mencegah menopause dini

Cara mencegah menopause dini penting diketahui agar siklus haid tetap lancar dan tidak berhenti saat usia muda. Ada banyak faktor yang menyebabkan banyak wanita yang mengalami menopause dini seperti halnya makanan dan aktivitas. Menopause ini biasanya terjadi saat usia wanita masih di bawah 40 tahun. Agar tidak terjadi menopause dini, para wanita perlu menerapkan pola hidup yang sehat dengan menerapkan beberapa cara mencegah terjadinya menopause dini.

Cara Mencegah Terjadinya Menopause Dini

Mencegah terjadinya menopause dini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Di samping itu, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat di rumah. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mengonsumsi Kacang-Kacangan

mencegah menopause dini

Kacang-kacangan mengandung banyak protein yang mana hal tersebut sangat baik dalam menyuplai produksi hormon estrogen dalam tubuh wanita. Jika hormon tersebut terus naik, maka wanita akan semakin subur dan siklus haidnya akan tetap lancar. Tentunya, hal ini akan memperlambat proses menopause. Ada berbagai jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi dengan berbagai olahan masakan yang lezat seperti halnya:

  • Kacang hijau 
  • Kacang merah
  • Kacang hitam
  • Kacang panjang
  • Kacang kedelai
  • Kacang tanah
  • Kacang polong

2. Tidak Berlebihan dalam Olahraga

Olahraga yang dilakukan secara berlebihan ternyata juga tidak baik bagi organ reproduksi wanita. Hal ini akan memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh sehingga ovulasi yang terjadi pun tidak teratur. Itu sangat berbahaya dan dapat menimbulkan berhentinya siklus menstruasi sedini mungkin. Cukup lakukan olahraga secukupnya saja setiap hari. Hal ini malah akan membuat tubuh lebih bugar dan sistem imun tetap seimbang.

3. Kurangi Konsumsi Alkohol dan Kafein

mencegah menopause dini

Alkohol dan kafein adalah 2 zat yang dapat mempercepat terjadinya menopause dini pada wanita. Kedua zat tersebut sangat berbahaya karena dapat menghentikan produksi hormon estrogen dalam tubuh yang mana jika hormon tersebut telah berkurang secara drastis, menstruasi akan berhenti secara perlahan-lahan.

Oleh sebab itu, jangan mengonsumsi alkohol dan juga kurangi asupan kafein dalam tubuh dengan mengurangi minum teh dan kopi. Hal ini mungkin terasa sulit bagi Anda yang terbiasa minum kopi atau teh setiap pagi, tetapi lama-lama akan terbiasa karena kesehatan reproduksi adalah lebih penting.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Cara berikutnya dapat dilakukan dengan menjaga berat badan supaya tetap stabil. Wanita yang mengalami obesitas atau kegemukan badan akan lebih cepat mengalami menopause karena salah satu gejala dari menopause tersebut adalah obesitas.

Jagalah berat badan dengan menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga dengan rutin. Konsumsi sayuran dan buah-buahan dengan cukup. Di samping itu, rajinlah cek kesehatan secara rutin ke dokter jika dirasa mengalami permasalahan kesehatan.

5. Berhenti Merokok

mencegah menopause dini

Rokok mengandung zat berbahaya tar yang akan mengganggu kesehatan para perokok. Selain dapat menyebabkan kanker darah, wanita perokok juga sangat rentang mengalami menopause dini karena pengaruh zat tersebut. Oleh sebab itu, berhentilah merokok sedini mungkin supaya tubuh tetap sehat dan menstruasi tetap berjalan dengan lancar. Rokok hanya akan merusak kesehatan tubuh dan tidak akan memberikan keuntungan bagi para perokok.

Itulah berbagai cara untuk mencegah menopause. Berbagai cara mencegah menopause dini tersebut harus dilakukan secara rutin. Selain itu, mengimbanginya dengan pola hidup sehat juga sangat penting agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga organ reproduksi bisa bekerja dengan normal.