manfaat ikan cakalang untuk ibu hamil

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal manfaat ikan cakalang untuk ibu hamil sebagai jenis makanan untuk menyehatkan jantung. Faktanya, manfaat dari salah satu jenis ikan tuna ini tidak hanya itu loh! Apa saja ya?

Manfaat Ikan Cakalang Bagi Ibu Hamil

Ikan cakalang pada dasarnya memiliki kandungan protein dan asam omega 3 sebagai nutrisi utamanya. Meskipun demikian, ikan cakalang tersusun atas ragam kandungan nutrisi lainnya seperti antioksidan, vitamin, mineral, protein, hingga karbohidrat. Berkatnya, ibu hamil bakal merasakan sejumlah khasiat kesehatan setelah mengkonsumsi ikan cakalang secara rutin, misalnya saja:

1. Menyehatkan Jantung

manfaat ikan cakalang untuk ibu hamil

Ikan cakalang mengandung asam lemak omega 3 berupa DHA dan EPA. Dimana kandungan tersebut berguna untuk mengurang kadar LDL dalam darah. Omega 3 juga bisa menggantikan peran nutrisi dari makanan yang mengandung lemak tinggi lainnya. Dengan mengkonsumsi ikan cakalang secara rutin, ibu dapat mengurangi risiko gangguan pada sistem kardiovaskuler, terutama pada jantung dan pembuluh darah.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, asam lemak omega 3 dapat menghilangkan kolesterol jahat yang tertimbun dan mengganggu kelancaran aliran darah. Disamping itu, ikan cakalang memiliki kandungan kalium yang baik dalam mengontrol tekanan darah. Manfaat utama dari asam lemak omega 3 dan kalium pada ikan cakalang ialah menurunkan risiko hipertensi sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh ibu hamil secara keseluruhan mengingat dapat membantu mempermudah kelancaran sistem kardiovaskuler.

3. Memperkuat Fungsi Sel dan Perkembangan Otot

manfaat ikan cakalang untuk ibu hamil

Sebuah studi populer yang dirilis dalam jurnal Cambridge University Press mengungkapkan bahwa ikan cakalang mempunyai rasio asam amino esensial yang seimbang. Karenanya, jenis ikan air asin ini menjadi salah satu sumber protein berkualitas tinggi yang bisa dipilih ibu hamil. Asam amino dari protein sangat baik dalam membangun masa tubuh, membentuk otot janin,serta memperkuat fungsi sekaligus memelihara sel di seluruh organ janin. Selain itu, asam amino juga berperan penting dalam pembentukan hormon dan meningkatkan metabolisme ibu. Dalam studi yang sama, para ahli menyebutkan bahwa mengkonsumsi ikan cakalang secara rutin dapat memenuhi hampir 80% dari total kebutuhan protein ibu hamil.

4. Mencegah Anemia

Tak hanya mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata, ikan cakalang juga memiliki kandungan vitamin B12 yang berguna dalam pembentukan sel darah merah. Pada saat tubuh ibu hamil mengalami kekurangan vitamin, mereka berisiko mengalami anemia. Hal ini disebabkan karena tanpa vitamin B dan zat besi, darah tidak mampu memproduksi sel darah merah yang bertugas membawa oksigen untuk diserap jaringan dan organ vital dalam tubuh ibu. Sebagaimana diketahui, ketika suplai oksigen berkurang, jaringan dan organ dalam tidak bisa bekerja secara optimal. Akibatnya, tubuh terasa lemas yang termasuk sebagai salah satu gejala utama dari anemia.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ikan cakalang kaya akan fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Secara umum, fosfor adalah mineral utama yang memiliki fungsi dalam pertumbuhan sekaligus perbaikan sel dan jaringan tubuh, salah satunya ialah tulang. Perpaduan kalsium dan fosfor yang ada pada ikan cakalang dapat menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

6. Berperan Sebagai Anti-Radang

manfaat ikan cakalang untuk ibu hamil

Khasiat lain dari asam lemak omega 3 adalah mengurangi peradangan sel. Ketika peradangan sel teratasi dengan baik, organ tubuh berikut jaringannya bisa kembali berfungsi secara maksimal. Sehingga berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan seperti arthritis dapat teratasi dengan tepat.

Demikianlah beberapa manfaat ikan cakalang untuk ibu hamil. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kehamilan dan/ atau menu harian ibu hamil serta manfaatnya bagi perkembangan janin, silakan akses https://morulaivf.co.id sekarang juga!