manfaat buah durian untuk ibu hamil

Banyak manfaat buah durian untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Mitos yang melarang untuk makan buah durian karena bisa membahayakan kondisi janin yang ada dalam kandungannya tidak benar dan belum terbukti secara ilmiah. Jadi, aman atau tidak sih ibu hamil makan buah durian? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Kandungan Gizi Buah Durian

Buah durian adalah salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi. Namun banyak yang mengatakan buah ini tidak baik untuk ibu hamil. Diyakini kalau buah durian bisa memicu keguguran, perdarahan pada vagina, sampai cacat lahir pada janin. Apa benar seperti itu? Jangan mempercayai mitos yang beredar, sebaiknya mari pelajari kandungan yang ada di dalam buah durian.

Ada banyak kandungan nutrisi pada durian seperti lemak, gula, sulfur,serat, kalium, vitamin C, dan protein. Tak hanya itu saja masih banyak zat yang bermanfaat untuk tubuh yang ada di dalam buah durian ini antara lain, antioksidan, vitamin B, folat, magnesium, zat besi, zinc, dan kalsium. Semua itu baik untuk ibu hamil.

Efek Bumil Makan Buah Durian

Setelah melihat banyaknya kandungan nutrisi pada buah durian, itu artinya buah ini memberikan banyak manfaat yang baik pada ibu hamil. Dari segi studi ilmiah pun belum ada yang menyatakan kalau buah durian membahayakan ibu hamil dan janinnya. Justru manfaat buah durian untuk ibu hamil sangat banyak, antara lain:

1. Menjadi Sumber Energi Tambahan

manfaat buah durian untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil merasa lelah itu sudah pasti jadi tidak bisa beraktivitas dan melakukan pekerjaan seperti biasanya. Hal ini karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh ibu hamil. Untuk mengatasi ini buah durian yang memiliki kandungan karbohidrat, kalori, dan juga gula bisa membantu bumil untuk mendapatkan energi tambahan.

2. Memenuhi Kebutuhan Folat

Pada masa kehamilan asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil dan janinnya. Folat ini bisa membantu mengoptimalkan perkembangan janin terutama pada bagian otaknya. Hal ini bisa mencegah terjadinya cacat lahir pada janin. Tulang belakang janin juga bisa tumbuh dan berkembang lebih optimal. Sementara bagi ibu hamil, folat membantu untuk memproduksi sel darah merah sehingga bisa mencegah bumil terkena anemia.

3. Menjaga Kolesterol Tetap Normal

manfaat buah durian untuk ibu hamil

Banyak yang beranggapan kalau durian ini memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan menjadi pemicu kolesterol melonjak. Padahal kandungan lemak pada durian ini adalah lemak baik yang tidak akan memicu kolesterol tinggi melainkan mencegah peningkatan kolesterol.

4. Mengontrol Gula Darah

manfaat buah durian untuk ibu hamil

Buah dengan kulit duri ini termasuk buah dengan indeks glikemik yang rendah. Dimana artinya buah ini tidak mudah menaikkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan dalam buah durian ada serat, lemak baik, dan antioksidan yang tinggi. Hal ini bisa membantu bumil mencegah terjadinya diabetes gestasional yang biasa menyerang para ibu hamil.

Jadi, manfaat buah durian untuk ibu hamil sebetulnya baik. Asal saat mengkonsumsinya tidak berlebihan dan diimbangi dengan makanan sehat yang lain. Buah durian ini justru akan membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisi untuk diri sendiri dan janin yang di dalam kandungan. Jadilah orang yang cerdas, dalam artian tidak mudah mempercayai mitos yang beredar di masyarakat. Cari tahu dulu kebenarannya baru lakukan tindakan yang benar. Jaga kehamilan dengan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami seperti buah durian ini namun tentu dengan takaran yang tidak berlebih. Hindari stress dan cukup istirahat.