tanda-tanda kista selanjutnya yaitu masalah hormon atau ketidakseimbangan hormon. Adanya perubahan pada hormon bisa menimbulkan gejala lainnya, seperti siklus haid yang tidak teratur. Selain itu, saat haid darah yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya. Gangguan pada hormon juga bisa memicu terjadinya perubahan pada proses pertumbuhan payudara dan juga rambut, terutama pada wanita yang sedang dalam masa pubertas.

5. Nyeri Saat Berhubungan Intim

tanda-tanda kista

Nyeri di bagian perut bawah yang dirasakan saat berhubungan intim merupakan tanda-tanda kista lainnya. Keluhan nyeri yang tidak nyaman juga bisa dirasakan setelah berhubungan intim. Kondisi ini tidak boleh dianggap remeh, jika merasakan sebaiknya segera dibawa ke dokter.

Selain tanda-tanda yang disebutkan diatas, tanda-tanda kista yang umum terjadi juga antara lain rasa mual dan muntah-muntah. Apabila tanda-tanda tersebut disertai lemas, demam dan napas cepat itu menandakan jika kista sudah membesar dan secepatnya membutuhkan tindakan dokter. Maka dari itu, jangan remehkan tanda-tanda yang disebutkan diatas jika tidak ingin menyesal.

Demikianlah informasi tentang tanda-tanda kista yang harus diwaspadai. Meski tidak semua kista berbahaya dan ukurannya ada yang kecil, bukan berarti keberadaannya diabaikan begitu saja. Jika Anda menderita gangguan ini dan ingin segera mengatasinya, bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai kista.