Manfaat mangga untuk ibu hamil

Buah mangga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam buah mangga adalah vitamin A, C, B6, asam folat, kalim, zat besi, dan asam folat. Kandungan tersebut lah yang memberi dampak positif bagi ibu hamil. Nah, untuk itulah akan dibahas mengenai apa saja manfaat mangga untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

1. Mendukung Perkembangan Janin

Manfaat mangga untuk ibu hamil

Asam folat baik dikonsumsi ibu hamil untuk mendukung perkembangan janin. Otak bayi dan sumsum tulang belakan lebih kuat. Hal itu dapat dijadikan sebagai pencegahan cacat tabung saraf yang bisa terjadi pada kondisi bayi yang lemah. Salah satu buah yang mengandung asam folat adalah mangga. Buah manis yang kaya akan manfaat.

2. Mencegah Anemia

Manfaat selanjutnya dari buah mangga untuk ibu hamil adalah untuk mencegah anemia. Vitamin C yang terkandung dalam buah mangga berperan penting dalam memaksimalkan penyerapan zat besi. Dengan begitu, zat besi dapat membantu produksi sel darah merah sehingga terhindar dari anemia.

3. Mencegah Sembelit

Manfaat mangga untuk ibu hamil

Sembelit pada ibu hamil muncul disebabkan oleh hormon progesteron yang meningkat. Untuk mencegah hal itu, ibu hamil perlu mengonsumsi serat lebih banyak daripada orang yang tidak hamil. Salah satu sumber kaya serat adalah buah mangga.

Manfaat ini akan didapatkan secara maksimal jika mengonsumsi buah mangga dengan dipotong-potong, bukan dibuat jus. Serat pada buah mangga akan lebih banyak didapatkan saat memakannya secara langsung tanpa diblender.

4. Mengurangi Risiko Kelahiran Prematur

Manfaat mangga untuk ibu hamil ternyata juga dapat mengurangi risiko kelahiran prematur. Antioksidan yang kuat mampu menangkal bahaya radikal bebas terdapat pada vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah mangga secara otomatis menjadi antioksidan sehingga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit. Al hasil, mengurangi risiko kelahiran prematur juga.

5. Membantu Perkembangan Gigi dan Tulang Bayi

Vitamin A banyak sekali terkandung dalam buah mangga. Tulang dan gigi bayi menjadi lebih kuat adalah salah satu manfaat dari mengonsumsi buah mangga yang kaya akan vitamin A. Selain itu, vitamin A juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan memperkuat mata, serta melindungi organ penting bayi seperti jantung, paru-paru, dan ginjal.

6. Mengatasi Morning Sickness

Morning Sickness

Morning sickness yang merupakan gejala umum pada ibu hamil. Buah mangga mempunyai kandungan vitamin B6 yang yang dapat mengatasi hal itu. Manfaat lain dari vitamin B6 bagi ibu hamil adalah menjaga perkembangan saraf dan fungsi otak janin.

7. Menjaga Keseimbangan Cairan pada Tubuh Ibu Hamil

Keseimbangan cairan tubuh pda ibu hamil dapat disiasati dengan mengonsumsi makanan yang mengandung elektrolit. Kandungan elektrolit seperti kalisum, kalium, magnesium, dan natrium juga dapat meningkatkan fungsi jantung, otak, otot, dan saraf.

Itulah 7 manfaat mangga untuk ibu hamil. Meski kaya akan manfaat, mengonsumsi buah mangga juga harus berhati-hati. Pasalnya, mengonsumsi mangga secara berlebihan malah akan menimbulkan bahaya daripada manfaat. Terutama bagi ibu hamil yang mengidap diabetes.

Tidak terbatas bagi pengidap diabetes saja, ibu hamil yang tidak mengidap diabetes sebelumnya namun suka berlebihan mengonsumsi mangga akan terkena risiko diabetes gestasional. Akibatnya, bayi juga akan mengalami obesitas sehingga rentan terhadap operasi sesar saat proses melahirkan.

Terdapat trik sebelum mengonsumsi buah mangga agar mendapat manfaat untuk ibu hamil yang maksimal. Pertama, cium aroma buah mangga, jika keluar aroma manis maka pertanda buah mangga kualitas baik. Kedua, cuci buah mangga sebelum mengonsumsi untuk menghindari bakteri pada lapisan luar buah mangga. Ketiga, potong buah mangga untuk dikonsumsi agar mendapat lebih banyak serat. Keempat, jika buah mangga di jus maka jangan ditambahkan gula atau susu kental manis yang berakibat gula darah naik.