Morula IVF

6 Larangan Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Keguguran

December 8, 2022

6 Larangan Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Keguguran

Anda tentunya senang karena diberi kepercayaan untuk mengandung buah hati. Pastikan Anda mengonsumsi asupan nutrisi dan vitamin yang cukup agar buah hati dapat tumbuh dan kembang secara maksimal. Selain itu, Anda juga perlu menghindari larangan untuk ibu hamil agar tidak keguguran. Apa saja? Yuk simak artikel berikut ini!

Larangan Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa larangan untuk ibu hamil yang perlu dihindari agar tidak keguguran, yaitu sebagai berikut:

1. Konsumsi Alkohol 

Hal pertama yang harus dihindari ibu hamil agar tidak keguguran adalah alkohol. Melansir Medical News Today, ibu hamil yang mengonsumsi alkohol bisa melewati plasenta dan akhirnya mempengaruhi janin di dalam rahim. Selain itu, alkohol bisa menyebabkan suatu kondisi yang dinamakan dengan fetal alcohol syndrome, yang bisa menyebabkan masalah seperti berikut:

  • Kelainan fisik
  • Cacat intelektual
  • Masalah perilaku
  • Kejang-kejang
  • Pertumbuhan yang buruk
  • Keterlambatan perkembangan

2. Konsumsi Kafein yang Berlebihan

Selain alkohol, ibu hamil juga harus menghindari konsumsi kopi yang berlebihan. Sebab, tubuh pada dasarnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk metabolisme kafein. Plasenta dalam rahim berfungsi untuk memberikan makanan dan oksigen kepada janin melalui tali pusat. Oleh sebab itu, jika Anda mengonsumsi kafein, janin juga akan menerimanya. Untuk Anda yang tidak bisa lepas dari kafein, batasi konsumsi kafein Anda di bawah 200 mg setiap harinya agar janin Anda tetap sehat. 

3. Hindari Buah Nanas

Buah nanas pada umumnya digemari oleh ibu hamil, apalagi saat ngidam di masa trimester pertama. Namun pada faktanya, nanas merupakan salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil lho. Pasalnya nanas memiliki kandungan bromelain yang berisiko menyebabkan keguguran pada ibu hamil. 

4. Hindari Membersihkan Kotoran Hewan

Memiliki hewan di rumah memang dapat menambah keceriaan. Namun, ibu hamil sangat disarankan untuk menghindari membersihkan kotoran hewan yang ada di rumah seperti kucing. Sebab, ibu hamil yang membersihkan kotak kotoran hewan bisa berisiko terkena toksoplasmosis. Melansir CDC, apabila ibu hamil menularkan toksoplasmosis ke janin, bayi bisa mengalami kondisi seperti di bawah ini:

  • Kebutaan
  • Cacat intelektual
  • Kerusakan otak
  • Kerusakan mata

5. Hindari Sauna

Sauna memang bisa membuat santai dan menyenangkan, namun ternyata sauna merupakan larangan untuk ibu hamil agar tidak keguguran. Faktanya, berendam air panas bisa menyebabkan hipertermia, atau suhu tubuh tinggi yang tidak wajar. Kondisi ini bisa menyebabkan kelainan bawaan pada janin. Aktivitas yang bisa membuat suhu tubuh naik selain sauna yaitu:

  • Yoga panas atau pilates
  • Berjemur terlalu lama
  • Paparan panas yang ekstrim
  • Olahraga berat
  • Dehidrasi

6. Jangan Konsumsi Makanan Mentah 

Konsumsi makanan mentah juga merupakan larangan untuk ibu hamil, khususnya masa trimester pertama. Mengapa? Sebab makanan yang masih mentah bisa jadi mengandung bakteri Salmonella dan Listeria yang bisa berbahaya untuk ibu hamil. Efeknya, juga bisa berpengaruh pada janin yang dikandung. 

Risiko yang disebabkan oleh bakteri ini antara lain keguguran serta kematian dalam kandungan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memasak makanan hingga matang dan hindari makanan setengah matang seperti sushi, dan lain-lain. 

Nah, itulah 6 larangan untuk ibu hamil agar tidak keguguran. Pastikan Anda menghindari poin-poin di atas agar janin Anda tetap berkembang dengan sehat selama masa kehamilan dan jalani pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung