bolehkah ibu hamil makan buah rambutan

Ibu hamil memang sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan. Namun, ada beberapa buah yang harus hati-hati sebelum mengkonsumsinya. Contohnya seperti buah rambutan. Sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan buah rambutan? Simak informasi lengkapnya disini. 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Rambutan? 

bolehkah ibu hamil makan buah rambutan

Sebelum membahasnya lebih jauh, kita perlu mengetahui apa saja kandungan buah rambutan. Seperti buah-buahan pada umumnya, buah rambutan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Buah rambutan mengandung vitamin B2, vitamin B3, serat, kalsium, fosfor, zat besi, zinc, dan natrium. Pada dasarnya buah rambutan memang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, maka kesimpulan yang didapatkan adalah buah rambutan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, akan sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengkonsumsi buah rambutan ini. Terutama seputar waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah rambutan dan berapa banyak ibu hamil boleh mengkonsumsi buah tersebut dalam sehari. 

Hal ini sangat penting untuk dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Sebab jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan dirinya dan bayi dalam kandungannya. 

Bahkan, beberapa ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes gestasional dan hipertensi, sebaiknya menghindari mengonsumsi buah rambutan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi rambutan bagi ibu hamil.

Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil

Sebelumnya telah disebutkan bahwa buah rambutan mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk ibu hamil. Maka, bolehkah ibu hamil makan buah rambutan jawabannya adalah boleh. Lalu, apa sajakah manfaat rambutan untuk ibu hamil? Berikut ini pembahasannya.

1. Memelihara Kesehatan Pencernaan Selama Hamil

bolehkah ibu hamil makan buah rambutan

Sama seperti buah-buahan pada umumnya yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan , buah rambutan pun bermanfaat yang demikian. Hal ini dikarenakan buah rambutan mengandung serat tidak larut dan larut air yang efektif untuk melancarkan proses pengeluaran tinja dari tubuh, sehingga mencegah sembelit selama hamil.

2. Mencegah Anemia saat Hamil

Perlu dipahami bahwa beberapa ibu hamil bisa saja mengalami anemia saat hamil. Untuk mencegahnya, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah rambutan karena mengandung zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia.

3. Meningkatkan Pembentukan Tulang Janin

bolehkah ibu hamil makan buah rambutan

Salah satu mineral yang terkandung dalam buah rambutan adalah kalsium. Kandungan kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang janin, sekaligus membantu pembentukan tulang janin.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mengandung zat besi, buah rambutan juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu penyerapan zat besi dari makanan.

Itulah pembahasan mengenai bolehkah ibu hamil makan buah rambutan? Maka jawabannya adalah boleh, dengan syarat atas izin dari dokter yang bersangkutan. Sebab ada beberapa penyakit yang tidak memperbolehkan pengidapnya untuk mengonsumsi rambutan. Maka dari itu, melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi rambutan bagi ibu hamil sangatlah penting.

Selain itu, ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi rambutan yaitu pilihlah buah rambutan yang sudah matang, bersihkan buah rambutan dari sisa kotoran yang masih menempel, kupas kulit rambutan menggunakan tangan atau pisau, dan pisahkan daging buah rambutan dari bijinya agar biji rambutan tidak tertelan. Dengan konsultasi ke dokter dan bijak dalam konsumsinya, maka rambutan tetap bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.