manfaat cranberry untuk ibu hamil

Manfaat cranberry untuk ibu hamil sangat penting diketahui. Cranberry merupakan salah satu buah yang berasal dari golongan berry. Buah yang identik dengan warna merah ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan buah cranberry kaya nutrisi dan juga rendah kalori. Buah cranberry aman untuk dikonsumsi, terutama dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu hamil yang mengonsumsinya akan merasakan banyak manfaatnya. Salah satu manfaat cranberry bagi ibu hamil dapat menjaga tubuh agar terhidrasi.

8 Manfaat Cranberry Bagi Ibu Hamil

Buah cranberry dikenal kaya akan nutrisi sehingga memiliki banyak manfaat. Kandungan nutrisi buah ini, seperti karbohidrat, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin E, antioksidan dan sebagainya. Berkat kandungan tersebut banyak manfaat yang dirasakan oleh ibu hamil. Simak manfaat cranberry bagi ibu hamil lebih jauh lagi disini:

1. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

manfaat cranberry untuk ibu hamil

Ada banyak manfaat buah cranberry, salah satunya yaitu untuk mengatasi infeksi sayuran kemih. Manfaat satu ini berkat keberadaan kandungan Proanthocyanidins antioksidan. Dimana kandungan tersebut berperan untuk mencegah bakteri penyebab infeksi tidak menempel pada dinding kemih.

2. Melawan Radikal Bebas

Manfaat buah cranberry yang akan didapatkan oleh ibu hamil adalah bisa melawan radikal bebas. Ini dikarenakan pada buah cranberry terdapat antioksidan aktif dengan pH lebih rendah. Radikal bebas tidak bisa dianggap remeh karena jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan pada kulit dan juga organ-organ manusia.

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Cranberry merupakan salah satu buah yang dikenal memiliki kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C tersebut akan memproduksi kolagen sehingga berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan sendi. Konsumsi cranberry kering untuk mendapatkan manfaat satu ini.

4. Kesehatan Gigi dan Mulut

manfaat cranberry untuk ibu hamil

Manfaat buah cranberry untuk ibu hamil selanjutnya yaitu berguna dalam kesehatan gigi dan mulut. Kandungan yang ada pada buah ini berguna dalam membantu mengontrol asam di mulut serta mengurangi kadar asam yang menempel di gigi. Tentu hal ini bisa mendukung kesehatan gigi maupun mulut.

5. Sirkulasi Aliran Darah

Kandungan yang ada pada buah cranberry berguna untuk memperlancar sirkulasi darah. selain itu, juga berguna untuk membantu tekanan darah. Tentu saat sedang hamil harus menjaga tekanan darah supaya normal karena jika tekanan darah tinggi ataupun rendah sangat berbahaya bagi ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungan.

6. Tinggi Antioksidan

Salah satu kandungan yang ditemukan pada buah cranberry yaitu antioksidan seperti fenol. Kandungan fenol pada buah ini sangat tinggi dibandingkan dengan 20 jenis buah lain yang serupa. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu menurunkan tekanan darah.

7. Memelihara Sistem Pencernaan

Buah cranberry yang diolah menjadi jus juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Jus cranberry berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Seperti yang diketahui jika saluran pencernaan sangat penting untuk dijaga dengan baik karena memiliki fungsi untuk mencerna, memecah dan juga menyerap zat gizi untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Gangguan pada pencernaan bisa menyebabkan kekurangan nutrisi. Tentu kondisi ini sangat membahayakan janin yang ada dalam kandungan.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat cranberry untuk ibu hamil

Cranberry juga mengandung senyawa polifenol yang sangat tinggi. Senyawa ini sangat berguna dalam meningkatkan kesehatan jantung. Mengonsumsi jus buah cranberry setiap hari maka tingkat kolesterol jahat (LDL) menjadi rendah.

Itulah informasi tentang manfaat cranberry untuk ibu hamil. Buah cranberry memiliki banyak manfaat meski belum banyak yang mengetahui. Diharapkan setelah membaca informasi diatas bisa mengetahui berbagai manfaat buah cranberry dan rutin mengonsumsinya. 

Jika Anda sedang hamil dan ingin mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, sebaiknya rutin mengonsumsi buah cranberry. Sebelum mengonsumsinya tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai manfaat buah cranberry.