KB alami

Saat sepasang suami istri ingin menunda kehamilan, terdapat berbagai cara untuk menunda kehamilan sang istri yang biasa disebut dengan KB alami. Selain KB dengan cara medis, KB dapat dilakukan secara alami. Berikut ini 6 cara KB secara alami yang efektif untuk mencegah kehamilan.

Cara KB Alami yang Bisa Anda Lakukan 

1. Menghindari Berhubungan Seksual

KB alami

KB secara alami yang dapat berhasil 100% adalah abstinence atau tidak melakukan hubungan seksual. Baik dengan atau tanpa penetrasi. Untuk KB yang satu ini, harus sepakat antara Anda dan pasangan, ya.

2. Senggama Terputus

Senggama terputus ini dilakukan dengan cara menarik penis keluar dari vagina sebelum ejakulasi saat melakukan hubungan seksual. Secara umum metode ini dikenal dengan “keluar di luar”. Namun, risiko dari metode ini masih bisa kebobolan hamil sekitar 20% dari 100 kasus berdasarkan Office on Women’s Health. Hal itu disebabkan oleh cairan yang mengandung sperma tidak sengaja keluar sedikit saat pria berusaha mengeluarkan penis dari vagina sehingga sperma bisa berenang menuju rahim dan berhasil melakukan pembuahan.

3. Metode Fertility Awareness

KB alami

Fertility awareness secara umum biasa disebut dengan natural family planning. Metode ini dilakukan dengan cara mencatat siklus menstruasi Anda. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan ovulasi (saat indung telur melepaskan sel-sel telur untuk dibuahi) setiap bulan karena biasanya masa subur wanita terjadi menjelang ovulasi. Untuk menentukan pencatatan siklus menstruasi, Anda bisa melakukan dengan tiga cara sebagai berikut.

a. Cek Suhu Basal

Pertama, mengecek suhu basal tubuh Anda. Saat masa ovulasi, suhu basal tubuh Anda akan meningkat. Cek dan catatlah setiap hari.

b. Cek Lendir Serviks

Kedua, cek lendir serviks (leher rahim). Metode ini dilakukan dengan cara mengusap lendir dengan ibu jari dan telunjuk yang saling mengatup antara satu sama lain. Lalu, buka perlahan antara keduanya. Jika lendir molor atau melebar 2–5 cm disertai dengan warna putih bening seperti putih telur, maka tengah terjadi ovulasi. Hal itu pula dapat mengantar sel sperma lebih dalam mencapai sel telur untuk dibuahi sehingga sangat mudah untuk terjadi kehamilan alias waktu itu adalah waktu subur.

c. Metode Kalender

Ketiga, metode kalender. Anda dapet mencatat siklus menstruasi Anda dengan kalender. Anda setidaknya harus mencatat siklus menstruasi ini 6 bulan terakhir untuk mengetahui masa subur. Cara menghitung siklus menstruasi adalah dengan mencatat hari pertama menstruasi. Setelah itu hitunglah dari hari pertama siklus menstruasi bulan sebelumnya ke hari pertama siklus saat ini. 

Rentang dari siklus yang telah dihitung adalah jumlah satu siklus. Wanita normal memiliki siklus menstruasi kurang lebih 21 – 35 hari. Setelah Anda mencatat siklus menstruasi selama 6 bulan, carilah siklus terpendek Anda. Siklus terpendek Anda dikurangi dengan angka 18. Hasil dari pengurangan tersebut lah yang merupakan masa subur Anda.

Setelah Anda mengetahui masa subur Anda, jangan lakukan hubungan seksual selama itu untuk menghindari kehamilan. Jika Anda tidak bisa menahan gairah seks, pakailah pengaman seperti kondom saat Anda melakukan hubungan seksual.

4. Memberikan ASI Eksklusif Pada Bayi Anda

Bagi Anda yang melahirkan bayi sebelumnya dan tidak ingin kebobolan dengan cepat alias terjadi kehamilan lagi, Anda cukup memberi ASI eksklusif kepada bayi Anda saat ini. Hormon yang dibutuhkan untuk melancarkan ASI dapat mencegah pelepasan hormon ovulasi sehingga masa subur Anda tertunda. Dengan metode ini, Anda dapat berhubungan intim dengan pasangan tanpa takut hamil. Namun, metode ini hanya bisa bertahan selama 6 bulan saja.

5. Outercourse

KB alami

Outercourse adalah kegiatan seksual tanpa penetrasi. Beberapa contoh kegiatan seksual tersebut adalah berciuman, onani, masturbasi, pijatan mesra, seks toys, seks oral, dan lain-lain. Namun, Anda harus saling sepakat dengan pasangan dalam hal ini. Atau Anda dapat melakukan hal ini ketika masa subur saja yang berpeluang tinggi dalam proses pembuahan.

6. Ramuan Dan Obat Tradisional

Salah satu ramuan atau obat tradisional yang diyakini berkhasiat sebagai KB secara alami adalah kunyit. Kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit memiliki efek berupa penghambatan kesuburan, fungsi sperma, dan pembuahan. Hal itu dipublikasikan oleh jurnal Molecular Reproduction and Development.

Itulah beberapa cara kb alami yang efektif untuk mencegah kehamilan. Semoga bermanfaat!