Morula IVF

Inilah Ciri-ciri Sperma Sehat Untuk Mempercepat Kehamilan!

November 30, 2022

Inilah Ciri-ciri Sperma Sehat Untuk Mempercepat Kehamilan!

Untuk mendapatkan keturunan, pastinya setiap pasangan perlu untuk berusaha secara maksimal. Salah satunya adalah program hamil untuk meningkatkan peluang mendapatkan buah hati. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah kualitas sperma yang prima agar dapat membuahi sel telur. Apa saja ciri-ciri sperma yang sehat? Yuk simak ulasan berikut ini!

Ciri-ciri Sperma Sehat

Di bawah ini merupakan ciri-ciri sperma sehat, yaitu sebagai berikut:

1. Kuantitas Sperma

Ciri-ciri dari sperma sehat yaitu jika kuantitas sperma berjumlah 15 juta ataupun lebih untuk setiap 15 mL air mani. Semakin banyak jumlahnya, maka peluang untuk membuahi sel telur lebih tinggi. Kuantitas sperma di bawah 15 juta per mL dapat dikatakan sedikit, atau oligospermia

2. Pergerakan Sperma

Selanjutnya adalah pergerakan sperma yang baik, atau yang biasa disebut dengan motilitas. Melansir Healthline, motilitas sperma dapat didefinisikan sebagai sperma dengan pergerakan  25 mm per detik. Apabila seorang pria mempunyai mobilitas sperma yang buruk, bisa dikatakan ia mengalami asthenospermia atau asthenozoospermia

Terdapat berbagai jenis masalah motilitas sperma, antara lain:

  • Motilitas sperma yang lambat
  • Motilitas non-progresif, yaitu pergerakan kurang dari 5 mikrometer per detik
  • Tidak ada mobilitas

3. Morfologi Sperma

Ciri-ciri berikutnya adalah apabila sperma memiliki bentuk yang baik. Melansir Mayo Clinic, sperma normal memiliki kepala oval dan ekor panjang. Sperma yang abnormal memiliki cacat kepala yang besar dan ekor yang bengkok. Pada umumnya hanya 4% sampai dengan 10% dalam sampel air mani yang normal, sisanya tidak terlihat secara sempurna di bawah mikroskop. 

Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sperma

Tentunya Anda dan pasangan menginginkan sperma berkualitas untuk cepat mendapatkan buah hati. Nah, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, yaitu sebagai berikut:

1. Pertahankan Berat Badan

Untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas sperma yang baik, tentunya Anda perlu untuk mempertahankan berat badan yang ideal. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat dan melakukan olahraga secara rutin. Selain itu, perhatikan asupan makanan Anda dengan memenuhi nutrisi gizi yang lengkap setiap hari. 

2. Cegah Infeksi Menular Seksual (IMS)

Selanjutnya adalah mencegah infeksi menular seksual (IMS). Seperti yang telah kita ketahui, infeksi dapat menular baik vaginal maupun oral. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya melakukan hubungan intim dengan pasangan sah saja dan melakukan vaksinasi agar tertular dari infeksi ini.

3. Lakukan Aktivitas Fisik

Selain untuk kebugaran tubuh, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma. Melansir Web Md, olahraga dapat menambah jumlah sperma pria sehingga dapat meningkatkan peluang pembuahan. Oleh karena itu, pastikan Anda meluangkan 1 jam sehari untuk melakukan aktivitas fisik. 

4. Berhenti Merokok

Untuk Anda yang ingin memiliki buah hati dengan segera, pastikan Anda berhenti untuk merokok dari sekarang. Sebab, rokok dapat mengurangi jumlah sperma, menurunkan motilitas sperma, dan mengakibatkan sperma tidak sehat. Rokok juga dikaitkan dengan penurunan keberhasilan bayi tabung. 

Vitamin Agar Sperma Sehat

Di bawah ini adalah beberapa vitamin untuk sperma agar sehat, yaitu sebagai berikut:

1. Vitamin E

Cara untuk membuat sperma sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin. Salah satunya adalah mengonsumsi vitamin E, yang membantu melindungi membran sel sperma dari kerusakan. Selain itu, vitamin E berfungsi untuk meningkatkan motilitas sperma. Pastikan Anda konsumsi makanan kaya vitamin E seperti brokoli, alpukat, almond, dan lain-lain. 

2. Vitamin C

Selanjutnya adalah vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan jumlah, motilitas dan morfologi sperma. Melansir Healthline, terdapat sebuah penelitian pada pria tidak subur yang mengonsumsi suplemen vitamin C 1.000 mg dua kali sehari selama 2 bulan. Hasilnya, motilitas sperma meningkat sebesar 92% dan jumlah sperma lebih dari 100%. 

3. Vitamin D

Vitamin untuk sperma sehat yang berikutnya adalah vitamin D. Inilah vitamin yang berfungsi untuk membantu tubuh menyerap dan mempertahankan kalsium dan fosfor. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengurangi sel kanker dalam tubuh. Beberapa makanan kaya vitamin D antara lain telur, ikan salmon, jamur dan keju. 

4. Vitamin Zinc

Melansir Web Md, penelitian menemukan bahwa pria memiliki masalah dengan kesuburan yang mengonsumsi vitamin zinc sebanyak 66 mg sehari selama 26 minggu mengalami peningkatan 74% dalam jumlah total sperma. Makanan untuk sperma yang sehat bisa Anda dapatkan melalui daging, kerang, susu dan gandum utuh. 

5. Asam Folat

Mungkin Anda mengira bahwa asam folat dibutuhkan hanya untuk wanita hamil. Namun, ternyata asam folat ini juga dapat bermanfaat untuk kualitas sperma, lho!. Tidak hanya untuk fertilitas, asam folat dibutuhkan tubuh untuk mencegah kanker dan anemia. Pastikan Anda memenuhi asupan asam folat Anda dengan mengkonsumsi sayuran hijau, buah-buahan seperti jeruk, lemon dan kacang-kacangan. 

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai ciri-ciri sperma sehat untuk mempercepat kehamilan. Selain memperhatikan asupan gizi, Anda juga perlu untuk memiliki gaya hidup sehat agar sperma bagus untuk pembuahan. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung