manfaat buah leci untuk ibu hamil

Manfaat buah leci untuk ibu hamil ada banyak. Akan tetapi bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan bahaya untuk ibu dan janin. Meski begitu konsumsi leci tidak dilarang, hanya saja harus dibatasi agar manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh. Leci mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh siapa saja, termasuk ibu hamil. Kandungan nutrisi leci diantaranya protein, mineral, karbohidrat, gula dan vitamin C.

Leci adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Satu buah leci dapat memenuhi sebanyak 9% kebutuhan vitamin C harian. Dan manfaat vitamin C itu sendiri adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Buah leci akan menimbulkan rasa panas apabila dikonsumsi terlalu berlebihan. Sehingga saat kehamilan, konsumsi leci harus dibatasi supaya mendapatkan beberapa manfaatnya.

5 Manfaat Buah Leci saat Masa Kehamilan

Leci memiliki buah berwarna merah di bagian kulitnya, dan memiliki daging berwarna putih transparan. Buah yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis ini memiliki manfaat apabila dikonsumsi dengan jumlah sewajarnya oleh ibu hamil. Berikut 5 manfaat mengkonsumsi leci saat masa kehamilan.

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

manfaat buah leci untuk ibu hamil

Buah leci mengandung vitamin C tinggi. Dari 100 gram leci, mengandung vitamin C sebanyak 71,5 mg. Manfaat dari vitamin C itu sendiri adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh, membantu penyerapan zat besi, antioksidan, merawat kesehatan, membantu produksi kolagen, serta mengatasi peradangan kulit.

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C yang cukup supaya tubuh tidak mudah sakit. Manfaat vitamin C dari buah leci bisa didapatkan dari memakannya secara langsung maupun dibuat jus. Pastikan jumlah leci yang dikonsumsi tidak berlebih supaya tubuh tidak mendapat kelebihan vitamin C.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Leci juga merupakan sumber kalium. Kalium dapat membantu keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga tekanan darah dapat dikontrol dengan baik. Oleh karena itu kalium menjadi salah satu kebutuhan nutrisi ibu hamil, yang mana bisa didapatkan dari konsumsi buah leci. Ibu hamil yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dianjurkan untuk konsumsi leci dengan jumlah yang cukup. Karena tekanan darah tinggi dapat sangat membahayakan saat menjelang persalinan.

3. Mengatasi Sembelit

manfaat buah leci untuk ibu hamil

Sembelit adalah masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil. Sembelit pada ibu hamil terjadi sebab beberapa faktor, salah satunya karena perubahan hormon serta pembesaran uterus. Sembelit bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat, seperti leci. Serat dalam leci membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit selama kehamilan. Jumlah konsumsi yang disarankan adalah setiap 2 hari sekali dengan jumlah cukup. Seimbangkan dengan konsumsi air putih dan sayuran.

4. Meredakan Mual dan Muntah

Mual dan muntah biasa dialami oleh ibu hamil. Umumnya morning sickness terjadi di trimester pertama kehamilan. Meski begitu, morning sickness bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, salah satunya yaitu buah leci. Rasa manis yang agak asam dari leci mampu meredakan mual dan muntah selama masa kehamilan. Kandungan vitamin B, B6 serta C dapat membantu mengurangi rasa ingin muntah. Meski begitu konsumsi leci harus sewajarnya saja terutama di awal kehamilan.

5. Mencegah Cacat Lahir  

manfaat buah leci untuk ibu hamil

Leci juga mengandung asam folat sebanyak 14 mcg setiap 100 gram. Folat berguna untuk pembentukan janin, sehingga kebutuhan folat yang cukup dapat mencegah bayi terlahir cacat. Walaupun manfaat buah leci untuk ibu hamil begitu banyak, akan tetapi jumlah yang dikonsumsi sebaiknya sewajarnya saja supaya tidak menjadi masalah kesehatan selama masa kehamilan.