vitamin k untuk ibu hamil

Memiliki beragam manfaat, vitamin K untuk ibu hamil dapat menjaga kesehatan ibu serta janin dalam kandungan. Meski vitamin K tidak sepopuler vitamin C, akan tetapi vitamin K termasuk salah satu zat gizi penting yang harus diperoleh tubuh. Kekurangan asupan vitamin K dapat menimbulkan risiko bagi ibu serta bayi, salah satunya kolestasis kehamilan.

Ibu hamil yang tidak mencukupi kebutuhan vitamin K dapat mengalami kolestasis kehamilan, yaitu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh berkurang atau berhentinya cairan empedu. Kondisi yang sebagian besar mempengaruhi wanita di trimester ketiga kehamilan ini dapat menunjukkan gejala seperti kelelahan, depresi, hilangnya nafsu makan, gatal-gatal, urin gelap, dan lain sebagainya. Oleh karena itu ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan vitamin K dengan mengkonsumsi 5 makanan sumber vitamin K berikut.

5 Makanan yang Mengandung Vitamin K

Secara umum, manfaat dari vitamin K adalah untuk meningkatkan pembekuan darah serta mencegah pendarahan berlebih. Kebutuhan vitamin K yang mencukupi juga dapat mengobati kondisi seperti kehilangan tulang yang diinduksi steroid dan osteoporosis. Total kebutuhan vitamin K yang harus diperoleh tubuh, baik hamil atau tidak, yaitu 90mg. Kelebihan vitamin K dapat menyebabkan darah menjadi terlalu tipis. Inilah 5 makanan sumber vitamin K yang baik dikonsumsi ibu hamil.

1. Sayur Bayam

vitamin k untuk ibu hamil

Saat hamil, wanita harus mengkonsumsi aneka jenis sayuran, salah satunya bayam. Sayuran berdaun hijau gelap ini mengandung vitamin K, vitamin A, vitamin C, serat, folat, zat besi, kalsium dan protein. Bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh ibu, mencegah sembelit, mencegah anemia, menunjang pertumbuhan tulang, gigi, saraf, jantung serta otot janin, menjaga kesehatan mata, dan mengurangi resiko cacat lahir pada bayi.

Cara mengolah sayur bayam yang tepat untuk ibu hamil adalah dengan menjadikannya sup atau dicampur dengan makanan lain seperti dadar telur bayam. Pastikan untuk tidak memakannya dalam keadaan mentah atau direbus berulang kali karena hal ini dapat menyebabkan racun bagi ibu dan janin.

2. Alpukat

Selain mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan janin, alpukat juga mengandung vitamin K tinggi. Buah hijau ini mengandung sumber kalori dan lemak sehat, sumber serat, serta berbagai vitamin seperti B5, B6, C, E dan K.

Konsumsi alpukat dalam keadaan sudah matang. Untuk mempercepat kematangan alpukat, simpan di suhu ruangan selama 4-5 hari, atau dengan memasukkan alpukat ke dalam kantong plastik. Cara mengolah alpukat yang benar untuk ibu hamil bisa dengan dimakan langsung, atau dengan dijadikan minuman jus tanpa tambahan pemanis berlebih.

3. Kiwi

vitamin k untuk ibu hamil

Buah hijau seperti kiwi juga mengandung vitamin K. Selain itu kiwi juga mengandung asam folat, vitamin C, serta gula alami. Sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, penyeimbang hormon, dan dapat mencegah sembelit.

4. Kacang Hijau

Kacang hijau aman dikonsumsi selama masa kehamilan karena mengandung vitamin K, asam folat dan zat besi. Bermanfaat untuk mencegah lahir prematur, membantu perkembangan otak bayi, serta mencegah cacat lahir pada bayi. Meski sangat baik untuk kehamilan, akan tetapi konsumsi kacang hijau harus dibarengi dengan makanan bergizi lainnya.

5. Sayur Kale

vitamin k untuk ibu hamil

Kaya akan vitamin K, sayur Kale juga harus masuk dalam daftar makanan saat hamil. Kale juga mengandung vitamin A, vitamin C, serat dan kalsium. Konsumsi kale setelah direbus, dikukus, atau dimasak. Hindari makan kale secara mentah karena dalam sayur mentah bisa jadi terdapat bakteri dan kuman yang dapat membahayakan kandungan. Itulah 5 makanan sumber vitamin K untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.