manfaat daun bawang untuk ibu hamil

Tidak hanya sebagai bahan masakan, banyak manfaat daun bawang untuk ibu hamil yang penting diketahui. Daun bawang adalah salah satu bahan untuk memasak sehingga rasa masakan bisa lebih sedap dan enak. Daun bawang juga memberikan manfaat yang baik untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi pada daun bawang ini terbilang komplit sehingga bisa menjaga kelancaran masa hamil.

Manfaat Daun Bawang Bagi Bumil

Daun bawang memiliki beragam kandungan yang bagus untuk tubuh seperti zat besi, vitamin C, serat, karbohidrat, lemak, kalium, dan masih banyak lagi. Tidak heran jika salah satu pelengkap masakan ini memberikan banyak manfaat yang baik untuk ibu hamil. Ini dia beragam manfaat daun bawang untuk kesehatan ibu hamil.

1. Menunjang Sistem Reproduksi Bayi

manfaat daun bawang untuk ibu hamil

Siapa yang menyangka kalau ternyata daun bawang besar manfaatnya untuk janin dalam kandungan bumil. Bumil yang suka menambahkan daun bawang pada masakannya akan mendapatkan manfaat dimana janinnya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik selama dalam kandungan. Dalam daun bawang ada zat besi yang bagus untuk menunjang sistem reproduksi bayi dalam kandungan. Hal ini pun bisa memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim si ibu.

2. Mencegah Anemia

Anemia biasanya datang di masa kehamilan. Hal ini membuat ibu hamil kerap kali merasakan lelah dan tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Penyebabnya adalah ibu hamil membutuhkan pasokan darah dua kali lipat dari biasanya karena dalam tubuhnya ada janin yang tumbuh dan berkembang. Zat besi yang ada pada daun bawang bisa membantu mencukupi kebutuhan darah si ibu sehingga tidak terkena anemia.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat daun bawang untuk ibu hamil

Daun bawang kaya akan kandungan vitamin C. Salah satu vitamin yang bisa membantu menaikkan sistem kekebalan tubuh. Ibu hamil yang mudah lelah perlu mengkonsumsi daun bawang ini untuk bisa mencegah penyakit menjangkiti tubuhnya terutama selama masa kehamilan. Makan daun bawang semasa hamil bisa juga mencegah tubuh terserang virus dan bakteri sehingga ibu hamil tidak akan mudah sakit flu dan semacamnya. Kulit pun bisa tercukupi kebutuhan vitamin C sehingga terhindar dari beragam masalah.

4. Sumber Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi atau senyawa yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan janinnya. Asam folat tersebut sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan janin. Otak dan sistem saraf janin akan berkembang dengan maksimal jika kebutuhan asam folat terpenuhi dengan baik. Jadi ini bisa mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat pada sistem saraf maupun otak.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun bawang yang masuk pada bawang-bawangan ini bisa juga mengurangi resiko penyakit jantung. Hal itu karena ada sifat anti inflamasi pada daun bawang sehingga kesehatan jantung sang ibu hamil bisa senantiasa terjaga. Tak hanya itu daun bawang ini juga bisa mencegah terjadinya stroke.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

manfaat daun bawang untuk ibu hamil

Daun bawang memiliki kandungan vitamin K yang bagus sekali untuk menjaga kesehatan tulang. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin K dan juga kalsium yang tinggi agar bisa menjaga kesehatan tulangnya agar bisa melakukan persalinan dengan normal. Setelah masa persalinan pun kesehatan tulang sang ibu masih harus diperhatikan dengan baik agar tidak sampai mengalami pengeroposan tulang.

Nah, itu dia manfaat daun bawang untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Selain enak ternyata kandungan daun bawang sangat bermanfaat bagi tubuh khususnya ibu hamil dan janin. Semoga informasi ini bermanfaat ya