vitamin b6 untuk ibu hamil

Vitamin B6 untuk ibu hamil sangat penting untuk menambah nutrisi ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Hamil adalah salah satu anugerah yang diberikan Tuhan kepada seorang wanita. Oleh karena itulah, sudah seharusnya bagi wanita yang sedang hamil untuk menjaga buah hati yang ada dalam rahimnya.

Salah satu cara menjaganya agar berkembang dengan baik adalah memenuhi asupan nutrisinya. Kebutuhan nutrisi ibu hamil pasti akan lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil, karena ibu hamil perlu memberikan nutrisi pula untuk janin yang dikandungnya. Asupan nutrisi yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil misalnya seperti mineral, vitamin, zat besi, dan lain sebagainya. Salah satu vitamin yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah vitamin B6.

Vitamin B6 termasuk jenis vitamin B kompleks yang memiliki peran sangat penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Fungsi vitamin B6 yaitu untuk mengolah protein menjadi asam amino serta mencerna karbohidrat dan lemak agar tubuh bisa memperoleh nutrisi dan energi. Peran vitamin B6 adalah menunjang produksi sel darah merah dan memelihara kesehatan otak dan saraf. Salah satu manfaat kesehatan ibu hamil adalah membantu pembentukan organ tubuh dan tumbuh kembang janin, mencegah anemia, hingga meningkatkan energi.

Sumber Asupan Vitamin B6

Ibu hamil memerlukan asupan vitamin B6 sekitar 1,8 -2 mg per hari. Namun pada kondisi tertentu seperti pada ibu hamil yang memiliki keluhan tertentu, misalnya sering mual atau berat badan kurang, maka asupan vitamin B6 pun mungkin perlu lebih tinggi. Sumber asupan vitamin B6 bisa diperoleh secara alami maupun melalui suplemen. Bagi ibu hamil yang ingin memenuhi kebutuhan vitamin B6 dengan cara alami, maka bisa mengonsumsi jenis makanan seperti biji-bijian (mis. biji bunga matahari), kacang-kacangan (mis. kacang tanah), ikan, daging, hati sapi, buah-buahan (mis. pisang), dan sayuran (mis. bayam).

Selain dengan cara alami, vitamin B6 juga bisa diperoleh melalui suplemen. Pada kondisi ibu hamil mengalami mual yang cukup parah atau sulit memenuhi asupan vitamin B6 dari makanan, maka biasanya suplemen vitamin B6 diresepkan oleh dokter. Namun, satu hal yang penting untuk diingat bahwa sebelum mengonsumsi suplemen vitamin B6, sebaiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar dokter dapat menentukan dosisnya.

Manfaat Vitamin B6 Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6, karena manfaat vitamin B6 untuk kesehatan ibu hamil sangatlah beragam. Selain bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, vitamin B6 juga berperan dalam perkembangan janin.

1. Meredakan Mual

vitamin b6 untuk ibu hamil

Manfaat vitamin B6 untuk kesehatan ibu hamil yang pertama adalah dapat meredakan mual akibat morning sickness. Meskipun, mual dan muntah adalah gejala umum dari kehamilan yang dialami oleh ibu hamil. Namun, bukan berarti hal ini tidak mengganggu aktivitas ibu hamil. Biasanya, keluhan mual dan muntah sering dirasakan saat trimester pertama, tetapi ada beberapa hamil yang juga mengalami morning sickness di tengah trimester kedua dan ketiga.

2. Mencegah Preeklampsia

Ibu hamil yang kekurangan vitamin dan mineral, seperti kalsium, zinc, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E berisiko mengalami preeklampsia. Maka dari itu, penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil, seperti dengan vitamin B6.

3. Menunjang Perkembangan Otak dan Saraf Janin

vitamin b6 untuk ibu hamil

Selain bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, vitamin ini juga bermanfaat menunjang perkembangan otak dan saraf janin. Asupan vitamin B6 yang cukup dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan dengan normal, juga menurunkan risiko mengalami gangguan tumbuh kembang.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Penyakit diabetes gestasional umum dialami oleh ibu hamil. Untuk mengontrol gula darah, ibu bisa mengonsumsi vitamin ini karena dapat menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

5. Mencegah Janin Lahir dengan Berat Badan Rendah

vitamin b6 untuk ibu hamil

Kelahiran bayi dengan berat badan kurang dari 2500 gram merupakan salah satu penyebab utama gangguan kesehatan dan kematian pada bayi baru lahir. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, salah satunya seperti vitamin B6.

Demikianlah informasi mengenai manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil. Ternyata vitamin B6 bisa diperoleh dengan cara alami maupun melalui suplemen. Keduanya baik, namun pilih yang sesuai atau cocok untuk ibu hamil.