Morula IVF

Inilah 5 Ciri-ciri Bayi Sehat yang Perlu Anda Ketahui!

December 6, 2022

Inilah 5 Ciri-ciri Bayi Sehat yang Perlu Anda Ketahui!

Memiliki buah hati yang tumbuh dengan baik merupakan impian dari semua pasangan. Mungkin Anda menganggap bahwa ciri-ciri bayi yang sehat adalah kenaikan berat badan saja, namun ternyata masih ada tanda-tanda bayi sehat yang lain lho! Apa saja ciri-ciri lain yang menandakan buah hati Anda sehat? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Tanda-tanda Bayi Sehat

Berikut merupakan tanda-tanda penting yang bisa membantu Anda memastikan bahwa buah hati sehat dan baik-baik saja, yaitu sebagai berikut:

1. Tinggi dan Berat Badan Bayi Bertambah

Tinggi dan Berat Badan Bayi Bertambah

Tanda yang pertama dari bayi yang sehat adalah tinggi dan berat badan bayi bertambah sesuai dengan bertambahnya usia. Pada umumnya, bayi akan bertambah dua kali lipat bertanya dalam waktu lima bulan pertama dan hampir mencapai tiga kali lipat pada ketika bayi menginjak usia 1 tahun. Oleh karena itu, Anda perlu menimbang berat badan bayi secara rutin untuk melihat perkembangan buah hati Anda. 

2. Frekuensi Menyusui ASI

Frekuensi Menyusui ASI

Untuk bayi yang diberi ASI eksklusif, asupan susu yang dibutuhkan bayi dapat meningkat dengan cepat selama beberapa minggu pertama. Jumlah asupan yang dibutuhkan bayi ini juga akan berubah seiring dengan usia yang bertambah. 

Berikut adalah jumlah asupan yang dibutuhkan buah hati Anda, yaitu sebagai berikut:

  • Pada minggu pertama, bayi dapat mengonsumsi tidak lebih dari 1 sampai 2 ons (30-60 ml) saat menyusui. Hal ini dikarenakan ukuran perut bayi yang masih kecil. 
  • Setelah usia 4 sampai 5 minggu, jumlah ASI yang diperlukan bayi adalah sekitar 90-120 ml. 
  • Saat bayi sudah mencapai usia 6 bulan, inilah waktunya Anda untuk memperkenalkan makanan pendamping ASI, yang dapat berpengaruh pada berkurangnya asupan ASI secara bertahap. 

3. Ganti Lebih Dari 3-4 Popok Sehari

Ganti Lebih Dari 3-4 Popok Sehari

Jika bayi Anda dalam sehari bisa ganti lebih dari 3 sampai 4 popok sehari, itulah ciri-ciri perkembangan bayi yang baik. Ini merupakan bukti bahwa bayi Anda mendapatkan ASI yang cukup. Apabila buah hati Anda berganti popok tidak sampai 4 kali, Anda perlu waspada karena hal ini merupakan tanda bahwa bayi Anda dehidrasi. 

4. Bayi Senyum dan Berinteraksi

Bayi Senyum dan Berinteraksi

Tanda bayi sehat yang berikutnya adalah seringnya bayi tersenyum dan berinteraksi dengan orang-orang sekelilingnya. Melansir Parents, senyum pertama dari bayi akan muncul antara satu setengah sampai dengan 3 bulan kehidupan pertamanya. Ketika bayi mendapatkan lebih banyak kesenangan dari melihat reaksi orang, ia akan mulai untuk menambahkan suara. Ketika buah hati Anda sudah berusia 5 bulan, ia mungkin akan bisa tertawa sekaligus menjerit bahagia. 

5. Bayi Tidur Nyenyak 

ciri ciri bayi sehat

Ciri-ciri bayi sehat yang terakhir adalah ketika bayi Anda sudah mulai untuk tidur nyenyak dan telah memiliki pola tidur yang semakin teratur. Inilah tanda bahwa sistem saraf mereka sudah semakin matang. Adapun bayi baru lahir bisa tidur hingga 18 jam dalam satu hari, dan wajar apabila ia sering terbangun pada malam hari untuk minum ASI. Seiring dengan usia bayi, maka mereka akan lebih aktif pada siang hari dan tidur lebih nyenyak pada malam hari. 

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai 5 ciri-ciri bayi sehat yang perlu Anda ketahui. Selain memperhatikan asupan gizi pada bayi, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan tumbuh kembang anak secara rutin untuk memastikan buah hati Anda sehat sesuai dengan tahapan usianya. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung