Morula IVF

Waspadai Efek Samping Vasektomi pada Pria Berikut Ini

November 30, 2022

Waspadai Efek Samping Vasektomi pada Pria Berikut Ini

Sudah tahukah Anda jika kontrasepsi juga bisa dilakukan pada pria? Dalam istilah medis, kontrasepsi pada pria disebut dengan vasektomi. Ini merupakan tindakan kontrasepsi versi pria yang bersifat permanen dan efektif mencegah kehamilan hingga 99%. Lalu adakah efek samping vasektomi pada pria?

Kontrasepsi merupakan salah satu cara untuk mencegah kehamilan. Selain dengan melakukan KB pada wanita, saat ini pria juga bisa melakukan kontrasepsi untuk mencegah terjadinya kehamilan. Dengan cara seperti ini, wanita tidak perlu melakukan KB karena peran kontrasepsi diambil alih oleh pria.

Meski dikenal sangat efektif untuk mencegah kehamilan, akan tetapi Anda perlu tahu bahwa vasektomi memiliki efek samping terhadap kesehatan pria. Lalu apa saja efek samping vasektomi pria? Simak penjabaran lengkapnya di bawah ini.

Efek Samping Vasektomi yang Perlu Diwaspadai

Sebelum melakukan tindakan vasektomi, ketahui dulu apa saja efek samping dari tindakan kontrasepsi permanen pada pria tersebut. Berikut ini beberapa kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi pada pria yang melakukan vasektomi.

1. Rasa Sakit dan Tidak Nyaman

Salah satu efek samping dari vasektomi yang paling umum terjadi adalah muncul rasa sakit dan tidak nyaman. Meski begitu,efek samping ini bisa diredakan dengan pemberian obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen.

2. Perubahan Warna Skrotum

Efek samping lainnya yang terjadi setelah tindakan vasektomi adalah terjadi perubahan warna skrotum. Biasanya skrotum akan mengalami pembengkakan dan memar setelah tindakan vasektomi namun akan sembuh seiring berjalannya waktu.

3. Pendarahan atau Hematoma

Pria yang telah menjalani vasektomi juga berkemungkinan mengalami pendarahan atau hematoma. Kondisi ini biasanya terjadi pada area bedah namun akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Tindakan vasektomi juga memungkinkan terjadinya komplikasi, seperti:

  • Rasa sakit yang teramat sangat
  • Muncul gangguan pada testis
  • Peradangan akibat sperma bocor
  • Kehamilan
  • Muncul kista di dalam tabung kecil pada testis

Apakah Prosedur Vasektomi Permanen?

Bagi Anda yang bertanya apakah vasektomi permanen maka jawabannya adalah iya. Meski begitu, tindakan ini bisa dibatalkan dengan melakukan tindakan pembedahan ulang pada vas deferens atau disebut dengan vasectomy reversal.

Lalu apakah vasektomi bisa kembali normal? Setelah melakukan tindakan vasectomy reversal maka pria akan bisa membuahi sel telur kembali. Hal ini karena ikatan pada vas deferens telah dibuka sehingga sperma bisa keluar dan membuahi sel telur untuk terjadinya kehamilan.

Kelebihan dan Kekurangan Vasektomi

Vasektomi bisa menjadi salah satu prosedur mencegah kehamilan paling aman dengan hasil yang paling efektif. Meski begitu, sebelum melakukan tindakan ini, Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan vasektomi agar tidak menyesal.

Kelebihan Vasektomi :

  • Sangat efektif mencegah kehamilan
  • Tidak mempengaruhi terhadap hubungan seksual
  • Tindakan cepat dan aman

Kekurangan Vasektomi :

  • Bersifat permanen
  • Memiliki beberapa risiko
  • Tidak bisa mencegah penyakit menular seksual (PMS)

Vasektomi bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencegah kehamilan dengan cara mudah dan cepat. Meski begitu, sebelum melakukan tindakan ini pastikan Anda tahu kelebihan dan efek samping vasektomi khususnya untuk kesehatan pria.

Sebelum melakukan vasektomi, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selain itu, pastikan tindakan vasektomi dilakukan atas keputusan bersama dengan pasangan karena tindakan kontrasepsi ini bersifat permainan dan perlu usaha lebih jika ingin mengembalikan vasektomi dalam kondisi normal.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung