manfaat sayur oyong untuk ibu hamil

Meski terdengar pasaran, ternyata manfaat sayur oyong untuk ibu hamil sangatlah beragam. Luffa acutangula atau oyong merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang bisa ditemukan secara mudah dengan harga murah. Sayur oyong memiliki kandungan gizi lengkap nan bermanfaat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsinya secara tepat, ragam nutrisi yang terkandung di dalam sayur oyong pun bisa terserap dengan baik oleh janin.

Kandungan Utama Sayur Oyong

Melansir sebuah catatan yang ditorehkan oleh USDA atau US Department of Agriculture, dalam setiap 100 gr oyong mengandung sekitar 453 ml kalium. Selain itu, dr. Devia Irine Putri mengungkapkan bahwa sayur oyong memiliki beberapa kandungan nutrisi lengkap seperti:

  1. 5% magnesium
  2. 5% vitamin B6
  3. 2% zat besi
  4. 5% vitamin A
  5. 9% vitamin C
  6. 0,7 gr protein
  7. 5 gr gula
  8. 2,9 gr serat
  9. 14 gr total karbohidrat
  10. 453 ml kalium
  11. 21 ml natrium
  12. 0,1 gr lemak tak jenuh tunggal
  13. 0,1 gr lemak tak jenuh tunggal
  14. 0,3 gr total lemak

Manfaat Sayur Oyong untuk Ibu Hamil

1. Mengatasi Sembelit

manfaat sayur oyong untuk ibu hamil

Kandungan serat yang ada pada sayur oyong bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu selama kehamilannya. Tak hanya mencegah, senyawa pada sayur oyong juga mampu mengatasi masalah sembelit atau konstipasi.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sebuah studi menjelaskan bahwa mengkonsumsi sayur oyong secara rutin dapat membantu menstabilkan, sekaligus meningkatkan, daya tahan tubuh ibu hamil. Selain itu, pengkonsumsiannya akan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandungnya.

3. Menurunkan Risiko Anemia

Sayur oyong memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu tubuh mengoptimalkan pembentukan sel darah merah. Sehingga mengkonsumsinya dalam kadar cukup dapat menurunkan risiko penyakit kurang darah atau anemia.

4. Mengurangi Keluhan Nyeri Sendi

manfaat sayur oyong untuk ibu hamil

Beragam keluhan nyeri sendi bisa diantisipasi dengan konsumsi zat anti radang secara berkala. Untungnya, Anda dapat memenuhi kebutuhan zat anti radang dengan harga terjangkau hanya dengan mengkonsumsi sayur oyong.

5. Kaya Antioksidan

Manfaat kesehatan lain yang bisa diraih ibu hamil ketika mengkonsumsi sayur oyong adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan janinnya. Sayur oyong mengandung antioksidan jenis flavonoid yang berguna sebagai anti radang alami.

6. Meredakan Kram dan Nyeri Otot

Secara umum, ibu hamil sering mengalami kram dan nyeri otot saat sedang melakukan suatu aktivitas, terlebih jika ukuran janin yang ada dalam kandungannya sudah semakin besar. Nah, sayur oyong dapat menjadi solusi atas persoalan tersebut berkat kandungan kalium yang dimilikinya.

7. Menurunkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

manfaat sayur oyong untuk ibu hamil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fakta bahwa sayur oyong memiliki kalium tinggi memungkinkannya menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil. Selain itu, risiko preeklampsia pun dapat diminimalkan.

Pada dasarnya, sayur oyong bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dari berbagai lapisan masyarakat. Belum ada bukti penelitian konkret yang menyebutkan jika jenis sayur hijau satu ini dapat membahayakan ibu dan janinnya. Kendati demikian, ibu hamil tetap tidak diperkenankan mengkonsumsi sayur oyong secara berlebihan. Usahakan untuk tetap mengimbangi konsumsinya dengan makanan lain agar gizi yang dibutuhkan ibu beserta janinnya dapat tetap terpenuhi.

Demikianlah beberapa manfaat sayur oyong untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Segala informasi lanjutan berikut kesempatan konsultasi dan pemberian saran atau kritik soal kehamilan atau rekomendasi jenis makanan untuk ibu hamil dapat Anda akses melalui https://morulaivf.co.id