apakah minum es dapat menghambat haid

Banyak dari wanita yang mempertanyakan apakah minum es dapat menghambat haid? Sebab, banyak masyarakat bahwa minum es dan haid memiliki korelasi.  Haid adalah siklus bulanan yang hanya terjadi pada wanita. Siklus tersebut terjadi secara alami ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. 

Darah haid keluar akibat dari dinding rahim yang luruh karena tidak terjadi proses pembuahan oleh sperma kepada sel telur. Nah, saat wanita mengalami haid, ternyata ada beberapa pantangan untuk menghindari gangguan haid. Lalu, apakah minum es termasuk dalam pantangan yang dapat menghambat haid? Simak penjelasan di bawah ini.

Apakah Minum Es Dapat Menghambat Haid?

apakah minum es dapat menghambat haid

Banyak di kalangan masyarakat yang menganggap bahwa minum es dapat menyebabkan darah haid beku sehingga menghambat siklus haid. Padahal lancar atau tidaknya siklus haid dipengaruhi oleh keseimbangan hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh wanita. Sementara keseimbangan hormon-hormon tersebut dipengaruhi oleh kesehatan wanita itu sendiri, baik dari segi fisik maupun psikologis. Jadi, anggapan bahwa minum es dapat menghambat haid merupakan mitos belaka.

Hingga saat ini belum ditemukan bukti ilmiah bahwa minum es dapat menghambat haid. Hal itu juga berlaku pada anggapan masyarakat bahwa minum es saat haid dapat menyebabkan rasa kram lebih berat. Padahal, kram yang terjadi mungkin disebabkan oleh respon tubuh yang sensitif terhadap minuman dingin dan hanya terjadi sebentar saat wanita sedang meminumnya. 

Oleh sebab itu, jika Anda sedang haid dan menghendaki minum air es atau olahan minuman yang mengandung es, minumlah tanpa rasa khawatir menghambat haid.  Pasalnya, tubuh manusia mempunyai mekanisme yang dapat mengatur suhu internal tubuh. 

Ketika seorang wanita sedang haid minum air es, suhu dingin minuman akan berubah seiring perjalanannya ke dalam lambung. Nah, di dalam lambung inilah suhu minuman akan diatur hingga sesuai untuk masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, minum air es tidak menghambat haid karena suhu air dingin telah disesuaikan saat masuk di dalam tubuh.

Pantangan Minuman Saat Haid

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa minum es tidak menghambat haid. Justru beberapa minuman dibawah ini yang harus dihindari saat haid karena berbagai efek yang dapat ditimbulkan. Apa saja minuman tersebut? Simak di bawah ini.

1. Alkohol

apakah minum es dapat menghambat haid

Minuman yang mengandung alkohol tidak baik dikonsumsi secara berlebihan, baik sebelum maupun saat haid. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa wanita yang meminum alkohol saat haid dapat mengalami nyeri haid lebih hebat dibanding dengan wanita yang tidak meminum alkohol. Sementara minum alkohol sebelum haid dipercaya dapat mempengaruhi jadwal haid sehingga tidak teratur.

2. Kopi

Meminum kopi secara berlebihan dapat memicu asam lambung karena kandungan kafein yang tinggi di dalamnya. Jika asam lambung meningkat saat haid, maka akan menyebabkan nyeri haid menjadi lebih hebat. 

3. Teh

apakah minum es dapat menghambat haid

Tahukah Anda bahwa teh mengandung zat tanin yang mempunyai efek negatif, yakni menghambat proses penyerapan zat besi dalam tubuh? Jika wanita yang sedang haid minum teh berlebihan, maka akan mengganggu produksi sel darah merah sehingga meningkatkan risiko penyakit anemia defisiensi besi.

4. Soda

Pantangan selanjutnya yakni meminum minuman yang mengandung soda. Kandungan kafein dan gula yang tinggi di dalamnya dapat memperparah gejala haid seperti nyeri haid. Jika Anda tidak mau gejala haid semakin parah, hindari minuman bersoda.

Jadi, apakah minum es dapat menghambat haid? Jawabannya adalah tidak. Hal itu disebabkan oleh mekanisme tubuh yang mengatur suhu makanan atau minuman sebelum benar-benar diserap oleh tubuh. Justru ada beberapa minuman yang menjadi pantangan wanita haid, yaitu alkohol, kopi, teh, dan soda.