manfaat kacang polong untuk ibu hamil

Manfaat kacang polong untuk ibu hamil sangat penting sebagai sumber nutrisi untuk bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Kacang polong adalah makanan yang cukup banyak mengandung nutrisi baik untuk ibu hamil. Salah satu jenis kacang ini memang diyakini sangat bagus untuk ibu hamil. Ada banyak manfaat kacang polong bagi ibu hamil yang tidak bisa diremehkan. Agar bisa mengetahui lebih jelas apa saja manfaat dari salah satu jenis kacang-kacangan ini pada janin dan bumil, mari simak ulasan singkatnya berikut ini.

Manfaat Kacang Polong untuk Ibu Hamil 

1. Bagus Untuk Pembentukan Organ Mata

manfaat kacang polong untuk ibu hamil

Dalam kacang polong ada kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Salah satu jenis vitamin yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi kacang polong maka kebutuhan vitamin A untuk ibu hamil akan terpenuhi dengan baik. Kesehatan mata sang ibu terjaga dan pertumbuhan organ mata pada janin juga bisa lebih maksimal.

2. Sumber Vitamin K

Selain vitamin A ada juga kandungan vitamin K yang cukup tinggi pada kacang polong. Vitamin K pun sama pentingnya dengan vitamin A yang juga harus dipenuhi kebutuhannya setiap harinya agar masa kehamilan bisa lancar dan tidak bermasalah. Fungsi dari vitamin K ini adalah untuk mendukung pertumbuhan tulang pada janin yang ada di dalam kandungan.

Secara umum vitamin K ini sendiri sangat dibutuhkan untuk bisa membekukan darah sehingga saat ada luka pada tubuh bisa cepat sembuh. Selain itu vitamin K ini bisa membantu ibu hamil mengontrol tekanan darahnya agar normal dan tidak sampai terkena hipertensi selama masa kehamilan.

3. Antioksidan

Kacang polong memiliki antioksidan yang bagus untuk tubuh. Ibu hamil membutuhkan makanan sehat yang bisa mengandung antioksidan agar bisa menjaga kesehatan tubuhnya secara maksimal. Antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas sehingga tubuh bisa terhindar dari resiko terkena kanker yang berbahaya.

4. Meningkatkan Imun Tubuh

manfaat kacang polong untuk ibu hamil

Kandungan vitamin C yang juga cukup tinggi pada kacang polong, sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil. Selama masa kehamilan kesehatan harus benar-benar dijaga, jangan sampai sakit dan mengkonsumsi obat-obatan kimia karena efeknya cukup membahayakan si janin. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C agar ketahanan tubuh bisa meningkat. Kacang polong adalah salah satu makanan yang bisa membantu ibu hamil meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit.

5. Memenuhi Kebutuhan Serat

Kebutuhan serat untuk ibu hamil bisa membantu dalam mengatasi masalah pencernaan dimana biasanya bumil sering mengalami sembelit. Jika kebutuhan serat terpenuhi dengan baik, maka sembelit bisa dihindari. Pencernaan jadi lancar dan tidak terganggu.

6. Kaya Akan Protein

Kandungan lain yang juga penting untuk tubuh dalam kacang polong adalah protein. Protein ini bagus sekali dalam mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan. Jika tak ada protein maka pertumbuhan janin akan terganggu dan tidak bisa maksimal.

7. Mencegah Cacat

Vitamin B9 pada kacang polong bisa membantu janin lahir cacat terutama cacat pada tabung saraf. Jika memenuhi kebutuhan vitamin B9 pada tubuh dengan makan kacang polong, maka cacat pada tabung saraf bisa dihindari.

8. Mencegah Anemia

manfaat kacang polong untuk ibu hamil

Kacang polong juga dikenal bagus dalam mengatasi anemia. Jadi ibu hamil yang punya anemia disarankan untuk mengkonsumsi kacang polong ini. Meski tidak anemia, baiknya tetap mengkonsumsi kacang-kacangan terutama kacang polong ini agar tidak sampai terkena anemia dan kehamilan bisa lancar.

Nah, itu dia beberapa manfaat kacang polong untuk ibu hamil. Ternyata banyak sekali manfaat penting dan baik yang bisa didapatkan dari salah satu jenis kacang-kacangan ini. Konsumsilah kacang polong segar bukan yang dari kemasan agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.