bolehkah ibu hamil makan usus ayam

Banyak ibu hamil bertanya tanya bolehkah ibu hamil makan usus ayam? Hal ini cukup bisa dimengerti karena usus ayam memang merupakan bagian dari jeroan ayam.  Usus berfungsi secara enzimatis sebagai tempat terjadinya pencernaan makanan. Selain itu, peran penting usus adalah ketika proses penyerapan zat-zat makanan. Lantas, apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi usus? Sementara jeroan terkenal dengan penyumbang kolesterol yang tinggi? Simak penjelasannya di bawah ini.

Informasi Gizi dan Manfaat Usus Ayam

bolehkah ibu hamil makan usus ayam

Sebelum mengetahui apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi usus ayam atau tidak, perhatikan kandungan gizi di dalam 100 gram usus ayam berikut ini.

  • Energi sebanyak 393 kj dan 94 kkal
  • Lemak jenuh sebanyak 0,52 gr
  • Lemak Trans sebanyak 0,06 gr
  • Lemak Jenuh Ganda sebanyak 0,357 gr
  • Lemak Jenuh Tunggal sebanyak 0,512 gr
  • Kolesterol sebanyak 240 mg
  • Protein sebanyak 17,66 gr
  • Sodium sebanyak 69 mg
  • Kalium sebanyak 237 mg

Itulah kandungan yang ada dalam usus ayam. Dari kandungan tersebut, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari usus ayam, antara lain sebagai berikut.

1. Mengandung Protein

Protein merupakan kandungan penting yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi dan membantu dalam pembentukan sel-sel baru untuk mengganti sel yang rusak. Selain itu, jumlah protein dalam usus lebih tinggi dibanding sebutir telur. Sehingga usus ayam juga bisa dikonsumsi untuk mensuplai protein untuk tubuh.

2. Rendah Kalori

Kalori terendah dalam jeroan ada pada usus ayam dibanding yang lain seperti hati dan ampela. Selain rendah kalori, usus ayam juga mengandung beberapa zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, dan vitamin B. 

3. Mencegah Penyakit

Kandungan zat besi yang terkandung dalam usus ayam bermanfaat untuk mencegah anemia. Selain itu, kandungan lain yang terdapat dalam usus ayam dipercaya dapat mencegah beberapa penyakit seperti bawasir, beser kemih, dan beser. 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Usus Ayam? 

Melihat kandungan nutrisi dan manfaatnya, memang ibu hamil boleh makan usus ayam. Namun, meskipun enak dikonsumsi dan terdapat beberapa manfaat, nyatanya ada bahaya yang mengintai jika usus ayam dikonsumsi berlebihan. Apa saja bahayanya? Berikut ini penjelasannya.

1. Asam Urat

bolehkah ibu hamil makan usus ayam

Usus ayam memiliki kandungan purin. Purin yang terdapat pada usus ayam ketika dikonsumsi akan dipecah menjadi asam urat. Oleh sebab itu, jika Anda sering mengonsumsi makanan yang mengandung purin, maka risiko terkena asam urat lebih besar.

2. Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat menyerang apabila Anda mengkonsumsi usus ayam terlalu banyak. Jika Anda sering mengkonsumsi usus ayam, maka kolesterol dalam tubuh Anda semakin menumpuk di pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah mengalami penyempitan yang nantinya akan memperlambat transportasi oksigen di dalam tubuh sehingga memicu penyakit jantung koroner.

3. Diare

bolehkah ibu hamil makan usus ayam

Tahukah Anda bahwa usus merupakan saluran pencernaan yang didalamnya terdapat kotoran ayam? Pasalnya, di dalam kotoran ayam terdapat banyak sekali bakteri jenis e-coli yang menyebabkan seseorang diare. Oleh sebab itu, ibu hamil yang hendak mengkonsumsi usus ayam harus mencuci hingga bersih sehingga terhindar dari diare.

4. Infeksi Parasit

Infeksi parasit dapat terjadi apabila di dalam hewan tersebut terdapat bermacam-macam parasit. Parasit yang terdapat dalam tubuh hewan seperti ayam bisa disebabkan oleh makanan ayam atau yang lainnya. Oleh sebab itu, makan usus ayam yang merupakan saluran pencernaan ayam dapat menyebabkan infeksi parasit.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan usus ayam? Jawabannya adalah diperbolehkan karena terdapat kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, tidak baik jika dikonsumsi berlebihan karena hal itu dapat memicu berbagai penyakit dan infeksi. Jika hendak mengkonsumsi usus ayam, cucilah terlebih dahulu hingga higienis dan tidak ada kotoran ayam yang tersisa. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter kandungan sebelum konsumsi usus ayam supaya bisa mendapatkan nasehat medis yang lebih tepat sesuai kandungan Anda.