jus untuk autoimun

Ada berbagai jus untuk autoimun yang wajib Anda ketahui. Autoimun secara umum dapat didefinisikan dengan kondisi dimana kekebalan tubuh atau imunitas seseorang menyerang dirinya sendiri. Sistem tersebut menganggap sel tubuh sebagai organism easing layaknya kuman, bakteri ataupun virus. 

Berbagai cara akan ditempuh oleh penderita penyakit autoimun ini agar kondisinya tak makin parah, termasuk melalui berbagai asupan seperti minuman. Bagi mereka yang mengalaminya, asupan memiliki peranan penting, karena dapat menimbulkan rasa nyaman atau membuat sakit yang tak tertahankan. Untuk itu, kenali beragam jus untuk autoimun yang semoga dapat membantu keadaan menjadi lebih baik lagi.

Beragam Jus yang Baik untuk Kesehatan Penderita Autoimun

Inilah beberapa jus yang baik untuk dikonsumsi penderita autoimun untuk memperkuat kesehatan mereka. Diantaranya adalah:

1. Jus daun Peterseli dan Jahe

jus untuk autoimun

Daun peterseli atau dikenal dengan sebutan parsley yang dicampur dengan jahe dapat membuat kondisi penyakit autoimun menjadi lebih baik karena mampu mengurangi peradangannya. Hal ini karena pada daun tersebut terkandung carnosol yang bisa bantu meredakan peradangan pada penderita rheumatoid arthritis. Sedangkan jahe mencegah produksi molekul peradangan seperti prostaglandin dan leukotriene.

Cara membuatnya, Anda cukup mencampurkan: 

  • 1 genggam daun peterseli
  • 2 cangkir bayam
  • 1 apel hijau
  • 1 lemon
  • 1 timun berukuran kecil
  • 2-3 batang seledri
  • 1 ruas jahe

2. Jus Lemon dan Kunyit

jus untuk autoimun

Minuman lain yang bisa menjadi pilihan adalah campuran lemon serta kunyit. Dimana Kandungan curcumin yang ada di dalamnya dikenal mempunyai beragam khasiat terutama mengurangi peradangan juga berperan dalam pengelolaan protein, enzim, dan sitokin pada penderita penyakit yang ada kaitannya dengan sistem saraf pusat. Minuman tersebut dapat kita campurkan dengan lemon yang dikenal baik untuk pencernaan.

Cara membuatnya, Anda bisa merebus bahan-bahan berupa: 

  • 1 sendok makan parutan kunyit
  • 1 sendok makan parutan jahe
  • 1 buah lemon
  • 3 cangkir air

Kemudian Anda juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis, jangan direbus hingga mendidih dan minuman ini dapat ditaruh di kulkas selama 2-3 hari.

Rekomendasi Bahan Lain untuk Autoimun

jus untuk autoimun

Selain beberapa jus di atas, terdapat jenis makanan lain yang dipercaya mampu bantu mengurangi kondisi autoimun.  Berbagai makanan ini juga bisa menjadi ide atau alternatif lain untuk pengolahan dengan cara dibuat jus, seperti:

1. Brokoli

Brokoli dan berbagai sayuran hijau lainnya dikenal mengandung antioksidan yang dikenal mampu bantu meringankan kondisi autoimun.

2. Alpukat

Kandungan Vitamin K, C, E dan B6 yang terkandung dalam alpukat merupakan nutrisi baik. Meskipun dikenal sebagai buah yang kaya akan lemak, alpukat merupakan asupan yang rendah karbohidrat dan kolesterol karena mengandung serat dan potassium yang baik untuk tubuh, juga bagi penderita autoimun.

3. Kelapa

Kelapa yang diolah dalam bentuk apapun dikenal mampu membuat kondisi atau riwayat autoimun lebih baik, karena dalam buah ini terkandung banyak vitamin,mineral, antioksidan juga serat yang dapat berperan sebagai antivirus dan anti bakteri. Namun tetap, sebaiknya kita menghindari tambahan gula atau gula dalam takaran yang terlalu banyak.

Itulah berbagai olahan minuman dan jus untuk autoimun. Beragam bahan tersebut dipercaya mampu mencegah terjadinya kondisi yang lebih parah atau meringankan kondisi yang dialami penderitanya. Namun sebelum memutuskan untuk konsumsi sesuatu, apalagi jika ada riwayat medis tertentu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk info yang lebih akurat dan dosis yang tepat. Dengan begitu, konsumsi jus bisa Anda lakukan dengan aman dan sehat sesuai anjuran dokter.