Morula IVF

Sering Buang Air Kecil Tanda Hamil? Intip Fakta Menariknya!

November 4, 2022

Sering Buang Air Kecil Tanda Hamil? Intip Fakta Menariknya!

Sering buang air kecil selalu identik dengan penyakit saluran kemih atau diabetes. Namun, tahukah Anda bahwa sering buang air kecil bisa saja menjadi tanda awal bahwa Anda hamil. Hanya saja tidak banyak yang menyadari hal tersebut. Apakah sering buang air kecil apakah tanda hamil? Jika sebelumnya intensitas kencing sebanyak 6-8 kali sehari, maka di awal kehamilan bisa menjadi lebih sering lagi. Yuk, simak informasi selengkapnya agar tidak penasaran!

Fakta Sering Buang Air Kecil

Kehamilan merupakan masa terindah bagi seorang wanita. Wajar bila upaya apapun dilakukan demi segera mendapatkan momongan. Uniknya, tanda awal kehamilan sering tidak disadari. Umumnya, calon ibu juga mengalami siklus haid yang terlewat, nyeri payudara, hingga kelelahan. Selain mual pada pagi hari hingga muntah, tidak semua wanita mengalami sering buang air kecil saat hamil muda. 

Lantas, mengapa ibu hamil sering pipis? Saat hamil, rahim otomatis akan membesar. Hal ini wajar karena memang rahim tempat janin berkembang. Rahim yang membesar ini kemudian akan menekan organ dibawahnya, yaitu kandung kemih. Oleh karena itu, Anda merasa hendak kencing terus menerus. Jadi, bila penasaran apakah sering kencing apakah tanda hamil, kemungkinan besar sering buang air kecil tanda hamil.

Sakit Saat Kencing 

Lalu, bagaimana dengan sakit saat buang air kecil apakah tanda kehamilan juga? Sakit atau nyeri saat kencing merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih. Adapun salah satu faktor yang meningkatkan risiko ISK adalah kehamilan.

Ini terjadi karena adanya perubahan hormon dan tekanan dari rahim  membuat Anda sulit mengeluarkan semua urine yang tertampung di kandung kemih. Kondisi inilah yang memicu bakteri berkembangbiak sehingga membuat kandung kemih terinfeksi dan penyakit kandung kemih (cystitis). Bahkan dalam kondisi terparah bisa menginfeksi ginjal. Jika dibiarkan, kemungkinan bayi Anda lahir prematur atau BBLR, ketuban pecah sebelum waktunya, dan terjadi preeklampsia.

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah sering buang air kecil tanda hamil atau haid? Sering merasa ingin buang air kecil sebelum masa haid termasuk proses normal yang dialami tubuh. Ini karena terjadinya proses penyesuaian tubuh kembali dengan hormon estrogen yang bekerja sehingga frekuensi kencing menjadi lebih sering. 

Sebelum haid, produksi estrogen mengalami peningkatan sehingga tubuh meresponnya dengan melakukan penyimpanan air dalam jumlah banyak yang nantinya akan berperan menjadi bantalan, menunjukkan bahwa bersiap untuk proses kehamilan. Penyimpanan air akan membuat berat badan menjadi bertambah menjelang menstruasi.

Setelah menstruasi, kerja hormon estrogen menurun. Saat inilah tubuh akan merespon dengan melepaskan kembali cairan  yang disimpan baik dalam bentuk keringat berlebih hingga seringnya buang air kecil. Jadi, selain merupakan tanda hamil, faktanya adalah sering buang air kecil juga bisa saja menjadi pertanda datangnya haid.

Pola Berkemih di Fase Kehamilan

Setelah mengetahui sering kencing apakah tanda hamil atau bukan, penting bagi para calon Ibu untuk mengetahui pola berkemih saat hamil. Dengan mengetahui sejak dini, diharapkan para ibu tidak merasa cemas atau bingung lagi.

Pada awal kehamilan, para calon ibu memang menjadi sering buang air kecil. Tanda awal kehamilan atau tanda-tanda orang hamil 3 hari hingga seminggu juga ditunjukkan dengan penurunan suhu tubuh ibu, meskipun sesaat kemudian mengalami kenaikan lagi. 

Lalu, sering pipis tanda hamil berapa minggu? Anda akan mengalaminya pada saat kehamilan memasuki usia 10-12 minggu. Fase ini merupakan trimester awal yang juga ditandai oleh perubahan hormon, kinerja ginjal, dan membesarnya rahim.

Memasuki trimester kedua, biasanya ibu hamil sudah mulai bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi pada kondisi rahim. Hal ini membuat frekuensi kencing tidak sesering saat masa-masa awal kehamilan.

Pada trimester ketiga, pertumbuhan janin tentu semakin besar dan mulai memasuki panggul sehingga menekan kandung kemih. Saat inilah ibu akan akan kembali sering pipis. Jadi, selain sering pipis adalah menjadi tanda awal hamil, juga menjadi penanda bahwa janin mulai memasuki ke panggul.

Mengingat jarak kehamilan bisa diprediksi 15 hari pasca melakukan hubungan seks, lanjutkan dengan pemeriksaan lebih intensif untuk mendapat kepastian terkait kehamilan. Ini akan menjadi awal yang baik jika kehamilan bisa terdeteksi sejak dini. Ingat juga bahwa sering buang air kecil bisa saja menjadi tanda awal Anda sedang hamil.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung