trimester adalah

Trimester adalah periode kehamilan. Pada tiap trimesternya, terjadi perkembangan janin. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perkembangan janin pada tiap trimester kehamilannya. Ada banyak istilah mengenai kehamilan yang seharusnya diketahui oleh para ibu hamil. Terlebih lagi pada kehamilan pertama. 

Hal yang sangat wajar jika ibu hamil belum sepenuhnya memahami mengenai kehamilan. Salah satunya mengenai periode kehamilan atau istilah yang familiar didengar adalah trimester kehamilan. Mengetahui trimester kehamilan adalah hal penting yang perlu diketahui oleh ibu hamil. Dengan ini ada banyak hal yang dapat membantu ibu hamil mengidentifikasi perkembangan janin dan dapat segera memeriksakan ke dokter apabila janin dalam kandungan tidak mengalami perkembangan sesuai dengan trimester kehamilan.

Pengertian Trimester Kehamilan

Trimester merupakan masa kehamilan yang berlangsung sekitar 40 minggu dengan artian sejak saat itu juga janin yang ada di dalam rahim akan berkembang. Trimester kehamilan ini dibagi menjadi tiga sesuai dengan usia kehamilan, yaitu:

  • Trimester kehamilan pertama: usia kehamilan 1-14 minggu.
  • Trimester kehamilan kedua: usia kehamilan 14-27 minggu.
  • Trimester kehamilan ketiga: usia kehamilan 27-40 minggu.

Berdasarkan panduan dari American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG), ada beberapa tahapan kelahiran bayi yang sesuai dengan usia kehamilan, yaitu:

  • Kelahiran prematur:  bayi lahir di usia kehamilan 20-37 minggu.
  • Kelahiran lebih awal: 37 minggu 0 hari  – 38 minggu 6 hari.
  • Kelahiran tepat waktu: 39 minggu 0 hari – 40 minggu 6 hari.
  • Kelahiran terlambat: 41 minggu 0 hari – 41 minggu 6 hari.
  • Kelahiran telat: 42 minggu 0 hari.

Perkembangan Trimester Pertama

trimester adalah

Pada tahap trimester pertama ini ibu akan mengalami perubahan tubuh karena untuk mempersiapkan tumbuh kembang janin. Hal yang dialami pada tahap ini antara lain badan cepat lelah, sakit perut seperti sembelit, mual dan muntah, suasana hati berubah, payudara nyeri dan bengkak, berat badan bertambah, sakit kepala dan mengidam.

Selain perubahan tubuh ibu, janin pun mulai berkembang pada saat itu. Perkembangan janin pada trimester pertama dimulai dari otak, sumsum tulang belakang, dan organ-organ vital lain termasuk jantung yang mulai berdetak.

Lengan dan kaki janin mulai terbentuk saat usia janin 2 hingga 8 minggu. Organ kelamin bayi akan terbentuk meski belum sempurna pada akhir trimester pertama. Pada tahap ini, idealnya berat bayi sekitar 28 gram dengan panjang 2,5 cm pada akhir trimester pertama.

Perkembangan Trimester Kedua

trimester adalah

Perubahan tubuh ibu pada trimester kedua ini ditandai dengan perut mulai membesar karena rahim berkembang, mudah pusing karena tekanan darah rendah, mulai merasakan gerakan janin, badan pegal-pegal, mulai muncul stretch mark pada perut, payudara, paha, atau bokong, badan gatal-gatal, pergelangan kaki atau tangan bengkak, dan mual berkurang.

Sementara perkembangan janin pada tahap ini hampir seluruh organ janin diharapkan sudah berkembang sempurna. Selain itu, pada trimester kedua juga sudah mulai tumbuh rambut-rambut kecil di tubuh janin yang biasa disebut lanugo.

Perkembangan Trimester Ketiga

trimester adalah

Trimester ketiga bisa dikatakan sebagai tahap menjelang hari-H persalinan. Pada tahap ini, perut ibu akan semakin membesar sehingga keluhan pegal-pegal dan susah tidur umum dirasakan. Selain itu, umumnya leher rahim ibu hamil juga akan meregang menjadi lebih tipis dan lebih lembut seiring dengan semakin dekat dengan tanggal kelahiran bayi yang bertujuan untuk membuka jalur keluar bayi selama proses persalinan.

Hal-hal yang dialami ibu hamil pada trimester ketiga antara lain mengalami kontraksi palsu, jadi lebih sering buang air kecil, merasa mulas, pergelangan kaki, jari atau wajah bengkak, mengalami wasir, payudara bengkak (kadang air susu bocor), dan sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Sementara itu, perkembangan janin sudah pada tahap tulang dan rangka badan janin sudah terbentuk sempurna. Janin juga sudah bisa membuka dan menutup mata, serta merasakan cahaya dari luar perut ibu.

Umumnya di usia kehamilan 37 minggu, semua organ tubuh janin sudah bisa berfungsi dengan baik secara mandiri. Idealnya, berat badan janin mencapai 3 kg atau lebih dan panjang badan janin mencapai 50 cm.

Demikianlah informasi mengenai trimester. Ternyata trimester adalah hal penting yang perlu diketahui oleh ibu hamil, karena dengan begitu ibu hamil dapat mengetahui perkembangan janin dan perubahan yang mungkin terjadi pada tubuhnya. Konsultasikan dengan dokter apabila terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan perkembangan janin pada tiap trimesternya.