uterus adalah

Rahim atau uterus adalah salah satu organ kompleks dari sistem reproduksi wanita. Bentuk dari uterus seperti buah pir terbalik yang terletak di antara kandung kemih dan rektum. Sementara ukuran panjang uterus 7–7,5 cm dan lebar 5 cm dengan ketebalan sekitar 2,5 cm. Beratnya mencapai 60 gr dengan tebal dinding sekitar 1,25 cm.

Fungsi uterus secara umum adalah untuk menampung dan memberi makan sel telur yang telah dibuahi hingga menjadi janin dan siap untuk dilahirkan. Jadi, uterus berperan penting dalam siklus reproduksi, kesuburan, serta melahirkan.

Struktur Uterus atau Rahim

uterus adalah

Sebagian besar uterus terdiri dari otot-otot sebagai komponen penyusunnya yang dapat relaksasi dan kontraksi sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan janin. Secara spesifik, uterus terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut.

a. Fundus Uteri

Fundus uteri berbentuk seperti kubah merupakan bagian atas uterus. Pada bagian ini tuba fallopi akan masuk ke uterus selama masa kehamilan. selain itu, ukuran dari fundus uteri dapat membantu dalam memperkirakan usia kehamilan wanita.

b. Korpus Uteri

Korpus uteri bisa disebut sebagai badan uterus yang paling besar dan utama. Bentuk dari bagian ini menyempit di bagian bawah dan berlanjut sebagai serviks.

c. Serviks Uteri

Bagian ini biasanya hanya disebut serviks saja atau dalam bahasa Indonesia merupakan leher rahim. Serviks sebagai penghubung antara vagina dan rahim. Bagian ini juga terdiri dari dua bagian yaitu pars vaginalis dan supravaginalis.

c. Endometrium

Endometrium ialah lapisan selaput lendir yang tersusun dari jaringan epitel, kelenjar, dan juga banyak sekali pembuluh darah. Maka dari itu, bagian ini adalah bagian penting dalam proses menstruasi.

c. Myometrium

Myometrium merupakan lapisan otot yang terdiri dari kumpulan otot polos berbentuk sirkuler melingkar pada bagian dalam lapisannya, sementara pada bagian luar berbentuk longitudinal. Bagian ini memiliki lapisan dinding paling tebal.

d. Perimetrium

Biasa disebut juga dengan lapisan serosa merupakan lapisan terluar dari uterus.

Fungsi Uterus atau Rahim

uterus adalah

Uterus merupakan organ vital dalam sistem reproduksi wanita, berikut ini fungsi dari uterus yang harus anda ketahui.

  1. Tempat Tumbuh dan Berkembangnya Janin.
  2. Penahan Ovum yang Sudah Dibuahi.
  3. Saluran Gamet atau Spermatozoa.
  4. Pendorong Janin Keluar dan Plasenta.
  5. Pengendalian Pendarahan.
  6. Tempat Berlindung dan Pemberi Nutrisi Janin.
  7. Tempat Implantasi.

Ciri-Ciri Uterus atau Rahim yang Sehat

uterus adalah

Untuk mendukung sistem reproduksi wanita, salah satu organ vital yang harus dijaga kesehatannya adalah uterus. Jika uterus bermasalah, organ lain juga ikut terganggu. Berikut ini ciri-ciri uterus yang sehat.

  1. Siklus haid lancar dan normal.
  2. Keputihan yang dialami masih terbilang normal.
  3. Nyeri haid yang normal.

Jika Anda merasakan ciri-ciri sebaliknya seperti siklus lancar yang tidak tetap atau tidak normal, keputihan yang dialami tidak normal, bahkan nyeri haid yang dirasa sangat hebat, konsultasikan kepada dokter agar bisa deteksi dini apakah uterus mengalami gangguan atau tidak. Selain memeriksa ciri-ciri yang tersebut di atas, sebaiknya Anda juga menjaga kesehatan uterus.

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan uterus adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta lemon. Untuk minuman, Anda bisa mengonsumsi teh hijau atau susu. Namun, dengan catatan bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi secara berlebihan. Apabila Anda mengonsumsi secara berlebihan, itu akan berdampak bagi kesehatan tubuh lainnya juga. Jadi, konsumsi makanan sehat secukupnya.