usia menopause

Usia menopause pada setiap wanita berbeda-beda. Setiap wanita yang mengalami menstruasi, nantinya mereka pasti akan sampai pada fase menopause atau berhentinya siklus menstruasi yang mana sudah tidak akan terjadi ovulasi lagi di dalam rahim. Walaupun fase menopause cenderung akan dialami wanita pada usia 45 hingga 55 tahun, tetapi usia untuk menopause pada setiap wanita akan berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor seperti halnya makanan dan kondisi kesehatan tubuh.

Usia Berapa Sajakah Terjadi Menopause pada Wanita?

usia menopause

Wanita bisa dikatakan menopause ketika mereka tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan penuh. Mayoritas wanita akan mengalami menopause saat usia mereka diatas 45 tahun. Pada usia tersebut memang hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita sudah mulai berkurang sehingga menstruasi cenderung tidak lancar dan ovum pun sudah sulit untuk dibuahi. Rata-rata, wanita akan mengalami menopause saat usia 50 tahun. Dalam usia ini kondisi kesehatan wanita juga sudah mulai menurun sehingga mempengaruhi faktor terjadinya menstruasi.

Namun, saat ini juga banyak fenomena wanita yang berusia di bawah 40 tahun telah mengalami menopause dini atau menopause sebelum waktunya. Hal ini tentu saja tidak baik bagi wanita tersebut karena secara jelas kesehatan mereka akan terganggu dengan adanya menopause dini. Di samping itu, mereka juga tidak akan bisa lagi mempunyai keturunan walaupun usianya masih muda.

Menopause dini tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti halnya makanan, pengaruh kemoterapi, pernah mengalami operasi ovarium, dan juga faktor genetik. Jika karena pegaruh makanan atau gaya hidup, menopause dini ini masih bisa dicegah dengan melakukan berbagai cara pencegahan.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Hadapi Menopause

Agar tidak mengalami shock ketika terjadi menopause, wanita perlu menyiapkan beberapa hal karena saat terjadi menopause akan ada beberapa perubahan pada organ-organ reproduksi mereka? Lantas, apa saja persiapan yang harus dilakukan?

1. Mencari Informasi Tentang Gejala Menopause

usia menopause

Wanita yang sudah mendekati menopause memang harus paham betul tentang gejala-gejala menopause. Untuk mencari informasi ini, mereka bisa bertanya pada orang yang sudah mengalami menopause, membaca buku maupun artikel di internet, dan juga bisa bertanya langsung pada bidan atau dokter kandungan.Manfaat dari menggali informasi tentang menopause tersebut agar wanita paham betul apakah mereka sudah menopause atau belum. 

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Saat akan mengalami menopause, wanita akan mengalami berbagai macam gejala yang mana beberapa dari gejala tersebut sangat mengganggu kesehatan. Tentunya, jika dibiarkan terus-menerus, tubuh akan terasa sakit dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, menjaga pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, dan menghindari kebiasaan buruk sangat diperlukan.

3. Melakukan Relaksasi Diri

usia menopause

Ketika sudah memasuki fase paruh baya dan menjelang menopause, wanita sangat memerlukan kehidupan yang bahagia dan menenangkan agar mereka tidak mengalami emosi dan stress ketika siklus menstruasi telah berhenti nantinya. Oleh karena itu, melakukan relaksasi diri seperti pergi ke tempat spa, tempat perawatan salon, dan juga pergi liburan akan membuat mood mereka naik dan semakin bahagia.

Menopause bukan sesuatu hal yang harus diikuti dan bukan pula hal yang harus disenangi. Menopause akan datang dengan sendirinya, tetapi wanita juga akan merasakan efek dari menopause tersebut di kemudian hari dari segi kesehatan karena sudah tidak ada lagi darah kotor yang dikeluarkan. Oleh sebab itu, siapkanlah kesehatan dengan baik sebelum mengalami menopause.

Itulah penjelasan mengenai usia menopause yang wajib diketahui oleh para wanita. Semoga bermanfaat!