waktu tidur yang baik untuk ibu hamil

Sering disepelekan ternyata waktu tidur yang baik untuk ibu hamil sangatlah penting. Ibu hamil memang sangat rentan mengalami gangguan tidur akibat perubahan hormonal.  Ibu hamil dengan gangguan tidur mempunyai kualitas tidur rendah sehingga dapat mengganggu kesehatan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui waktu tidur yang baik untuk ibu hamil agar kualitas tidur tetap normal. Dengan begitu, Anda tetap produktif saat hamil.

Waktu Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil 

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar mendapat waktu tidur yang baik.

1. Durasi Tidur Ibu Hamil

waktu tidur yang baik untuk ibu hamil

Durasi tidur ibu hamil memang beragam sesuai dengan kebutuhan dan usia. Namun, durasi tidur yang dianjurkan bagi ibu hamil berkisar antara 7 hingga 9 jam setiap hari. Jika kurang dari itu, maka tanda-tanda ibu hamil kurang tidur. Sebaliknya, jika ibu hamil tidur selama 9 hingga 10 jam, itu menjadi tanda kelebihan jam tidur.

Bagaimana jika ibu hamil kekurangan jam tidur?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa durasi normal ibu hamil saat tidur adalah 7 hingga 9 jam. Jika kurang dari itu dan terjadi dalam waktu yang lama, dampak negatif dapat terjadi pada ibu hamil. Di antara dampak negatif tersebut berhubungan dengan kondisi fisik dan psikologis. Kondisi fisik yang dimaksud seperti tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan preeklamsia, gangguan jantung, hingga diabetes gestasional. Semnetara dampak psikologis yang terjadi dapat berupa stres dan depresi.

Bagaimana jika ibu hamil tidur terlalu lama?

Secara umum, belum ada penelitian yang menyebutkan dampak negatif dari ibu hamil yang tidur terlalu lama. Ketika ibu hamil tidur lebih lama, hal itu dapat meningkatkan produksi aliran darah dan nutrisi kepada bayi. Jadi, kemungkinan tidak ada risiko yang ditimbulkan apabila ibu hamil tidur lebih dari 10 jam.

Kendati diyakini tidak mempunyai efek negatif, seyogyanya ibu hamil tidur dengan durasi yang cukup agar tetap bisa produktif dan tidak lemas. Terutama pada trimester ketiga menjelang kelahiran bayi sebab pada masa itu ibu hamil disarankan banyak bergerak agar dapat melahirkan secara normal sesuai Hari Perkiraan Lahir.  Apabila ibu hamil tetap tidur terlalu lama, segera makan dan minum agar kebutuhan nutrisi tetap tercukupi.

2. Mengatur Waktu Tidur

waktu tidur yang baik untuk ibu hamil

Pada pembahasan diatas dijelaskan bahwa durasi tidur yang cukup bagi ibu hamil yakni 7 hingga 9 jam. Nah, agar Anda tetap merasa fit sepanjang hari saat hamil, Anda perlu mengatur waktu tidur. Anda bisa membagi dalam dua waktu tidur.

Waktu yang pertama adalah tidur siang. Durasi ideal tidur siang adalah 30 hingga 60 menit sebelum pukul 15.00 WIB. Jika dibulatkan, Anda perlu memaksimalkan hingga 60 menit atau 1 jam sehingga tersisa 8 jam dari durasi maksimal tidur ibu hamil secara ideal. Nah, sisa waktu tersebut dapat Anda gunakan untuk tidur di malam hari.

Dengan membagi menjadi dua waktu tersebut, Anda akan merasa segar sepanjang hari. Manfaat dari durasi tidur yang cukup dapat meningkatkan produktivitas Anda sebagai ibu hamil. Sehingga cap ibu hamil suka bermalas-malasan tidak ada dalam kamus Anda.

3. Perubahan Pola Tidur Saat Hamil

waktu tidur yang baik untuk ibu hamil

Hal yang perlu diperhatikan juga untuk menentukan waktu tidur yang baik untuk ibu hamil yaitu pola tidur saat hamil yang berubah-ubah. Bagaimana perubahan itu terjadi? Simak penjelasannya di bawah ini.

a. Pola tidur trimester pertama

Pola tidur pada trimester pertama merupakan adaptasi ibu hamil karena perubahan hormon. Kadar hormon progesteron yang meningkat membuat ibu hamil sering mengantuk dan menguap di siang hari. Selain itu, frekuensi buang air kecil yang meningkat juga dapat membuat ibu hamil susah tidur.

b. Pola tidur trimester kedua

Pola tidur pada trimester kedua biasanya dipengaruhi kondisi lain berupa restless leg syndrome dan heartburn. Pada kondisi ini, ibu hamil disarankan untuk mengatur pola tidur seperti biasanya dengan durasi waktu tidur ideal. Agar lebih nyaman, ibu hamil bisa menggunakan bantal kehamilan selama tidur.

c. Pola tidur trimester ketiga

Pola tidur trimester ketiga dipengaruhi oleh rahim yang kian membesar. Hal ini membuat ibu hamil kurang nyaman saat tidur. ibu hamil dapat menyiasati hal itu dengan tidur miring ke kiri dan menggunakan bantal kehamilan. Tidur miring ke kiri dapat membantu memperlancar aliran darah dan mengoptimalkan nutrisi dan oksigen kepada janin melalui plasenta.

Demikianlah waktu tidur yang baik untuk ibu hamil harus memperhatikan durasi tidur ideal, mengatur waktu tidur dari durasi tidur ideal ibu hamil, serta memperhatikan perubahan pola tidur di tiap trimester. Sehingga waktu tidur ibu hamil berkualitas dan tidak mengganggu kesehatan.